Mengenal Nama-Nama Perangkat pada Alat Musik Drum

0
841

Berikut ini nama-nama perangkat pada alat musik drum yang perlu kamu ketahui, terutama bagi yang sedang belajar bermain drum.

[ad_1]

Bass Drum

Bass Drum merupakan bagian yang berbentuk lingkaran besar yang diletakkan di lantai. Perangkat ini berguna untuk memberikan dentuman not bass, dan juga sebagai penanda waktu serta tempo.

Bass Drum sendiri bermacam-macam, karena bisa digunakan untuk kebutuhan Marching Band, Orkestra dan pada drum kit yang biasa digunakan pada saat nge-band.

Bass Drum yang akan dibahas di sini adalah yang biasa digunakan oleh para drummer dari suatu band, dengan nama lainnya adalah Kick Drum.

Disebut Kick Drum karena Bass Drum untuk kebutuhan ini biasanya dilengkapi dengan set pedal kaki dan pemukulnya (beater), dan penggunaannya adalah dengan cara diinjak.

 

 

Cymbals

Cymbals merupakan perangkat yang biasanya berwarna emas dan berbentuk lingkaran, dengan diameter yang berbeda-beda tergantung jenis nya.

Cymbals juga digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pada bass dum di atas, tetapi yang akan dibahas disini adalah spesifik untuk set drum kit.

Jenis-jenis cymbals yang bisa digunakan untuk satu set drum kit adalah sebagai berikut:

Crash Cymbals

Crash Cymbals merupakan cymbal yang digunakan untuk menghasilkan suara yang keras bagaikan bunyi pecah dan umumnya diletakkan di sebelah kiri (apabila dilihat dari bagian belakang drum kit alias bagian tempat kamu duduk saat bermain drum).

Crash Cymbals umumnya memiliki ukuran diameter 14-18 inch (36-46 cm), meskipun ada juga yang berukuran mini 8 inch (20 cm) hingga berukuran besar 24-28 inch (61-71 cm).

Bagi yang tidak memiliki penggaris (hehehe), Crash Cymbals itu biasanya lebih besar dibanding Hi-Hat tetapi lebih kecil dibanding Ride Cymbals, dan suara yang dihasilkan lebih keras dibanding keduanya.

Ride Cymbals

Ride Cymbals merupakan cymbals berukuran besar yang umumnya digunakan untuk mengiringi musik secara konstan, dan biasanya diletakkan di sebelah kanan (apabila dilihat dari bagian belakang drum kit tempat kamu duduk).

Bunyi yang dihasilkan oleh ride cymbals biasanya bergaung lebih lama dibandingkan Crash yang hanya bergaung sesaat, dan biasanya tidak dipukul dengan keras melainkan pelan dan konstan, meskipun tetap disesuaikan dengan jenis musik yang dimainkan.

 

Hi-Hat Cymbals

Hi-Hat Cymbal merupakan kombinasi antara dua cymbal yang disematkan pada tiang penyangga berukuran pendek dan memiliki pedal kaki sendiri, yang diletakkan di sebelah snare drum.

Ukuran Hi-hat lebih kecil dibanding lainnya dan relatif tidak senyaring Crash ataupun Ride Cymbals.

Ketika pedal diinjak (closed hi-hat) maka akan menghasilkan bunyi suara “chck” atau “chick” dan saat tidak menginjak pedal akan menghasilkan suara nyaring.

Umumnya digunakan untuk kebutuhan tempo, dan cara penggunaannya bisa bervariasi. Kamu bisa injak hi-hat terus menerus dan dipukul secara konstan, atau kombinasikan injak-lepas pedal, atau diinjak setengah, dsb.

Kamu bisa juga mengatur jarak antara 2 cymbals pada hi-hat karena perbedaan jarak akan menghasilkan suara dengan volume dan bunyi yang berbeda terutama apabila dipukul saat pedal dilepas.

Pada satu set drum kit biasanya akan terdiri dari beberapa jenis Cymbals. Ada drum kit yang hanya menggunakan 1 crash atau 1 ride, atau beberapa crash dan ride, tetapi apapun kombinasinya biasanya pasti memakai Hi-Hat.

 

 

Tom-Tom

Tom-Tom merupakan perangkat drum yang biasanya diletakkan menggantung pada tiang pendek yang terhubung dengan bass drum.

Tom-tom akan menghasilkan suara dentuman, yang lebih nyaring dibanding Bass Drum tetapi tidak senyaring Snare Drum.

Umumnya akan ada sepasang tom-tom yang menghasilkan bunyi dentuman berbeda satu sama lainnya (dentuman rendah dan tinggi), tetapi terkadang ada drummer yang hanya menggunakan satu tom-tom saja (yang juga sangat umum untuk drummer tahun 50-60an), atau kombinasi beberapa tom-tom sekaligus.

Disebut Tom-Tom karena bunyi dentuman yang dihasilkan akan terdengar seperti bunyi “Tom”.

 

[ad_1]

 

Floor Tom

Floor Tom juga merupakan jenis Tom, tetapi berukuran sangat besar dan diletakkan di lantai dengan kaki-kaki penyangga. Dentuman yang dihasilkan akan lebih bergema dibanding bass drum dengan nada lebih rendah dibanding tom-tom.

 

[wp_ad_camp_4]

 

Snare Drum

Snare Drum merupakan perangkat yang krusial dalam satu set drum kit. Snare Drum menghasilkan bunyi staccato yang keras dan tajam ketika dipukul dengan stik.

Snare Drum memiliki tiang penyangga sendiri dan umumnya diletakkan di sebelah kiri depan dari kursi drum dan bersebelahan dengan Hi-Hat, dan penggunaannya biasanya yang relatif paling sering dan paling bervariasi.

 

 

Fill In ala Travis Barker & Eno Netral””]

 

Apabila kamu mau belajar teknik-teknik drum lebih mendalam, jangan lupa kunjungi channel Youtube dari Tekdung Drum di sini ya untuk belajar drum secara online, atau bisa hubungi mereka untuk kebutuhan les privat di rumah.

(pssst, sebentar lagi apps mereka untuk perangkat Android akan launching lho sehingga kamu bisa belajar drum langsung dari smartphone/tablet/perangkat android kamu).

Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here