Macam-macam Pesan Error pada Microsoft Excel yang perlu kamu ketahui

0
1369
Beri Nilai untuk Artikel ini

Sering memasukkan rumus pada Microsoft Excel tetapi malah menjumpai Pesan Error ? Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan definisi dari beberapa Pesan Error pada Microsoft Excel.

 

#DIV/0!  : Pesan Error ini menunjukkan bahwa formula yang kamu masukkan itu ingin membagi suatu nilai dengan angka Nol (Zero). Di dalam matematika suatu bilangan yang dibagi dengan angka nol tidak dapat didefinisikan dan karenanya muncul Pesan Error tersebut.

#N/A : Pesan Error ini menunjukkan bahwa formula yang kamu masukkan tidak memiliki hasil yang valid untuk dapat diproses pada Excel, kesalahan penulisan argumen pada suatu fungsi, atau ketika fungsi Lookup yang kamu lakukan tidak memiliki hasil.

#NAME? : Pesan Error ini menunjukkan bahwa Excel tidak mengenali nama yang kamu gunakan di dalam suatu fungsi. Misalnya fungsi =AVERAGE kamu tulis dengan =AVERIGE maka akan muncul pesan error tersebut.

#NULL! : Pesan Error ini akan muncul apabila kamu melakukan kesalahan penulisan rentang, operasi matematika, dan penulisan tanda koma (,) pada suatu fungsi. Misalnya kamu ingin menjumlahkan 3 cell berbeda yaitu A1+A2+A3 tetapi kamu kelupaan menempatkan tanda tambah (=A1 A2+A3) dan bukannya (=A1+A2+A3), atau kamu ingin memilih cell A1 sampai A10 tetapi kamu kelupaan menempatkan tanda titik dua (=A1 A10) sementara yang benar adalah (=A1:A10).

 

BACA JUGA :  Cara Mencari Data Duplikat Menggunakan Fungsi COUNTIF pada Microsoft Excel

#REF : Pesan Error ini biasanya terjadi apabila referensi cell yang kamu masukkan tidak ditemukan oleh Excel. Ini umumnya terjadi apabila kamu menghapus suatu cell yang tadinya digunakan oleh suatu fungsi. Misalnya tadinya kamu menggunakan cell B1 untuk menempatkan fungsi (=A3), dan entah disengaja atau tidak kamu menghapus baris yang juga berisi cell A3 tersebut, maka nanti pesan error #REF akan muncul pada cell B1.

#VALUE : Pesan Error ini muncul apabila kamu tidak sengaja memasukkan tipe data yang salah pada operasi yang ingin dilakukan. Misalnya kamu ingin menjumlah angka-angka pada cell A1. B1, dan C1 dengan fungsi (=A1+B1+C1) tetapi pada cell B1 ternyata kamu bukan menuliskan angka tetapi huruf misalnya “belum ada nilai” maka pesan error #VALUE tersebut akan muncul.

Demikian beberapa Pesan Error yang sering kamu jumpai di dalam program Microsoft Excel. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar