Manfaatkan Platform Donasi Digital untuk Peduli terhadap Sesama, Bagaimana Caranya?

lelang-barang-untuk-donasi-digital

Bagikan artikel ini :

Kondisi pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai ini membuat segala kegiatan jadi serba terbatas. Mulai dari sekolah, bekerja, semuanya harus dilakukan secara virtual. Bahkan, ada kegiatan-kegiatan yang mengharuskan kita melakukan transaksi secara online.

Misalnya, kegiatan harian seperti belanja. Di masa pandemi ini, sulit rasanya untuk para Moms & Dads pergi keluar rumah untuk berbelanja. Semuanya harus dilakukan secara online. Ribet banget deh, ya……

Selain itu, kegiatan lain yang harus dilakukan secara online yaitu berdonasi. Biasanya, kita melakukan donasi secara langsung, seperti berbagi paket makanan kepada korban banjir, mendonasikan baju bekas, bersedekah ke panti asuhan, dan sebagainya. Tapi, masa pandemi ini kita tidak bisa terjun langsung untuk berbagi dan peduli terhadap sesama. Kalau gitu, pernah kepikiran nggak, untuk melakukan donasi online?

Nah, di zaman yang serba maju ini, kita perlu memanfaatkan digital untuk segala urusan dan kegiatan termasuk melakukan donasi. Apalagi, segala kegiatan masa pandemi dilakukan serba online. Gimana sih, caranya melakukan donasi online?

Moms & Dads bisa memanfaatkan berbagai platform donasi digital yang sekarang sudah banyak tersedia. Donasi melalui platform digital ini tujuannya untuk memudahkan para donatur melakukan donasi tanpa harus bertemu atau bertatap muka. Jadi, Moms & Dads bisa berdonasi di mana pun dan kapan pun. Tinggal buka smartphone, lalu buka platform donasi digital, dan kita bisa melakukan donasi berapa pun, tinggal klik saja. Mudah, bukan? Kalau begini, berdonasi sambil rebahan di rumah juga bisa!

Donasi online melalui platform digital juga membantu kita untuk berdonasi secara diam-diam. Lho, memangnya kenapa? Karena untuk melakukan donasi, kita harus ikhlas dan tanpa pamrih. Kita tidak perlu melakukan donasi untuk dilihat banyak orang, dan donasi secara online ini membantu kita para donatur untuk berdonasi tanpa diketahui orang lain.

Donasi Digital Melalui Ayobantu

donasi-digital-ayobantu

Nah, Moms & Dads sudah cari tahu platform donasi digital apa saja yang bisa kita gunakan untuk donasi secara online? Salah satunya adalah Ayobantu. Yuk, kita kenalan dulu dengan platform donasi digital yang satu ini!

Ayobantu merupakan sebuah platform penggalangan dana dan donasi berbasis online. Ayobantu sudah ada sejak tahun 2020 lalu. Awalnya, Ayobantu didirikan dengan tujuan menjadi jembatan bagi penggalangan dana sosial untuk inisiatif dan program sosial masyarakat, komunitas, dan korporat. Dalam perjalanannya, Ayobantu selalu mencari cara untuk memberikan pengalaman berdonasi yang mudah, sesuai perkembangan zaman.

Sekarang ini, Ayobantu telah merangkul lebih dari 22 ribu Teman Peduli, yaitu sebutan untuk masyarakat yang menjadi donatur maupun fundraiser di platform Ayobantu. Selain itu, Ayobantu juga sudah mengumpulkan dana donasi senilai lebih dari Rp3.587.986.313. Wah, keren banget ya!

Selanjutnya, ada beberapa layanan yang dimiliki oleh Ayobantu. Pertama adalah variasi campaign. Di variasi campaign ini, Ayobantu mengajak setiap individu, komunitas, dan korporasi untuk berdonasi melalui cara-cara yang unik. Misalnya, Ayobantu dapat memfasilitasi pelaksanaan campaign melalui event ataupun social media activation.

Social media activation atau event yang diadakan ini bertujuan untuk menjadi medium untuk memperkenalkan layanan yang ada di Ayobantu ke masyarakat. Tujuannya adalah, agar masyarakat menjadi awas dan membangun self-awareness terkait problematika yang sedang muncul dan diangkat isunya oleh Ayobantu.

Kedua adalah, lelang donasi. Platform donasi digital Ayobantu juga dapat mengakomodasi kegiatan lelang barang untuk donasi, di mana para donatur bisa melelang barang mereka, atau bisa ikut serta dalam sebuah lelang yang ditujukan untuk kegiatan donasi. Barang-barang yang dilelang tersebut dapat berupa barang-barang fisik maupun aset digital seperti non token fungible (NFT).

Ketiga, ragam metode pembayaran. Di platform donasi digital Ayobantu, tersedia berbagai pilihan metode pembayaran, yaitu transfer antar bank, virtual account, dompet digital, hingga aset kripto (cryptocurrency). Wah, memang di era digital ini banyak yang sudah berubah jadi semakin canggih ya Moms & Dads! Bukan cuma uang tunai dan barang-barang bekas saja yang bisa didonasikan, ternyata barang-barang seperti aset digital juga.

Bagaimana Moms & Dads, sudah terinspirasi kah untuk melakukan donasi secara online melalui platform donasi digital? Yuk, manfaatkan kecanggihan di era digital ini untuk tetap peduli terhadap sesama, karena di luar sana banyak sekali yang membutuhkan kita. Semangat untuk peduli terhadap sesama!

BACA JUGA  Tips Mengajukan Kredit Rumah Bekas Syariah Agar Cepat Disetujui

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...