Alami Sakit pada Punggung yang Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Sakit pada punggung mengganggu aktivitas sehari-hari? Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Mengalami rasa sakit pada area punggung tentunya tidaklah mengenakkan, terutama kalau dialami sampai berhari-hari. Hal itu bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan tentunya menimbulkan rasa ketidaknyamanan yang luar biasa setiap melakukan sesuatu.

Penyebab terjadinya sakit punggung ini pun bisa dikarenakan bermacam-macam hal, seperti misalnya cedera saat melakukan aktivitas, tulang yang keropos, mengangkat beban berlebihan, obesitas, adanya peradangan pada sendi, infeksi ginjal, stress, dan lain sebagainya.

Karenanya, Asaljeplak akan membagikan beberapa informasi mengenai bagaimana cara mencegah terjadinya sakit punggung tersebut, dan bagi kamu yang sedang mengalaminya, bagaimana cara mengobati dan mengatasinya sehingga aktivitas bisa kembali berjalan normal.

Cara Mencegah Sakit pada Punggung

Untuk terhindar dari rasa sakit pada punggung tersebut, ada beberapa metode yang bisa kamu coba, beberapa diantaranya antara lain adalah:

Rajin Olahraga

Banyak sekali manfaat kesehatan dari olahraga, terutama yang berfokus pada otot punggung. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko cedera punggung, seperti otot tegang dan kejang. Cobalah memasukkan latihan penguatan punggung dan perut ke dalam lrutinitas olahraga setidaknya dua kali seminggu untuk mengembangkan punggung yang lebih kuat dan lebih fleksibel.

Tidur dengan Bantal di bawah Lutut

Tidur telentang memberi tekanan pada tulang belakang, tetapi pose tidur ini adalah yang paling baik dibandingkan menyamping atau tengkurap. Untuk mengurangi tekanan tersebut, letakkan bantal di bawah lutut sehingga tubuh agak terangkat.

BACA JUGA  Panel Surya Dapat Bekerja Maksimal di Seluruh Wilayah Indonesia

Meningkatkan Asupan Vitamin D dan Kalsium

Tulang yang kuat dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari rasa sakit pada punggung di kemudian hari, terutama bagi wanita. Perkuat tulang belakang dengan mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D yang ada di beberapa jenis makanan, yogurt, dan susu berkalsium seperti Anlene.

Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang baik bukan hanya cara untuk terlihat lebih tegap, tetapi melindungi bagian tulang belakang agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Postur tubuh yang buruk membuat punggung menjadi mudah tegang dan stres, serta dapat mengubah arsitektur tulang belakang. Hindari membengkokkan bahu, membungkuk, atau membungkuk ke samping saat berdiri.

Sering Melakukan Peregangan

Hilangkan ketegangan pada otot tubuh dengan bangun, berjalan-jalan, dan melakukan beberapa aktivitas peregangan sederhana. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah ke punggung, dan juga dapat meredakan ketegangan atau nyeri yang terjadi karena tidak aktif.

Jangan Berdiam pada Satu Posisi Terlalu Lama

Berdiri, duduk, atau berbaring di satu tempat untuk waktu yang lama tidaklah baik dan bisa menimbulkan rasa sakit pada punggung yang mengganggu, misalnya saat bersandar di sofa dalam posisi yang tidak tepat, duduk tanpa bersandar terlalu lama, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Sakit pada Punggung

Apabila saat ini kamu sedang mengalami sakit punggung, cobalah melakukan beberapa hal berikut ini untuk dapat mengatasi rasa sakit tersebut atau minimal mempercepat proses penyembuhan dan juga mengurangi rasa sakit yang dialami.

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri merupakan salah satu yang ampuh dalam mengatasi sakit punggung, yang biasanya ada pada obat-obatan berjenis parasetamol yang dijual bebas, atau obat yang berdasarkan resep dokter yang kamu datangi untuk konsultasi.

BACA JUGA  3 Tips Padu padan Seragam Trans TV supaya terlihat semakin menarik

Tidur lebih cepat dan lebih lama

Rasa sakit pada punggung juga bisa diatasi dengan tidur dalam waktu yang cukup dan tidak terlalu larut. Namun pastikan kasur tempat tidur diganti dengan yang lebih nyaman, dan lakukan pose tidur yang benar untuk mengurangi rasa sakit.

Lakukan Peregangan Ringan

Jangan lupa untuk sesekali melakukan peregangan ringan untuk membantu melenturkan kembali otot-otot punggung yang tegang. Bisa juga dengan melakukan beberapa gerakan yoga ringan dan meditasi yang dapat membantu mengatasi rasa sakit tersebut.

Berendam di Air Hangat

Berendam di air hangat selain terasa nyamin juga dapat meringankan rasa sakit pada punggung yang kamu rasakan. Kamu juga bisa pertimbangkan untuk mengikuti terapi hidroterapi apabila sakit tersebut sudah sangat mengganggu dan sudah terjadi dalam waktu yang lama.

Read Previous

Tips Mencukur Bulu Ketiak Tanpa Menimbulkan Iritasi dan Noda Kehitaman

Read Next

Ciri-ciri dari Seorang Pembohong Patologis (Pathological Liar)

Tinggalkan Balasan