Manfaat Tabir Surya bagi Kulit Kita

Seberapa besar manfaat tabir surya dalam melindungi kulit dari sengatan sinar UV? Baca artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Tabir surya alias sunscreen atau sun block merupakan agen pelindung yang efektif terhadap kerusakan kulit akibat sinar matahari dan wajib digunakan oleh semua kalangan dari segala umur, jenis kelamin, maupun jenis dan warna kulit. Penggunaan tabir surya secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terjangkit kanker kulit dan penuaan dini.

Selain memakai tabir surya , ada baiknya juga kamu tidak terlalu sering atau terlalu lama terpapar sinar matahari; misalnya berlindung di tempat teduh pada waktu yang paling cerah (antara pukul 10:00 pagi – 4:00 sore), mengenakan pakaian yang menutupi kulit seperti kemeja dan topi lengan panjang, dan juga mengenakan kacamata hitam yang dapat menghalangi sinar UV.

Manfaat Tabir Surya bagi Kulit

Tabir surya memiliki peran penting untuk melindungi kulit kamu dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya yang datang dalam dua jenis yaitu sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA paling sering dikaitkan dengan penuaan dini pada kulit; sinar ini menyebabkan garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan yang membuat kulit terlihat lebih tua sebelum waktunya. Sinar UVA memiliki kemampuan untuk menembus kaca, yang berarti kulit kamu dapat terpapar pada saat kamu mengemudi atau bahkan ketika kamu berada di depan jendela dengan tirai terbuka.

Sinar UVB adalah yang paling sering dikaitkan dengan sengatan matahari, misalnya ketika kamu berlibur ke pantai atau berenang dan mengalami “luka bakar” (sun burn) akibat terlalu lama berjemur di bawah matahari. Tidak seperti sinar UVA, sinar UVB tidak dapat menembus kaca.

Sinar UVA dan UVB keduanya merupakan karsinogen (penyebab kanker), itulah sebabnya kamu harus mulai memiliki dan menggunakan tabir surya yang menawarkan perlindungan kulit kamu terhadap sinar UVA dan UVB.

Selain itu penggunaan tabir surya juga dapat melindungi kamu yang memiliki kulit sensitif dari sengatan matahari dan mengurangi munculnya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari seperti perubahan warna kulit dan munculnya bintik-bintik hitam, kulit kendur atau kasar, dan juga kerutan pada wajah. Dengan rajin menggunakan tabir surya maka dapat membantu mempertahankan warna kulit yang lebih merata secara keseluruhan.

Cara Menggunakan Tabir Surya

Berikut adalah panduan dasar cara menggunakan tabir surya yang bisa kamu ikuti ketika memilih dan menggunakan produk tabir surya :

  1. Kenakan tabir surya setiap hari, setiap saat: baik ketika kamu dirumah saja, dan terutama ketika kamu bepergian. B
  2. Pilihlah tabir surya yang memiliki spektrum luas, SPF 30 atau lebih tinggi, dan tahan air. SPF (faktor perlindungan matahari) tabir surya menentukan persentase sinar UV yang akan diblokir. SPF 30 adalah angka minimal yang cukup untuk menghalangi paparan sinar matahari hingga 96%. Semakin tinggi SPF dari tabir surya yang kamu pakai, maka semakin tinggi juga perlindungan kulit yang kamu dapatkan.
  3. Oleskan 1,0 ons (1 gelas shot) ke semua area kulit kamu dengan jarak 15 – 30 menit sebelum pergi keluar. Terapkan kembali tabir surya setiap dua jam atau setelah berkeringat atau berenang, walaupun kamu mengenakan tabir surya tahan air, tetap perlu diterapkan kembali secara teratur.
  4. Buang dan ganti tabir surya sesuai tanggal kedaluwarsanya atau jika kamu melihat perubahan warna dan konsistensi.

Karena pentingnya tabir surya digunakan, sekarang banyak brand berlomba-lomba mengeluarkan produk tabir surya yang menawarkan perlindungan UVA atau UVB atau bahkan keduanya, dengan berbagai tingkat SPF. Beberapa jenis tabir surya bahkan memiliki teknologi tahan air, atau bahkan tidak meninggalkan bekas putih (white cast) di wajah, sehingga tidak mengganggu penggunaan make up.

Untuk kamu yang sehari-hari memakai make up tentunya sulit untuk mengaplikasikan ulang tabir surya , namun kamu bisa menyiasatinya dengan membeli dan menggunakan make up seperti bedak yang mengandung SPF, atau membeli tabir surya dalam bentuk spray.

Ingat untuk selalu menggunakan tabir surya setiap saat untuk mendapatkan kulit sehat dan terhindar dari kanker kulit dan penuaan dini.

BACA JUGA  Review Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter Online Terbaik

Read Previous

Arti dan Terjemahan Lirik Lagu Never Enough (OST The Greatest Showman / Loren Allred)

Read Next

Cara Mencegah Kanker Darah

Tinggalkan Balasan