Tips Persiapan Persalinan di Rumah Sakit

tips-persiapan-melahirkan

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Ketika hari persalinan sudah hampir tiba, banyak ibu yang merasa bingung dengan apa yang harus dipersiapkan. Bukan hanya ibu saja yang harus melakukan persiapan namun seluruh anggota keluarga juga perlu membantu persiapan persalinan.

Tips Persiapan Persalinan

tips-persiapan-persalinan

Sebelum hari persalinan tiba, memang lebih baik Anda melakukan persiapan dengan benar. Ada beberapa tips persiapan persalinan di rumah sakit yang bisa dilakukan. Dengan mengikuti tips ini, Anda tidak perlu merasa bingung lagi dengan persiapan sebelum hari H tiba. Langsung saja ini dia tips persiapan persalinan yang akan membantu Anda:

1. Mencari Rumah Sakit

tips-persiapan-persalinan-mencari-rumah-sakit

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari rumah sakit dan dokter yang profesional. Penting sekali menemukan rumah sakit yang tepat agar ibu merasa tenang dan nyaman saat melakukan persalinan.

Selain mencari rumah sakit, Anda juga sebaiknya mencari dokter yang terpercaya. Dokter yang membantu proses persalinan akan sangat mempengaruhi pada kondisi kesehatan ibu dan anak.

Cara mudah untuk menemukan dokter dan rumah sakit yang terbaik adalah dengan meminta rekomendasi orang lain yang sudah berpengalaman. Selain itu, Anda juga bisa mencari review dokter dan rumah sakit dari Google. Lihat juga lokasi rumah sakit tersebut, apakah jaraknya jauh atau dekat dari rumah.

2. Menjaga Kesehatan

tips-persiapan-persalinan-menjaga-kesehatan

Tips lainnya yang harus dilakukan oleh calon ibu adalah selalu berusaha menjaga kesehatan terutama jelang proses melahirkan. Anda perlu makan makanan bernutrisi dan sehat serta harus rutin berolahraga. Dokter tempat ada berkonsultasi akan memberikan banyak tips agar kesehatan selalu terjaga.

Selain menjaga kesehatan tubuh, Anda juga harus menjaga kesehatan dan pikiran. Anda tidak boleh terlalu panik atau bahkan mengalami emosi berlebihan. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kesehatan janin dan bahkan pada proses melahirkan yang akan dijalani.

3. Persiapkan Keperluan Bayi dan Ibu

tips-persiapan-persalinan-perlengkapan-bayi

Tips berikut yang juga tidak kalah penting adalah mempersiapkan berbagai macam barang keperluan ibu dan bayi selama di rumah sakit. Ada banyak sekali barang-barang yang harus dibawa untuk dipakai oleh ibu dan bayi setelah melahirkan.

Beberapa barang tersebut adalah seperti pakaian, bedong, kaos kaki dan sarung tangan bayi, peralatan mandi bayi, handuk, botol susu, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk perlengkapan ibu sebaiknya membawa pakaian, alat mandi, pembalut nifas, breast pump,  breast pad, dan yang lainnya. Persiapkan semua barang tersebut ke dalam tas jauh-jauh hari sebelum berangkat ke rumah sakit.

Anda bisa mulai mempersiapkan tas untuk dibawa ke rumah sakit kira-kira 1 bulan sebelum tanggal prediksi kelahiran. Barang yang harus dibawa selain perlengkapan bayi dan ibu, Anda juga harus membawa surat-surat penting yang mungkin saja ada di butuhkan.

Ketika di rumah sakit, dengan menggunakan berbagai macam dokumen seperti fotokopi KK, KTP, akte nikah, dan bahkan kartu asuransi kesehatan.

4. Biaya Persalinan

tips-persiapan-persalinan-biaya

Tips berikutnya yaitu mempersiapkan biaya persalinan. Jika Anda memiliki kartu jaminan kesehatan tentu tidak terlalu pusing dengan biaya persalinan yang dibutuhkan. Meskipun demikian, Anda tetap harus berjaga-jaga karena akan ada biaya yang tidak terduga ketika melahirkan di rumah sakit. Belum lagi jika ternyata ibu harus melahirkan secara cesar.

Jika Anda membutuhkan dana cepat untuk biaya persalinan maka bisa meminjam uang di pinjol terbaik Tunaiku. Aplikasi ini merupakan salah satu tempat pinjam uang online terpercaya yang bisa Anda pilih.

Tunaiku juga merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang sudah memiliki izin dari OJK. Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari 2 juta sampai 20 juta rupiah.

Cara melakukan pinjaman di aplikasi pinjol terpercaya ini juga sangat mudah. Anda akan merasa tenang dengan adanya kredit tanpa agunan online dari Tunaiku. Jadi, sekarang tidak perlu merasa bingung lagi ketika harus melahirkan di rumah sakit.

BACA JUGA  Inilah Tabungan Terbaik untuk Menyimpan Uang Beli Hewan Kurban

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...