Review Scaling dan Tambal Gigi di Happy Dental Clinic

Bagikan artikel ini :

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya yang terkait dengan layanan scaling dan tambal gigi di Happy Dental Clinic cabang Green Pramuka Square, yang juga merupakan salah satu dental clinic Jakarta yang terbaik. Waktu itu saya melakukan perawatan scaling dan tambal gigi di sini, dan sangat puas dengan hasilnya.

Fasilitas dan Layanan Happy Dental Clinic

Meskipun terletak di dalam mall (dan setahu saya sepertinya semua cabang Happy Dental Clinic juga terletak di dalam Mall) dan bukan ruko sendiri, tapi ternyata area di dalamnya cukup luas dan pastinya bersih. Lokasi klinik terletak di lantai LG jadi tidak perlu repot naik-naik eskalator.

Ruang tunggunya pun nyaman, sehingga antrian yang panjang bukan menjadi penghalang, meskipun tentunya kita juga bisa jalan-jalan dulu di sekitar sebelum kembali lagi. Karena terletak di dalam Mall, jam buka nya pun mengikuti jam buka-tutup Mall yang umumnya adalah sekitar jam 10.00-22.00 WIB dan buka seminggu penuh.

Jenis perawatan yang disediakan oleh Happy Dental Clinic pun cukup banyak, mulai dari scaling, tambal gigi, dan cabut gigi yang merupakan jenis perawatan umum, ada juga layanan yang berjenis estetika seperti pemutihan gigi dan pemasangan veneer, serta layanan lainnya seperti pasang kawat gigi dan juga pasang gigi palsu.

Tetapi karena waktu itu saya hanya melakukan treatment umum yaitu scaling dan tambal gigi, maka yang akan saya bahas hanya kedua jenis treatment itu saja ya.

Scaling Gigi di Happy Dental Clinic

Pertama-tama, saat menjalani perawatan scaling gigi, dokter gigi dan stafnya terlihat sudah sangat berpengalaman dalam melakukan prosedur ini. Mereka menjelaskan dengan jelas langkah-langkah yang akan dilakukan dan membantu menjawab semua pertanyaan saya dengan sabar.

Jadi ada tiga jenis treatment Scaling yang ditawarkan oleh klinik, yaitu Scaling reguler, Oxygene scaling, dan Oxygene scaling beserta proteksi tambahan.

Scaling reguler kurang lebih seperti scaling pada umumnya, yaitu prosedur pembersihan karang gigi dan juga ditambah tindakan menghaluskan permukaan gigi sehingga tidak mudah ditempeli oleh plak dan bakteri.

Sementara scaling Oxygene adalah proses scaling reguler yang ditambah dengan berkumur menggunakan oxygene mouthwash yang berfungsi meminimalisir gigi sensitif pasca scaling, menyegarkan nafas, sekaligus mempercepat penyembuhan peradangan gusi.

Lalu yang terakhir untuk scaling Oxygene plus porteksi adalah proses scaling Oxygene yang ditambah dengan pengaplikasian gel berfluoride pada gigi, yang bertujuan untuk memperkuat gigi dan mencegah terjadinya gigi berlubang.

BACA JUGA  4 Varian Utama Teh yang Wajib diketahui para Pecinta Teh

Saya sendiri hanya ambil paket reguler saat itu, yang alhasil, akibat sudah lama tidak scaling ke dokter gigi, gigi saya menjadi lumayan ngilu dan banyak lubang yang terlihat setelah plak gigi rontok.

Akibatnya saya jadi ragu untuk melanjutkan dengan proses tambal, ditambah proses scaling yang sudah memakan waktu cukup lama (sekitar 2 jam-an) yang mengakibatkan rahang saya cukup lelah, saya akhirnya memutuskan untuk membuat janji lagi untuk penambalan gigi minggu depannya.

Saat menjalani treatment scaling sendiri tidak ada kendala yang berarti, tidak ada pendarahan atau apapun, dan semuanya dilakukan dengan terampil serta profesional oleh dokter gigi yang menangani saya saat itu.

Hasil setelah perawatan scaling juga sangat memuaskan. Gigi saya terasa lebih bersih dan segar (meskipun sedikit ngilu), plak-plak dan tartar di sekitar gigi telah dibersihkan dengan sempurna.

Mungkin lain kali saya akan ambil paket yang Oxygen plus proteksi saja guna menghindari gigi terasa ngilu seperti waktu itu, dan terutama kalau kita sudah lama tidak melakukan scaling gigi.

Tambal Gigi di Happy Dental Clinic

Seperti yang sudah disebutkan, selain menajalani perawatan scaling gigi, saya juga menjalani prosedur tambal gigi di Happy Dental Clinic cabang Green Pramuka Square sekitar satu minggu setelah melakukan perawatan scaling di minggu sebelumnya.

Perawatan ini saya ambil karena selain untuk menutup lubang-lubang yang muncul setelah plak rontok akibat scaling, juga dikarenakan gigi saya banyak yang sudah memiliki lubang cukup besar, sehingga membuat saya mudah ngilu saat makan atau minuman dengan suhu ekstrim (dingin atau panas).

Ada beberapa jenis bahan tambal gigi yang disediakan di Happy Dental Clinic ini, diantaranya adalah:

  • Tambal Gigi Amalgam: Terbuat dari campuran logam, biasanya terdiri dari campuran merkuri, perak, timah, dan tembaga. Kelebihan jenis tambalan ini adalah daya tahan yang lama.
  • Tambal Gigi Komposit: Terbuat dari campuran bahan plastik dan porselen. Tambal gigi komposit dan dapat dengan mudah dicocokkan dengan warna gigi asli, membuatnya lebih estetis.
  • Tambal Gigi Ionomer Kaca: Bahan ini mirip dengan tambal gigi komposit tetapi lebih cocok untuk daerah gigi yang tidak terlalu terpapar tekanan kunyah. Tambal gigi ionomer kaca juga melepaskan fluoride, membantu mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Tambal Gigi Porselen: Tambal gigi ini dibuat khusus untuk cocok dengan warna dan tekstur gigi alami. Mereka lebih tahan terhadap perubahan warna daripada tambal gigi komposit, namun jenis tambalan gigi ini memerlukan proses laboratorium terlebih dahulu.
  • Tambal Gigi Emas: Tambal gigi emas umumnya terbuat dari campuran emas, tembaga, dan bahan logam lainnya. Jenis tambalan gigi ini dapat bertahan lama dan tahan terhadap korosi.
BACA JUGA  [INFOGRAFIK] Data dan Fakta tentang Rokok

Saat itu saya mengambil paket tambal gigi komposit yang sesuai dengan kebutuhan serta tidak terlalu mencolok, yang niatnya adalah untuk menambal 3 lubang besar di gigi belakang yang sudah jadi masalah bagi saya selama bertahun-tahun, serta beberapa lubang kecil yang muncul pasca treatment scaling.

Pada saat menjalani prosedur tambal gigi, dokter gigi yang menangani saya saat itu benar-benar terlihat sangat sabar, cermat, dan teliti dalam menangani gigi yang perlu ditambal. Dengan menggunakan bahan tambal gigi berkualitas tinggi dan alat-alat modern, akhirnya lubang-lubang yang ada di deretan gigi saya pun berhasil tertutup dengan sempurna.

Perawat yang membantu dokter pun terlihat sigap melakukan suction pada air liur dan saat melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh dokter gigi, seperti pada saat scaling sebelumnya, dan seperti yang diharapkan dari tim yang profesional.

Oh iya, saya juga diinfokan kalau gusi-gusi pada mulut saya sudah mengalami resesi yang kemungkinan besar disebabkan oleh faktor kurangnya melakukan perawatan rutin ke dokter gigi seperti melakukan scaling 6 bulan sekali, menyebabkan akar gigi saya terekspos, gigi mudah goyang, dan bahkan menyebabkan sisa makanan mudah masuk dan mengendap di sela-sela gusi.

Untuk kondisi ini saya hanya diberikan beberapa instruksi perawatan mandiri seperti rutin menyikat gigi, jangan menyikat gigi terlalu keras, ganti sikat gigi yang bulunya sudah rusak, serta rajin melakukan scaling selama 6 bulan sekali atau minimal melakukan konsultasi ke dokter gigi sehingga bisa ditentukan apa jenis perawatan yang perlu dilakukan.

Selain rajin menyikat gigi, saya juga diingatkan untuk rutin minum air putih, mengonsumsi buah-buahan, mengurangi konsumsi kopi dan rokok, serta mengurangi konsumsi makanan manis dan yang mudah melekat pada gigi.

Dalam menjaga serta memelihara kesehatan gigi ini kita tentunya tidak bisa abai dan cuek, karena begitu terlambat kita sendiri yang akan merasakan dampaknya, jadi kadang berapapun biayanya kita harus sebisa mungkin persiapkan untuk melakukan perawatan, sambil tetap tidak lupa melakukan perawatan mandiri setiap harinya.

Dan bukan hanya dari makanan atau minuman yang kita konsumsi saja, kondisi kesehatan kita juga bisa memengaruhi kondisi gigi dan gusi yang kita miliki, misalnya bila kita menderita diabetes serta penyakit asam lambung, yang bisa memengaruhi kondisi gigi dan gusi.

Kesan dan Pesan

Keseluruhan, perawatan scaling dan tambal gigi yang saya jalani di Happy Dental Clinic cabang Green Pramuka Square benar-benar memuaskan.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Video untuk Pemula Terbaik [2023]

Fasilitas seperti ruang tunggu dan ruang prakteknya terlihat bersih, nyaman, dan lengkap, serta telah menggunakan alat-alat yang terbilang cukup modern untuk menawarkan layanan gigi, serta jenis-jenis treatment yang disediakan pun sangat lengkap mulai dari treatment dasar, estetika, hingga treatment yang menyangkut kondisi medis.

Lokasinya yang terletak di mal juga merupakan strategi yang terbilang jitu, karena hal itu membuat kita juga bisa sambil melakukan aktivitas lainnya di area mal, sehingga jadwal kunjungan tidak menjadi suatu hal yang membebani seperti bila kita harus ke rumah sakit atau ke klinik yang memiliki bangunan sendiri.

Ditambah lagi, jam buka nya yang buka setiap hari serta mengikuti jam buka tutup mal juga terbilang sangat fleksibel dan memudahkan. Kita bisa saja datang langsung kesana dan membuat janji atau bahkan mengantri untuk melakukan perawatan tanpa rencana apabila sedang tidak terlalu banyak antrian.

Staf-staf yang ada disana pun sangat profesional, mulai dari resepsionis, asisten, hingga dokter gigi yang menangani saya pun semuanya memberikan layanan yang memuaskan.

Untuk biaya sendiri sih tidak bisa dibilang mahal atau murah (karena tergantung kemampuan kantong atau asuransi masing-masing), namun sebagai yang sedari dulu sering bolak balik ke dokter gigi kecuali beberapa tahun terakhir, harga yang ditawarkan oleh Happy Dental Clinic terbilang normal dan wajar.

Biaya konsultasi adalah sekitar Rp150rb hingga Rp200rb tergantung dari siapa dokter yang menangani kita dan spesialisasinya, kemudian saat saya cek di internet harga untuk perawatan scaling di Happy Dental Clinic adalah mulai dari Rp450rb, yang tidak terlalu jauh dari yang saya bayarkan saat itu karena memang biaya ini tergantung dari kompleksitas dan kondisi karang serta plak pada gigi kita masing-masing.

Sama halnya dengan tambal gigi yang saat saya cek di internet harganya berkisar antara 450rb sampai dengan 600rb per gigi, yang tentunya hal ini juga sangat tergantung dari kondisi serta berapa banyak gigi yang ingin ditambal.

Kebetulan juga istri saya beberapa waktu sebelumnya juga telah melakukan scaling dan tambal gigi di tempat lain, sehingga perbandingan harganya bisa dapat terlihat secara garis besar, yang memang tidak terlalu jauh dan bahkan agak lebih murah ketimbang klinik gigi tempat istri saya melakukan perawatan.

Akhir kata, saya benar-benar merasa sangat terbantu oleh kemampuan dan keahlian dokter gigi dan staf yang ada di Happy Dental Clinic cabang Green Pramuka Square, yang memberikan layanan dengan kualitas yang luar biasa, dan merupakan salah satu klinik yang sangat saya rekomendasikan untuk kalian coba.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...