Cara Termudah Memindahkan data antar Ponsel Android

Memiliki smartphone anyar tentunya bisa bikin kamu lebih bahagia. Apalagi kalau kamu sudah mengidam-idamkan smartphone tersebut sejak lama.

Tapi dibalik kesenangan kamu, ada masalah yang akan kamu hadapi bila ganti smartphone baru. Bagaimana ya cara memindahkan data antar ponsel Android, agar smartphone terbaru kamu bisa terisi data-data dari smartphone lawas kamu.

Kamu tidak perlu bingung, ada kok cara yang mudah untuk kamu memindahkan data antar ponsel Andoid yang bisa kamu aplikasikan pada smartphone baru kamu. Asaljeplak akan menjelaskannya satu persatu untuk kamu.

Menggunakan fasilitas Google Drive

Tahukah kamu, dalam setiap akun Android, Google ternyata menyediakan 15 GB cloud storage gratis. Cloud ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan data yang kamu inginkan, mulai dari foto, dokumen, sampai videopun bisa kamu simpan pada Google Drive. Dengan layanan Google Drive, tentunya bukan masalah yang rumit bagi kamu untuk memindahkan data lama smartphone kamu, bukan?

Kamu bisa mengambil kembali data-data yang telah kamu simpan di Google Drive untuk kamu simpan di memori smartphone terbaru kamu. Untuk menyimpan foto, kamu bisa jug menggunakan Google Photo. Dan Google Music bisa kamu gunakan untuk mem-backup semua musik yang ada di smartphone kamu secara otomatis.

Menggunakan aplikasi bawaan manufaktur

Apakah kamu mengganti smartphone kamu dengan smartphone dari manufaktur yang sama? Kalau begitu kamu tidak perlu terlalu risau akan kesulitan memindahkan data-data dari smartphone lama ke smartphone baru kamu.

Samsung dan LG, serta beberapa produsen smartphone lain, sudah menyiapkan fasilitas untuk kamu melakukan migrasi data ke smartphone yang baru. Misalkan untuk Samsung, kamu akan mengenal Samsung Smart Switch yang akan mempermudah kamu untuk transfer data ke smartphone baru kamu dengan cepat dan mudah.

Atau untuk para pengguna setia LG, LG menawarkan LG Mobile Switch yang juga menawarkan layanan untuk mentransfer data dari smartphone LG lama kamu ke LG kamu yang baru. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang ada, dan kamu dapat dengan mudah memilih data mana saja yang mau kamu trasnfer.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan kemudahan untuk transfer data smartphone lama ke smartphone baru kamu. Kamu bisa memilih salah satunya melalui Play Store.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih antara lain, Copy-My-Data, Send-Anywhere, Clone It, Share It dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi ini akan membantu kamu dalam menghubungkan kedua smartphone kamu, dan memindahkan data-data dari satu smartphone ke smartphone yang lainnya. Kamu akan diminta untuk mempairing kedua smartphone tersebut, dan kamu bisa pilih data mana yang ingin kamu pindahkan. Tentunya bila kedua smartphone kamu ini berbeda merk, aplikasi-aplikasi pihak ketiga ini tentunya akan sangat membantu.

Dengan perkembangan teknologi Android saat ini, semua bisa terasa mudah dilakukan. Selamat mencoba semoga artikel dari Asalieplak ini bisa membantu kamu.

BACA JUGA  Panduan Lengkap Merawat Baterai HP Android

Read Previous

Sejarah Kerajaan Kalingga di Indonesia

Read Next

Cara Menyimpan Video Tik Tok di Android

Tinggalkan Balasan