Angkak Efektif Sembuhkan Demam Berdarah ?

Angkak merupakan pengobatan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Akan tetapi, apakah angkak efektif sembuhkan demam berdarah?
angkak-untuk-demam-berdarah
Spread the love

Angkak merupakan pengobatan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Akan tetapi, apakah angkak efektif sembuhkan demam berdarah?

Pada beberapa orang, pemanfaatan pengobatan tradisional masih dipakai di era modern saat ini. Salah satunya adalah penggunaan angkak untuk pengobatan demam berdarah. Tapi, seberapa efektifkah pemanfaatan bahan alami ini untuk mengatasi demam berdarah?

Angkak merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Menurut penjelasan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, angkak berasal dari beras yang difermentasi dengan ragi merah. Obat ini sudah lama digunakan untuk pengobatan demam berdarah.

Dengan memfermentasikan beras menggunakan ragi merah, angkak juga diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kelancaran peredaran darah, dan memperlancar pencernaan.

Penelitian angkak untuk demam berdarah

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh Diansyah MN dari Universitas Airlangga Surabaya beberapa tahun lalu. Diansyah dan rekannya melakukan riset terhadap 30 pasien yang terdiagnosis demam berdarah. Mereka lalu memberikan 15 pasien angkak sebagai pengobatan, sementara sisanya tidak diberikan.

Hasilnya, terjadi penurunan nilai thrombopoiesis pada kelompok yang diberikan angkak dibandingkan dengan pasien yang tidak mendapatkannya. Penurunan nilai tersebut menggambarkan peningkatan jumlah trombosit mendekati jumlah normalnya.

Secara teori, semakin nilai trombosit mendekat ke arah normal, komplikasi demam berdarah berupa pendarahan semakin bisa diminimalisasi. Selain itu, penelitian lainnya juga menunjukkan efek angkak dalam menekan reaksi peradangan banyak terjadi pada penderita demam berdarah.

Angkak untuk tingkatkan trombosit

Khasiat angkak yang sangat baik untuk meningkatkan trombosit ini sangat baik bagi penderita demam berdarah. Pasalnya, pada penderita demam berdarah, trombosit kerap turun terus, dan bila tak segera diatasi bisa fatal akibatnya.

Trombosit sangat penting untuk menghentikan pendarahan saat tubuh mengalami luka. Bila kadar trombosit sangat jauh di bawah normal, luka kecil yang dialami tubuh dapat menyebabkan pendarahan hebat dan mengancam nyawa seseorang.

Dengan demikian, angkak memang terbukti dapat meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah. Namun, pengobatan menggunakan angkak bukan satu-satunya jalan untuk mengobati demam berdarah dengue. Untuk dapat sembuh secara optimal, periksalah ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber: Klikdokter.com

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.732.648 hit