Cara Unroot Android 2018

Berikut ini akan Asaljeplak berikan cara unroot Android di tahun 2018 ini yang bisa kamu coba untuk mengembalikan ponsel ke kondisi semula.
tutorial-android
Spread the love

Kamu dan sebagian besar pengguna smartphone Android pasti telah cukup familiar dengan istilah root. Root adalah kondisi dimana kamu bisa memperoleh akses tertinggi terhadap semua bagian dalam Android kamu.

Ketika smartphone android kamu sudah di root, kamu bisa melakukan berbagai macam hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan sebelumnya.

Misalnya adalah menghapus beberapa aplikasi sistem bawaan, memblokir iklan-iklan yang muncul di aplikasi-aplikasi gratis, sampai melakukan tweak dan masih banyak lagi.

Tapi adakalanya pengguna Android yang sudah di root ingin agar smartphonenya tidak lagi dalam kondisi root. Proses untuk mengembalikan posisi root inilah yang disebut dengan istilah unroot.

Beberapa alasan kenapa kamu harus meng-unroot smartphone android kamu adalah:

  • Ingin kembali ke pengaturan awal pabrik
  • Terjadi error karena proses root yang kurang sempurna
  • Adanya aplikasi andalan kamu yang mungkin tidak bisa digunakan setelah root
  • Ingin melakukan update OS Android terbaru
  • Ingin menjual smartphone kamu

Cara Unroot Smartphone Android Semua Tipe

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan unroot pada smartphone android. Asaljeplak akan menjelaskan beberapa diantaranya yang tidak memerlukan bantuan PC.

1. Cara Unroot Android Menggunakan Aplikasi SuperSU

Untuk meng-unroot smartphone menggunakan aplikasi SuperSU caranya sangatlah mudah. Pertama kamu harus download aplikasi SuperSU terlebih dahulu dari Google Play Store. Aplikasi ini gratis, kok.

Jika sudah terinstall, buka aplikasinya lalu masuk ke dalam menu “Settings”. Seteleh itu geser layar ke bawah sampai kamu menemukan pilihan “Full Unroot”, sentuh pilihan tersebut.

Tunggu beberapa saat hingga proses unroot smartphone android kamu selesai. Jika unroot berhasil, smartphone kamu akan restart dengan sendirinya.

2. Cara Unroot Android Menggunakan Universal Androot

Terkadang tidak semua tipe smartphone bisa berhasil di unroot dengan menggunakan SuperSU. Bila kamu termasuk yang tidak berhasil, kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang bernama Universal Androot.

Universal Androot salah satu aplikasi yang populer. Para pengguna Android biasa menggunakan aplikasi ini untuk meng-root smartphone tanpa menggunakan PC. Dengan satu kali klik, smartphone kamu akan di root dengan mudah. Ternyata selain digunakan untuk root, Universal Androot juga bisa digunakan untuk proses unroot smartphone dengan cara yang sangat mudah.

Buka aplikasi Universal Androot yang sudah terinstal di smartphone kamu, kemudian pilih opsi “UnRoot”. Kemudian kamu tinggal tunggu beberapa saat sampai proses unroot selesai dilakukan.

3. Cara Unroot Android Dengan Aplikasi KingRoot

Cara unroot android dengan aplikasi KingRoot juga terbilang sangat mudah. Setelah aplikasi ini terinstal, kamu cukup masuk kedalam menu Setting, lalu pilih Uninstall KingRoot. Nantinya akan muncul jendela kecil yang bertuliskan “Remove Root Permission”, dan kamu tinggal menyentuh pilihan “Clear”.

Tunggu sesaat sampai proses unroot selesai. Bila smartphone kamu restart sendiri, maka tandanya proses unroot telah sempurna dilakukan.

Ketiga aplikasi tadi tentunya akan mampu mengembalikan posisi smartphone kamu kembali ke saat sebelum kamu root. Semoga cara ini dapat membantu kamu. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.574 hit