Cara Print Dokumen Menggunakan Android

Kali ini Asaljeplak akan membagikan cara print dokumen menggunakan androiduntuk mempermudah pekerjaanmu.
tutorial-android
Spread the love

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, smartphone tidak hanya digunakan untuk telpon dan berseluncur di internet saja. Kamu bisa juga memanfaatkan smartphone android kamu untuk menunjang pekerjaan kamu. Kali ini Asaljeplak akan membagikan cara print dokumen menggunakan android.

Smartphone Android kini juga dapat mendukung kebutuhan kamu dalam mencetak file. Baik file yang berupa dokumen ataupun foto. Hal ini karena smartphone Android yang sudah kekinian memiliki fitur Cloud Print yang bisa kamu hubungkan langsung ke printer.

Cara yang sederhana dan menghemat waktu karena kamu tentunya tidak harus menyalakan PC dalam proses mencetak. Selain menggunakan Cloud Print, beberapa aplikasi lain juga bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah aplikasi PrinterShare Premium.

Cara menggunakan aplikasi printing langsung dari Android

Aplikasi ini adalah aplikasi gratis untuk kebutuhan printing kamu dengan menggunakan smartphone ataupun tablet Android. FIle-file seperti Ms Office, PDF, atau halaman web, dan lainnya bisa langsung kamu cetak dengan menggunakan aplikasi ini. Berikut Asaljeplak akan menjelaskan cara mudah print dokumen menggunakan Android.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja kamu harus mengunduh aplikasinya lebih dulu. Aplikasi PrinterShare Premium dapat didapat gratis dari Play Store. Mengunduh aplikasi ini akan menguntungkan kamu karena aplikasinya telah support dengan ribuan tipe printer dan aneka merek yang banyak digunakan di Indonesia.

Untuk mengkoneksikan smartphone ke printer kamu bisa manfaatkan beberapa pilihan. Mulai dari kabel USB, Bluetooth, atau dengan menggunakan koneksi Wifi. Bila printer yang kamu gunakan belum ada koneksi wirelessnya maka kamu bisa menggunakan kabel USB. Kamu cukup menghubungkan smartphone  Android kamu ke printer menggunakan kabel USB.

Bila printer kamu sudah punya fitur wi-fi, kamu hanya perlu melakukan pairing antara smartphone kamu dengan printer. Yang harus kamu lakukan adalah buka aplikasi PrinterShare. Selanjutnya pilih Printer Select pada bagian pojok kanan bawah aplikasi. Kemudian kamu cukup pilih Nearby Wi-Fi, tunggu proses scaning printernya selesai, dan kamu tinggal plih printer yang akan digunakan.

Setelahnya kamu bisa memilih file dokume yang akan kamu cetak. Setelah selesai kamu Print Preview sebelum mulai cetak, kamu bisa langsung klik option untuk mengatur ulang ukuran kertas dan pilihan lain. Lalu pilih Print, dan tunggu saja sampai proses cetak selesai.

Cara yang sangat simpel dan mudah bukan? Cara print dokumen menggunakan Android ini akan mempermudah kamu saat harus mencetak sesuatu tanpa harus membuka komputer lagi. Dengan printer yang sudah memiliki fitur Wi-Fi tentunya proses cetak mencetak menjadi sangat mudah. Beberapa merk printer seperti Epson, Canon, Brother, atau Samsung yang model terbaru sudah dilengkapi dengan fitur wi-fi. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.487 hit