Waspada Kondisi Kuku yang Tidak Sehat

Perhatikan kuku jari Anda, apakah sehat dan kuat, atau malah rapuh dan kusam? Beberapa pakar kesehatan percaya bahwa kondisi kuku yang tidak sehat merupakan pertanda dari kondisi kesehatan yang menurun.
kondisi-kuku-tidak-sehat

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Perhatikan kuku jari Anda, apakah sehat dan kuat, atau malah rapuh dan kusam? Beberapa pakar kesehatan percaya bahwa kondisi kuku yang tidak sehat merupakan pertanda dari kondisi kesehatan yang menurun.

Kuku Anda – tersusun dari lapisan berlapis protein yang disebut keratin – tumbuh dari area di dasar kuku di bawah kutikula Anda. Kuku yang sehat biasanya memiliki tekstur halus, tanpa lubang atau lekukan, memiliki warna dan konsistensi yang seragam, dan bebas dari bintik-bintik atau perubahan warna.

Terkadang kuku membentuk punggung vertikal yang tidak berbahaya yang membentang dari kutikula ke ujung kuku. Punggungan vertikal cenderung menjadi lebih menonjol seiring bertambahnya usia. Kuku juga bisa mengembangkan garis-garis putih atau bintik-bintik karena cedera, tetapi akhirnya akan hilang seiring dengan pertumbuhan kuku.

Namun, tidak semua kondisi kuku normal. Konsultasikan dengan dokter atau dokter kulit Anda jika Anda melihat atau menyadari jika kuku anda terdapat:

  • Perubahan warna kuku, seperti perubahan warna seluruh kuku atau garis-garis gelap di bawah kuku
  • Perubahan bentuk kuku, seperti kuku yang melengkung
  • Penipisan atau penebalan kuku
  • Pemisahan kuku dari kulit di sekitarnya
  • Berdarah di sekitar kuku
  • Pembengkakan atau rasa sakit di sekitar kuku
  • Gagal tumbuh kuku

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerusakan kuku:

  • Jangan menggigit kuku atau kutikula Anda. Kebiasaan ini bisa merusak alas kuku. Bahkan luka kecil di samping kuku Anda dapat memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.
  • Jangan Menarik Kuku yang Patah atau Robek. Jika kuku Anda “Robek”, hati-hati untuk menariknya, sebaiknya gunakan gunting kuku untuk menyamakan dengan bagian yang lain.
  • Jangan Menggunakan produk perawatan kuku yang keras. Batasi penggunaan penghapus cat kuku Anda seperti aseton karena selain dapat membuat kuku rapuh, penggunaan aseton yang terlalu sering dapat melepas kuku Anda.
  • Jangan Abaikan masalah kesehatan. Jika Anda memiliki masalah kuku yang tampaknya tidak hilang dengan sendirinya atau dikaitkan dengan tanda dan gejala lain, konsultasikan dengan dokter atau dokter kulit untuk evaluasi.
BACA JUGA  Kenali 4 Jenis Tuli dan Gangguan Pendengaran

Buat banyak orang kuku yang sehat mungkin bukan menjadi perhatian utama, namun tidak ada salahnya untuk merawat kuku Anda dengan melakukan beberapa langkah mudah yang dapat membuat kuku Anda terlihat sehat dan kuat.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB