Menu Tutup

11 Fitur Terbaru dari Android 9

cara-install-android-p-beta
Spread the love

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan daftar fitur terbaru yang akan dimasukkan ke dalam Android 9 alias Android Pie untuk kamu ketahui.

Android seri 9 alias Android Pie yang rencananya baru akan diluncurkan beberapa waktu mendatang (secara resmi, untuk smartphone yang didukung), tetapi bocoran fitur-fitur terbaru nya sudah mulai bermunculan di media online.

Salah satunya yang akan Asaljeplak jadikan sumber referensi di sini adalah artikel dari Makeuseof.com yang terbit pada tanggal 14 Agustus lalu.

Apa saja sih fitur-fitur terbaru tersebut? Bagi kamu yang pensaran, kali ini Asaljeplak akan memberikan daftar fitur terbaru Android 9 alias Android Pie yang siapa tahu bisa meningkatkan ketertarikan kamu atas versi terbaru Android ini.

Navigasi sentuh/gerakan yang baru

Salah satu fitur baru yang disematkan ke dalam Android 9 adalah tambahan pada fitur navigasi gerak/sentuhan alias Gesture Navigation.

Dengan fitur baru ini, nantinya kamu akan bisa Back, Home, dan Recent hanya menggunakan sentuhan dan tanpa menggunakan tombol pada smartphone.

Navigasi sentuh baru yang bisa kamu lakukan nantinya adalah:

  • Ketuk tombol Beranda berbentuk pil baru untuk masuk ke Beranda.
  • Geser ke atas pada tombol Beranda untuk membuka tampilan Terbaru. Di sini, gerakkan ke kiri dan kanan untuk memeriksa daftar, dan geser ke atas untuk menghapus aplikasi terbaru. Tekan dan tahan ikon aplikasi untuk melihat opsi Split Screen. Anda bahkan dapat berinteraksi dengan aplikasi dalam tampilan ini untuk memilih dan menyalin teks.
  • Geser ke atas pada tombol Beranda dua kali untuk membuka App Drawer.
  • Geser ke kanan dan tahan pada Beranda untuk menggulir antar-aplikasi secara perlahan dan lepaskan untuk membuka yang di tengah.
  • Geser ke kanan dengan cepat dan lepaskan untuk beralih ke aplikasi sebelumnya.

Baterai dan Kecerahan Layar yang Adaptif

Pada Android 9 kali ini juga akan disematkan fitur berupa pengaturan baterai dan kecerahan layar yang adaptif, sehingga penggunaan Baterai milikmu akan tetap terjaga dan kecerahan layar juga akan otomatis diatur sesuai preferensi yang biasa kamu gunakan pada masing-masing aplikasi.

App Actions

Google Launcher sudah memprediksi aplikasi yang kemungkinan besar akan kamu gunakan berdasarkan waktu. Pada Android 9, fitur App Actions akan memungkinkan kamu untuk memulai tugas dengan cepat dengan memprediksi apa yang ingin kamu lakukan.

Misalnya, kamu mungkin akan melihat shortcut untuk memulai navigasi Google Maps saat bekerja di pagi hari. Di tempat kerja, kamu mungkin akan melihat App Actions untuk mengobrol dengan rekan kerja di Hangouts. Dan saat mencolokkan headphone, kamu akan melihat App Actions untuk playlist lagu milikmu.

Fitur Keamanan yang lebih Mutakhir

Pada Android 9 akan disematkan beragam fitur keamanan baru yang akan semakin memperkokoh pertahanan smartphone milikmu.

Dua fitur diantaranya adalah pada versi Android terbaru ini, akses ke mic, kamera,  dan semua sensor dari SensorManager yang digunakan oleh aplikasi tetapi tidak sedang kamu buka, akan dibatasi oleh OS Android.

Hal ini untuk mencegah suatu aplikasi secara diam-diam memakai fitur kamera atau mic mereka untuk merekam suara atau video dari kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Kedua, mode Lockdown baru akan membentengi ponsel milikmu dalam situasi darurat. Fitur ini akan muncul pada menu Daya/Power.

Saat fitur ini aktif, maka selanjutnya Lockdown akan langsung mengunci ponsel, menonaktifkan pembukaan kunci sidik jari dan Smart Lock, dan menyembunyikan notifikasi pada Lock Screen. Nantinya kamu bisa menggunakan PIN, kata sandi, atau pola untuk membukanya.

Menu Aksesibilitas Baru

Bagi kamu yang sering menggunakan fitur aksesibilitas, kali ini Android 9 akan memberikan fitur tambahan yang cukup berguna, yaitu fitur untuk memunculkan ikon shortcut untuk Volume, Recent apps, Quick Settings, dll pada saat diaktifkan.

Shortcut baru untuk Screenshot

Pengguna Android 9 tidak perlu lagi menekan tombol Power+Volume turun untuk mengambil Screenshot, melainkan cukup dengan menekan tombol Power saja, dan selanjutnya pada layar notifikasi kamu bisa memilih menu Edit untuk langusng mengedit hasil Screenshot.

Rotasi Layar yang dipermudah

Pada Android Pie, nantinya kamu akan melihat ikon baru di kanan bawah layar yang bisa digunakan untuk merotasi layar apabila fitur Auto Rotate kamu matikan.

Peningkatan fitur volume dan Audio

Pada Android Pie, kamu juga akan dapat mengatur volume audio dari suatu aplikasi dengan lebih mudah karena tombol volume tidak digunakan untuk mengubah volume dering lagi, melainkan volume media audio atau video.

Dark Mode

Fitur Dark Mode sudah ada sejak Android Ores, tetapi penggunaannya masih terbatas pada tema yang digunakan. Kalau pada Android Pie, kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut di segala tema dengan cara menyalakannya pada Pengaturan.

Kemudahan memilih teks

Bagi yang hobi copas tulisan atau teks, pada Android Pie akan disematkan tambahan kaca pembesar otomatis yang muncul pada saat kamu akan menyalin teks sehingga copas-an kamu akan lebih presisi.

Pengaturan Notifikasi yang lebih lengkap

Kesal dengan notifikasi dari suatu Apps yang mengganggu tetapi kamu tidak mau uninstall apps tersebut? Jangan khawatir, karena pada Android 9 akan disediakan menu pengaturan notifikasi yang lebih detail sehingga kamu bisa melihat aplikasi mana yang baru-baru ini mengirimkan notifikasi, dan aplikasi mana yang TERLALU SERING mengirimkan notifikasi sehingga bisa kamu matikan dengan segera apabila dirasa mengganggu.

Semoga informasi terkait 11 fitur terbaru Android 9 ini bermanfaat bagi kamu, dan jangan lupa untuk berlangganan Newsletter Asaljeplak untuk mendapatkan kiriman email pada saat ada artikel baru yang diterbitkan, dan juga subscribe ke channel Youtube milik Asaljeplak untuk mendapatkan tutorial dalam bentuk video dengan bahasa yang mudah dimengerti (mudah-mudahan) dan animasi yang juga mudah-mudahan menarik.

Posted in Android, Mobile

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan