Merakit PC Gaming Terbaik di bawah 5 juta 2017

0
17
Merakit-pc-gaming-dibawah-5-juta-cover
Beri Nilai untuk Artikel ini

Tertarik membangun sebuah PC gaming rakitan dengan anggaran di bawah 5 juta di tahun 2017 ini? Berikut akan Asaljeplak berikan spek lengkapnya.

Merakit PC Gaming dengan anggaran di bawah 5 juta

Pertama-tama perlu diperhatikan bahwa dalam dunia Hardware komputer, harga selalu berbanding lurus dengan kualitas. Tetapi tidak berarti bahwa kamu tidak bisa memaksimalkan anggaran tersebut untuk mendapatkan spek terbaik.

Perlu diketahui, bahwa dengan anggaran di bawah 5 juta tentunya kamu tidak bisa mengharapkan kualitas bermain yang maksimal, seperti misalnya memainkan game dengan settingan ultra high di layar 4K dsb, tetapi kamu sudah bisa berharap akan mendapatkan kualitas 1080p tanpa nge-lag.

Lalu bagaimana kombinasi hardware yang tepat? Berikut ini akan Asaljeplak berikan spek PC Gaming terbaik di bawah 5 juta.

 

Processor

Rekomendasi: Intel Pentium G4560

Merakit-pc-gaming-dibawah-5-juta-intel-Pentium-G4560

Dengan harga sekitar Rp800 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan processor Dual Core dengan Hyperthreaded, irit daya, cepat, dan juga merupakan salah satu generasi baru dari Intel (Kabylake).

Selama dikombinasikan dengan VGA card yang baik, maka processor ini sudah cukup mumpuni untuk memainkan game-game kasual maupun yang membutuhkan grafis yang tinggi. GTA V, Witcher 3, dan sejenisnya bisa kamu mainkan, dengan frame rate setara i3.

Processor ini juga memiliki 3,5MB Total cache, 4 core, 54 watt TDP, dan core clock 3,5GHz. Kekurangannya, processor ini terkunci sehingga tidak bisa kamu overclock.

 

Motherboard

Rekomendasi: Gigabyte – GA-H110M-Gaming 3

Merakit-pc-gaming-dibawah-5-juta-Gigabyte - GA-H110M-Gaming 3

Motherboard yang dipilih di sini hanya yang menggunakan socket 1151, menyesuaikan dengan processornya (Pentium G4560). Berdasarkan kategori tersebut, maka pilihan jatuh kepada Gigabyte GA-H110M-Gaming 3.

Dari sisi harga, semua motherboard untuk kategori socket 1151 rata-rata dijual di harga Rp 1 juta an, begitu pula dengan motherboard keluaran Gigabyte ini.

Dengan ukuran micro ATX, motherboard ini mampu disematkan 2 keping RAM / memory Dual Channel 2133 MHz hingga 32 GB DDR4 (total), dan juga memiliki audio onboard 7.1 HD channel, 1 slot PCIe x16, dan 2 slot PCIe x1.

Untuk port, motherboard ini memiliki port PS2 keyboard dan mouse, 1 port HDMI, 1 port Dsub, 2 port USB 3.0 dan 2 port USB 2.0, serta 4 port SATA 6 Gbit.

Untuk spek lengkapnya, kamu bisa kunjungi website Gigabyte Indonesia.

 

Memory/RAM

Rekomendasi: 4GB

Merakit-pc-gaming-dibawah-5-juta-Patriot-PVE44G213C4GY

Untuk Memory Asaljeplak tidak memiliki rekomendasi spesifik, yang perlu diperhatikan adalah mencari memory 4GB DDR4 yang telah menggunakan heat spreader cover, serta 2133 MHz (dengan asumsi menggunakan Motherboard di atas).

Harga yang termurah untuk spek tersebut adalah memory keluaran Patriotdengan kode produk Patriot-PVE44G213C4GY yang dijual dengan harga 400 ribu an.

4GB merupakan ukuran paling minimum untuk bisa menjalankan sebuah PC gaming yang cukup baik dengan anggaran terbatas, dan disarankan kamu untuk meng-upgrade nya apabila memiliki anggaran lebih.

BACA JUGA :  Cara menyembunyikan baris atau kolom pada Microsoft Excel

 

VGA Card

Rekomendasi: Radeon RX 460 4 GB

Merakit-pc-gaming-dibawah-5-juta-Gigabyte-radeon-rx-460-windforce-4GB
Gigabyte Raden RX 460 Windforce OC 4 GB

Untuk pemilihan VGA Card, seri AMD Radeon RX 460 sudah sangat cukup dalam memainkan game-game yang membutuhkan spek tinggi.

RX 460 sudah bisa memainkan game yang membutuhkan directX 12, juga memiliki kapasitas memory 4 GB DDR5 128 bit.

Harganya sendiri berkisar antara Rp 1,5 sampai Rp 2,5 juta, tergantung dari merk nya. Untuk Gigabyte Windforce seperti gambar di atas, harganya kurang lebih Rp 2juta.

 

Total Biaya Sementara

Sampai sini, mari kita hitung-hitung, total biaya hardware tersebut di atas berapa:

CPU + Motherboard + RAM + VGA = 800rb + 1jt + 400rb + 2 jt = Rp3,2 juta

Pada tahap selanjutnya, pilihan kamu bisa lebih fleksibel dan disesuaikan dengan anggaran, atau menggunakan hardware dari PC lama kamu selama kompatibel dengan perangkat yang lain yang tertera di atas.

Yang paling utama diperhatikan selanjutnya adalah pembelian Power Supply (PSU) yang baik untuk menjamin keawetan perangkat-perangkatmu (dengan asumsi listrik di rumah kamu stabil ya).

 

Power Supply (PSU)

Pada spek yang kita sebutkan di atas, dengan asumsi nantinya kamu hanya akan menggunakan 1 hard disk, maka kebutuhan PSU yang kamu butuhkan adalah sekitar 400 watt.

Merk yang direkomendasikan untuk Power Supply yang baik antara lain adalah ThermalTake, SilverStone, FSP, Corsair, dan EVGA. Harga berikisar antara 400ribu hingga 700ribu.

Perhatikan dimensi PSU apakah muat dengan casing PC milikmu.

 

Casing

Untuk casing, dengan asumsi kamu menggunakan spek motherboard di atas, maka kamu tidak membutuhkan Full tower Case, karena form factor mobo tersebut hanya micro ATX.

Untuk kenyamanan saat merakit, sebisa mungkin cari yang mode screwless (tanpa baut) dan juga telah memiliki jalur kabel serta kipas yang baik untuk pendinginan komponen hardware mu.

Jangan pernah menggunakan PSU bawaan dari Casing, terutama kalau casing yang kamu beli itu dari merk-merk yang tidak termasuk di dalam merk PSU yang direkomendasikan di atas.

Harga casing sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, jadi sesuaikanlah dengan anggaranmu.

 

Catatan

Untuk kebutuhan perangkat lain seperti cooling fan sangat perlu kamu lihat dari total anggaran pc gaming rakitan yang kamu punya, tetapi beberapa hal di atas yang telah disebutkan merupakan faktor-faktor yang utama untuk membangun PC gaming yang terbaik di bawah 5 juta.

 

 

Demikianlah artikel mengenai Merakit PC Gaming Terbaik di bawah 5 juta di tahun 2017, semoga artikel di atas bisa membantu kamu dalam membangun PC gaming idamanmu ya.

Beri Komentar