10 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Ponsel

10 Fakta Unik dan Menarik Mengenai Ponsel

Spread the love

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan 10 fakta unik dan menarik terkait dengan ponsel yang kita gunakan sehari-hari, mulai dari fakta secara umum hingga bahayanya bagi kita dan anak-anak.

Ponsel alias telepon seluler, merupakan salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, dan di era jamannow seperti sekarang ini, ponsel sudah berfungsi layaknya bagian dari tubuh kita sendiri.

Nah, pada video kali ini, Asaljeplak akan memberikan 10 fakta mengenai ponsel yang wajib untuk kamu ketahui, supaya pengetahuanmu terkait perangkat yang satu ini semakin bertambah.

  1. Ponsel yang kamu gunakan sekarang itu memiliki spek yang lebih tinggi dibandingkan roket Apollo 11 yang digunakan untuk pendaratan di bulan . Sebagai contoh perbandingan, iPhone 6 milik Apple dapat mengeksekusi instruksi 120 juta kali lebih cepat dibandingkan computer yang digunakan pada Apollo 11.
  2. Mobile phone pertama adalah Motorola Dyna TAC 8000X keluaran Motorola yang ditemukan pada tahun 1983 oleh Martin Copper, seorang karyawan senior dari perusahaan Motorola tersebut. Mobile phone ini hanya dapat menyimpan hingga 30 nomor kontak, memiliki berat 1,1 kg, dan waktu bicara selama 30 menit. Harga jual mobile phone ini pada saat pertama kali diluncurkan adalah $3,999 alias sekitar 55 juta rupiah!
  3. Sementara, Smartphone pertama adalah keluaran IBM yang diluncurkan pada tahun 16 agustus 1994, dan diberi nama “Simon Personal Communicator” dimana smartphone yang bagi ukuran jaman sekarang sudah tidak begitu “pintar” itu, sudah dilengkapi dengan fitur touchscreen, stylus, buku alamat, kalender, pembuat jadwal, kalkulator, jam, notes atau memo, dan fungsi dasar telepon serta email.
  4. Pada tahun 2012, Apple berhasil menjual ponsel iPhone nya sebanyak 340 ribu unit per HARI. Dimana apabila ditotal-total adalah sekitar 125 juta unit yang terjual di sepanjang tahun 2012. Selain iphone, produk Apple lainnya yang laris manis pada tahun tersebut adalah iPad, yang terjual sebanyak 58,3 juta unit, dan kemudian disusul dengan ipod yang terjual sebanyak 35,16 juta unit. Tetapi, apabila dilihat dari total penjualannya, saat ini sudah tersaingi oleh iPhone 6 dan 6 plus yang secara total sudah terjual sekitar 220 juta unit.
  5. Ponsel itu memiliki jumlah bakteri 18 kali lebih banyak dibandingkan toilet kamar mandi. Penelitian menunjukkan bahwa bakteri-bakteri seperti E.coli, MRSA, dan streptococcus banyak ditemukan pada sebuah smartphone. Meskipun cenderung tidak berbahaya, tapi tidak ada salahnya kalau kamu rajin-rajin membersihkan smartphone milikmu ya, dan juga, jangan sering-sering membawa smartphone saat sedang melakukan kegiatan di kamar mandi.
  6. 90% dari ponsel di Jepang memiliki fitur anti-air. Hal ini dikarenakan para penduduk, terutama anak muda, di Jepang sudah sangat kecanduan smartphone dan selalu membawanya kemana-mana, bahkan saat sedang mandi.
  7. Kalau kamu sering susah tidur, coba sekali-kali kamu “puasa” menggunakan smartphone. Karena, radiasi yang dipancarkan oleh layar smartphone dapat menyebabkan Insomnia dan sakit kepala, dan ada kemungkinan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker! Karenanya, usahakan kurangi penggunaan smartphone terutama saat mau tidur, dan jangan biasakan anak kamu atau anggota keluarga yang masih kecil untuk menggunakan smartphone ya.
  8. Apabila kamu sering gelisah saat tidak sedang memegang ponsel milikmu, atau saat sedang tidak ada sinyal, itu tandanya kamu menderita Nomofobia, yang berarti ketakutan atau kegelisahan yang muncul saat jauh dari smartphone ataupun saat tidak ada wifi atau paket data.
  9. Ponsel tersukses di sepanjang sejarah adalah Nokia 1100, dimana ponsel tersebut telah berhasil terjual sebanyak 250 juta unit, yang bahkan tidak bisa ditandingi oleh Nokia 3310. Ponsel ini diluncurkan pada tahun 2003 dan baru dicabut dari peredaran sekitar tahun 2009. Kesuksesan Nokia 1100 ini bahkan melampaui ponsel Nokia lainnya yang lebih terkenal, yaitu Nokia 3210 yang terjual sekitar 160 juta unit, dan Nokia 6600 yang terjual sekitar 150 juta unit.
  10. Smartphone Android saat ini dimiliki oleh sekitar 80% penduduk di dunia. Dimana pada data statistik terbaru pada akhir 2017 lalu, pengguna smartphone berbasis Android mencapai 87,7% dan sementara pengguna smartphone berbasis iOS hanya sekitar 12,1%. Bandingkan dengan tahun 2009 dimana pengguna Android hanya sekitar 2% dan pengguna iOS sebanyak 13%, sementara pemimpin pasar pada saat itu adalah Symbian dengan presentase pengguna sebanyak 51%.

Bagaimana pendapat kamu tentang daftar 10 fakta ponsel tersebut? Atau ada lagi yang kamu tahu tapi tidak termasuk di dalamnya? Silahkan Sampaikan di kolom komentar ya.

Dan kalau kamu menyukai video2 yang ada di channel Asaljeplak, jangan lupa like, subscribe, dan klik bel notifikasi untuk selalu update dengan video terbaru Asaljeplak ya, thank you for watching.

Tinggalkan Balasan