Cara Menggunakan NFC pada Android

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan panduan mengenai cara menggunakan NFC pada Android milikmu.
cara-menggunakan-nfc-pada-android
Spread the love

Apa sih NFC itu? Lalu bagaimana sih cara menggunakannya? Kebanyakan dari kamu mungkin sering melihat fitur ini muncul di beberapa smartphone Android. Tapi apa kamu sudah mengerti cara menggunakanya?

NFC  sendiri adalah singkatan dari Near Field Communication, atau yang berarti juga “komunikasi jarak dekat”. Sesuai dengan artinya ini, bila ada dua perangkat yang sama-sama memiliki teknologi NFC akan dapat saling berkomunikasi jika keduanya saling berdekatan.

Teknologi NFC sebenarnya bukan teknologi baru. NFC sudah mulai tersemat pada smartphone atau tablet android sejak Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Dengan teknologi NFC,  smartphone/tablet Android dapat saling bertukar data seperti foto-audio-video-atau file lainnya dengan mudah.

Cara mengetahui ada tidaknya NFC

Anda punya smartphone terbaru? Tidak semua smartphone dilengkapi dengan teknologi NFC. Untuk memastikan apakah smartphone kamu memiliki fitur NFC, Asaljeplak akan menjelaskan bagaimana cara mengeceknya.

Cara Pertama yang mudah

Pertama, buka menu “Settings”. Lalu pada bagian “Wireless & Network”, pilih “More”. Geser layar smartphone kamu ke bawah dan perhatikan apakah ada pilihan NFC disana. Jika smartphone kamu memiliki fitur NFC, maka NFC akan ada disini.

Cara Kedua yang jauh lebih mudah

Biasanya beberapa produsen smartphone akan menyematkan logo NFC pada bagian belakang casing smartphone besutannya. Logo NFC ini selain menandakan tersedianya teknologi ini di smartphone kamu, juga sebagai tanda dimana letak sebenarnya hardware ini berada.

Cara menggunakan NFC

Untuk dapat melakukan transfer data antar dua smartphone dengan menggunakan NFC, berikut ini Asaljeplak akan menjelaskan syaratnya:

  1. Harus sama-sama dilengkapi dengan teknologi NFC.
  2. Kedua smartphone tersebut harus berada dalam jarak yang dekat. Diajurkan berada dalam jarak sekitar 10 cm.
  3. Tidak dalam posisi Sleep atau Locked
  4. NFC harus aktif

Setelah memenuhi semua syarat di atas, untuk melakukan transfer file dari smartphone kamu, ikuti langkah mudah sebagai berikut:

  1. Pilih file yang akan kamu kirim dari smartphone kamu
  2. Dekatkan ke dua smartphone dengan posisi saling membelakangi
  3. Tunggu sampai terdengar nada atau konfirmasi ke dua smartphone telah saling mendeteksi
  4. Setalah itu pada layar smartphone kamu akan muncul popup “Touch to Beam” yang menandakan proses pengiriman data akan segera dilakukan.
  5. Tunggu hingga proses selesai, jangan jauhkan kedua smartphone sebelum proses transfer selesai.
  6. Jika sudah selesai, maka akan terdengar nada konfirmasi dan popup yang memberitahukan bahwa transfer file berhasil.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? NFC bisa juga  kamu gunakan untuk menyambungkan smartphone kamu dengan beberapa perangkat audio seperti wireless earphone atau speaker. Jadi, jangan sampai fitur ini tidak kamu gunakan secara maksimal ya.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar