3 Cara Download Subtitle dari Video Youtube

Berikut ini 3 cara download subtitle dari video Youtube dengan mudah dan gratis yang akan Asaljeplak jelaskan selengkapnya.
cara-download-subtitle-youtube-mudah

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Saat menonton video di Youtube, terkadang kita ingin bisa dapat mendownload subtitle yang ada pada video tersebut supaya bisa kita baca kembali apa yang diucapkan oleh narator di dalam video, atau untuk mempermudah memahami isi video sembari menontonnya.

Apa itu Subtitle?

Subtitle adalah teks yang biasanya muncul saat kita sedang menonton video, baik secara online maupun offline, supaya kita bisa lebih mudah memahami video yang sedang kita tonton.

Pada awalnya, subtitle ini digunakan untuk menampilkan dialog yang sedang terjadi pada suatu film atau video, dan seringnya sudah diterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan, misalnya bahasa Indonesia.

Namun, seiring berkembangnya platform video online seperti Youtube, subtitle juga sering digunakan pada video-video yang diupload (diunggah) pada platform-platform tersebut dan tersedia dalam berbagai bahasa, sehingga penonton video (yang berasal dari berbagai negara di dunia) akan dapat memahami isi video dalam bahasanya masing-masing.

Subtitle pada Youtube

Khusus untuk plaatform Youtube, subtitle pada umumnya akan diunggah oleh pemilik video tersebut, namun Youtube juga memiliki fitur subtitle generator yang akan dapat membuat subtotle video secara otomatis, sesuai dengan bahasa yang digunakan pada video tersebut.

Dua metode dalam menampilkan subtitle pada Youtube tersebut nantinya akan berpengaruh pada cara mana yang akan bisa digunakan untuk download subtitle, karena nantinya ada beberapa cara yang hanya bisa digunakan untuk salah satu metode, dan ada juga yang bisa digunakan pada kedua metode.

Cara Download Subtitle Youtube

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat download subtitle pada perangkat milikmu, baik kamu yang menggunakan komputer/pc/desktop ataupun ponsel (android/iphone), yaitu sebagai berikut:

Menggunakan Website Download Subtitle Youtube

Cara pertama adalah dengan menggunakan website yang menyediakan layanan download subtitle Youtube, yang mana cara ini bisa dilakukan menggunakan perangkat apapun yang memiliki aplikasi browser internet.

Beberapa website yang Asaljeplak rekomendasikan untuk download subtitle dari video Youtube antara lain adalah:

cara-download-subtitle-youtube-downsub

Ada juga beberapa situs sejenis lainnya, namun secara umum cara untuk download subtitle Youtube pada situs-situs tersebut  langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka video youtube yang ingin di unduh/download subtitle nya melalui browser atau aplikasi Youtube,
  2. Copy atau Salin URL/Link dari video tersebut
    • Untuk pengguna PC atau laptop bisa menyalin dari area link pada browser (yang ada tulisan https://youtube.com/……. => Salin semuanya sampai ujung)
    • Untuk pengguna ponsel bisa klik pada Share lalu Copy Link
  3. Buka situs download subtitle yang diinginkan,
  4. Paste atau Tempel URL video yang tadi sudah di Copy pada area yang ditentukan (contohnya kalau di downsub itu seperti gambar di atas),
  5. Klik pada tombol bertuliskan Download (atau sejenisnya) untuk mulai memproses. Kadang akan muncul iklan pop-up dan sejenisnya sehingga klik tidak berfungsi, silahkan dicoba lagi sampai terlihat kalau situs sudah memproses permintaan download,
  6. Pilih format file subtitle, apakah SRT atau TXT.
    • SRT digunakan untuk menampilkan subtitle pada pemutar media (seperti VLC), ubah nama file sesuai nama video dan tempatkan file SRT di dalam satu folder dengan video,
    • TXT merupakan format teks biasa
    • SRT dan TXT sama-sama bisa dibuka dengan aplikasi Notepad (pada PC atau Laptop)
  7. Tunggu proses download selesai
  8. Selesai, file Subtitle sudah bisa digunakan sesuai kebutuhan dan keinginan.

Catatan: Untuk metode ini, hampir semua video yang memiliki subtitle (baik yang diunggah oleh pemilik channel ataupun yang dibuat secara otomatis oleh Youtube) akan bisa di download. Tetapi, terkadang ada beberapa video yang tidak terbaca subtitle nya terutama video yang baru di upload ke Youtube (meskipun di Youtube bisa terlihat subtitle-nya).

Video yang subtitle-nya diupload oleh pemilik atau komunitas subscriber nya biasanya akan muncul tanda bertuliskan CC pada bagian bawah kanan video.

Menggunakan Software Download Subtitle Youtube pada PC atau Laptop

Untuk metode ini, kita tidak menggunakan website atau layanan online di internet, melainkan dengan mengunduh software (gratis) dan menginstall nya ke PC atau Laptop milikmu, dan nantinya bisa dibuka atau dijalankan setiap ingin mengunduh subtitle Youtube.

Beberapa software untuk download subtitle dari video Youtube adalah:

  1. DVDVideosoft (format file subtitle SRT dan TXT)
  2. Google2SRT (format file subtitle SRT saja)

Langkah-langkahnya secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Buka dan kunjungi link download yang kami berikan di atas, lalu unduh software,
  2. Install software yang sudah diunduh ke dalam PC atau laptop milikmu,
  3. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut,
  4. Buka browser dan buka video yang ingin diunduh subtitle nya di Youtube,
  5. Copy URL video tersebut,
  6. Kembali ke aplikasi, lalu Paste URL pada kolom yang disediakan,
  7. Tunggu sampai video dan link download muncul,
  8. Pilih format dan opsi bahasa apabila tersedia,
  9. Klik Download,
  10. Tentukan lokasi penyimpanan, lalu lanjutkan proses download,
  11. Selesai, file subtitle sudah bisa digunakan

Untuk DVDVideosoft kamu juga bisa mengunduh subtitle pada rentang durasi tertentu pada video, jadi tidak perlu mengunduh subtitle secara keseluruhan.

Download Subtitle Langsung dari Youtube

Subtitle juga bisa diunduh langsung dari Youtube, tetapi prosesnya tidak semudah kedua metode sebelumnya dan hanya bisa dilakukan apabila membuka Youtube dari browser (tidak bisa melalui aplikasi Youtube di ponsel).

Metode ini akan lebih pasti berhasil apabila video tersebut subtitle nya diunggah oleh pemilik channel atau komunitas subscriber mereka, alias yang memiliki lambang CC. (bukan yang dibuat secara otomatis oleh Youtube)

download YouTube subtitles
Cara download subtitle Youtube (langkah ke 2 dan 3)

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser kemudian buka video yang ingin diunduh subtitle nya di youtube,
  2. Klik pada ikon berlambang titik tiga (…) yang terletak di bagian bawah video, dan di bagian yang paling kanan (sebelah menu Save,
  3. Pilih menu Open Transcript atau Buka Transkrip,
  4. Di samping kanan nanti akan muncul blok baru berjudul Transcript/Transkrip,
  5. Setelah muncul subtutle nya di blok tersebut, pilih semua teks lalu copy subtitle tersebut,
  6. Paste teks subtitle pada aplikasi notepad atau Word
  7. Selesai.

Cara Download Video dengan Subtitle dari Youtube

Apabila yang kamu cari adalah cara download video dengan subtitle dari Youtube, DVDVideosoft juga menyediakan software download video Youtube yang sudah disertai dengan subtitle nya apabila kamu membutuhkan.

Beberapa software lainnya juga bisa digunakan untuk melakukan fungsi yang serupa, baik itu software gratisan ataupun berbayar. Antara lain adalah:

  1. Wondershare Uniconverter (Bisa dicoba secara gratis),

Bisa juga menggunakan software khusus untuk mengunduh video Youtube, kemudian download subtitle nya secara terpisah. Kemudian ada juga cara melakukannya hanya dengan menggunakan Chrome namun cara ini sebaiknya akan Asaljeplak jelaskan di artikel terpisah.

BACA JUGA  Inilah 5 Video Cara Memakai Hijab yang Paling Banyak Ditonton di Tahun 2016

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB