7 Tips Perawatan Kulit Pria agar Putih Bersih dan Ganteng

perawatan-kulit-pria

Bagikan artikel ini :

Ingin tahu bagaimana perawatan kulit pria agar putih dan tampak bersih serta terlihat ganteng di mata para wanita? Berikut ini Asaljeplak akan berikan beberapa tips nya.

Berbicara soal skin care atau perawatan kulit biasanya banyak terfokus pada wanita, karena sejak dulu pria tidak terlalu ribet dalam merawat kulit wajahnya. Namun sekarang semakin banyak pria yang menginginkan kulit yang lebih sehat dan terlihat lebih muda, sehingga banyak pria mulai menyadari untuk memiliki rutinitas perawatan kulit.

Untuk membantu pria mengembangkan rutinitas perawatan kulit yang baik dan sehat, para ahli kulit merekomendasikan mengikuti tips berikut:

Identifikasi Jenis Kulit

Pertama-tama kamu harus mengetahui jenis kulit-mu, apakah kamu memiliki kulit Normal, Sensitif, Berminyak, Kering, atau kombinasi. Memahami jenis kulit kamu akan membantu kamu untuk mempelajari cara merawat kulit dan memilih produk perawatan yang tepat untuk kamu.

Perhatikan label dan bahan-bahan produk yang digunakan

Produk perawatan kulit yang kamu pilih akan tergantung pada jenis kulit kamu. Misalnya jika kamu memiliki kulit yang berjerawat, cari pembersih dan pelembab yang memiliki label “bebas minyak” atau “non-comedogenik,” karena ini tidak akan menyumbat pori-pori kamu.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan produk yang “bebas pewangi (fragrance free)”, karena produk yang mengandung wewangian dapat membuat kulit teriritasi dan kering. Namun, kamu juga perlu waspada terhadap produk yang memberikan label “tanpa aroma (unscented)”, karena banyak dari produk ini sebenarnya mengandung bahan “pewangi” yang tetap dapat mengiritasi kulit kamu.

Cuci muka setiap hari dan setelah berolahraga/beraktivitas

Jangan pernah mencuci muka dengan sabun mandi karena sabun mandi mengandung bahan-bahan yang tidak bagus untuk kulit wajah, dan dapat membuat wajah kering. Hanya gunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit kamu setiap hari atau sehabis beraktivitas untuk membersihkan wajah dari kuman menempel penyebab timbulnya jerawat.

Perhatikan teknik mencukur kamu

Bagi sebagian pria, pisau cukur dengan multi-pisau dapat bekerja dengan baik, namun sebenarnya mencukur dengan multi pisau, proses mencukur akan terlalu dekat dengan kulit kamu dimana hal ini akan menyebabkan benjolan (razor bumps), rasa terbakar, atau rambut tumbuh ke dalam. Solusinya adalah dengan menggunakan pisau cukur tunggal atau ganda, dan jangan meregangkan/menarik kulit kamu saat bercukur.

Sebelum kamu bercukur, basahi kulit dan rambut kamu untuk melembutkannya. Gunakan krim cukur yang mengandung pelembab dan mencukur sesuai arah pertumbuhan rambut. Bilas setelah setiap sapuan pisau cukur, dan ganti pisau kamu setelah lima hingga tujuh kali pencukuran untuk meminimalkan iritasi.

Pakai Pelembab setiap hari

Pelembab bekerja dengan menahan air di kulit kamu, yang dapat membantu mengurangi penampilan garis-garis halus dan membuat kulit kamu terlihat lebih cerah dan lebih muda. Untuk hasil terbaik, oleskan pelembab ke wajah dan tubuh kamu segera setelah mandi, mencuci wajah atau bercukur.

Periksa kulit kamu secara teratur

Bintik-bintik atau muncul tahi lalat baru secara tiba-tiba yang terasa gatal, berdarah, atau berubah warna seringkali merupakan tanda-tanda dini kanker kulit. Jika kamu melihat ada bintik-bintik yang mencurigakan, buat janji temu ke dokter kulit. Perlu diketahui bahwa Pria di atas usia 50 memiliki risiko lebih tinggi terkena melanoma, bentuk kanker kulit paling mematikan. Sehingga penting untuk tahu kondisi kamu dan secara teratur konsultasi dengan dokter kulit untuk pencegahan dini.

Selalu menggunakan tabir surya (sun screen)

Untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan dan bahkan kanker kulit, penting untuk memakai tabir surya (sun screen) di seluruh area terbuka seperti wajah, kulit kepala, telinga, leher, dan bibir kamu.

Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya (sun screen) yang memiliki perlindungan terhadap UVA dan UVB, tahan air, dengan SPF 30 atau lebih. Perlu diingat untuk melakukan aplikasi ulang setiap dua jam atau segera setelah berenang atau berkeringat.

kamu juga dapat melindungi kulit kamu dengan mencari tempat teduh dan mengenakan pakaian pelindung, termasuk kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV dan topi lebar.

Kulit setiap orang berbeda, dan tidak ada istilah “satu untuk semua” dalam perawatan kulit, dimana produk tertentu yang cocok dipakai teman kamu, belum tentu cocok untuk kamu. Sebagai pria perawatan kulit juga tidak boleh disepelekan, karena kulit yang dirawat selain buruk untuk kesehatan, juga dapat mempengaruhi penampilan dan rasa percaya diri kamu.

Jika kamu tidak yakin jenis kulit apa yang kamu miliki, atau jika memiliki pertanyaan tentang cara merawat kulit kamu, atau produk apa yang harus kamu pakai, kamu dapat berkonsultasi dengan dermatologis.

BACA JUGA  4 Tips Memilih Helm untuk Kenyamanan Berkendara

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...