Cara Backup Kontak pada Android

Untuk kamu yang sedang mencari tahu mengenai cara backup kontak pada Android, kali ini akan Asaljeplak jelaskan bagaimana caranya.
tutorial-android
Spread the love

Backup atau menyalin data yang telah ada dari satu lokasi penyimpanan ke lokasi penyimpanan lainnya atau dari device satu ke device lainnya.

Fungsinya adalah untuk membuat cadangan dari data-data kamu apabila data tersebut mengalami kerusakan, entah itu karena hilang maupun tidak sengaja terhapus. Fitur backup tentunya sangat berguna untuk mengamankan data kamu dari masalah yang mungkin terjadi.

Salah satu yang sering orang ingin selamatkan adalah nomor kontak pada telepon Anda. Ada baiknya memang kamu backup kontak pada Android kamu, untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada masalah pada smartphone kamu.

Apalagi kalau kamu suka berganti-ganti smartphone, tentunya repot kan kalau harus menyalin satu-satu semua kontak yang ada di smartpphone lama?

Asaljeplak akan mengulas tentang cara-cara backup kontak pada Android yang paling mudah. Yuk, simak semua langkah-langkah di bawah ini.

Backup Kontak ke Sim Card Kamu (Offline)

Backup kontak ke SIM card memang cara yang paling mudah untuk dilakukan. Namun, dikarenakan kapasitas kartu SIM kamu yang terbatas, tidak semua kontak bisa kamu simpan di SIM card. Biasanya kapasitas SIM card hanya maksimal 100 nomor saja.

Kamu bisa backup nomor-nomor yang penting saja ke dalam SIm card. Hal ini memudahkan kamu apabila suatu saat ternyata smartphone kamu rusak, dan kamu tidak bisa menemukan pinjaman handphone yang mendukung teknologi internet. Dengan adanya beberapa nomor penting di SIM card, kamu tetap bisa menghubungi orang-orang yang dirasa penting dengan menggunakan jenis handphone apapun.

Cara menyalin kontak ke SIM card adalah sebagai berikut:

  1. Buka kontak di smartphone Android kamu.
  2. Pilih Import/Export untuk melakukan backup.
  3. Pilih Export to SIM1/SIM2 card, lalu kamu tinggal pilih siapa saja kontak-kontak yang ingin kamu simpan ke SIM card.
  4. Tunggu proses backup selesai.

Backup Kontak ke Sinkronisasi Gmail (Online)

Cara menyalin kontak dengan cara menyingkronkan data kamu ke Gmail adalah salah satu cara yang mudah juga. Walaupun kamu berganti smartphone baru, asalkan tetap login dengan menggunakan akun yang sama, semua kontak yang ter-sync di akun Gmail kamu akan bisa kamu salin ke smartphone yang baru. Asaljeplak akan memberi tahukan caranya.

  1. Buka Kontak di smartphone Android kamu.
  2. Kemudian masuk ke menu Settings pada Kontak.
  3. Selanjutnya kamu tinggal pilih Sync contacts atau Sinkronisasi Kontak, dan pilih Google atau Gmail.
  4. Masukan alamat email Anda kemudian tekan tombol Sync now atau Sinkronisasi sekarang.
  5. Tunggu hingga proses backup selesai.

Beberapa cara backup kontak pada Android di atas sangatlah sederhana untuk kamu lakukan. Usahakan untuk membackup kontak-kontak penting kamu secara berkala, untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Semoga cara-cara di atas bermanfaat. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.487 hit