Hati-Hati! Ini 5 Penyebab Handphone Ada Jamurnya

penyebab-handphone-jamuran

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Apakah handphone mulai muncul bintik-bintik putih yang nggak hilang walaupun kamu bersihkan dengan tisu atau kain? Itu pertanda hp kamu sudah jamuran.

Kini sudah saatnya untuk membersihkan semua jamur dan cara mudah hilangkan jamur pada hp bisa dilihat di Tedas.id.

Nah, kalau berbicara soal jamur akan lebih baik mencegahnya daripada mengatasinya. Karena sebagian besar jamur akan menimbulkan bekas dan membuat tampilan hp kamu jadi jelek. Belum lagi buat kamu yang sering tukar tambah hp, adanya jamur akan menurunkan nilai jual.

Apa sih sebenarnya penyebab hp kamu jamuran? Daripada kamu penasaran, yuk cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di sini.

5 Penyebab Handphone Berjamur

Cara menghilangkan jamur tidak bisa hanya menggunakan kain kering atau tisu saja. Kamu harus menggunakan bahan pembersih tambahan seperti minyak kayu putih, handsanitizer atau pasta gigi. Semua bahan-bahan ini bisa ditemukan di rumah jadi sangat praktis.

Langkah-langkah membersihkannya bisa menggunakan kapas yang diberikan bahan tersebut. Kemudian gosok perlahan pada casing hp hingga jamur menghilang. Hindari menggunakan benda-benda tajam atau menggosoknya dengan kuku karena akan menimbulkan goresan.

Proses pembersihan ini harus dilakukan berulang, karena terkadang ada jamur yang cukup sulit dihilangkan jadi tidak cukup sekali saja. Cara paling tepat adalah dengan mencegah timbulnya jamur. Berikut ini beberapa penyebab yang harus diwaspadai.

1. Case pelindung hp

Kamu harus berhati-hati dengan case pelindung atau silikon yang digunakan untuk menutup casing hp. Banyak yang tidak menyadari tapi jamur sangat cepat tumbuh di bawah case silikon ini.

BACA JUGA  Daftar Harga Laptop Lenovo Terbaru 2019

Alasannya karena kotoran dan kelembaban terjebak di antaranya. Sehingga mempercepat pertumbuhan jamur pada permukaan casing hp. Hasilnya bintik-bintik putih timbul dan sangat mengganggu.

2. Terlalu lama disimpan dalam tas

Apakah kamu sering melakukan perjalanan jauh dan menyimpan hp di dalam tas dalam jangka waktu lama? Apalagi jika hp diletakkan di tas yang lembab atau bercampur dengan botol berisi cairan seperti minyak wangi.

Hp akan rentan terkena cairan apalagi jika tumpah maka akan membuat jamur tumbuh. Bahayanya cairan juga bisa menimbulkan kerusakan pada layar smartphone karena akan menyerap cairan dengan cepat.

3. Tidak pernah dibersihkan

Banyak sekali yang malas untuk membersihkan casing hp bahkan pada bagian speaker. Padahal debu adalah penyebab utama jamur akan tumbuh pada bagian tersebut. Debu akan menutup bagian lubang speaker serta membuat kelembaban di permukaannya.

Ketika jamur belum tumbuh akan lebih baik jika rutin membersihkan casing walaupun hanya menggunakan kain atau tisu kering. Dengan begitu debu akan hilang dan permukaan casing bebas kotoran. Untuk bagian speaker bisa dibersihkan menggunakan sikat gigi.

4. Membersihkan dengan kain basah

Suatu hal yang salah ketika ingin membersihkan casing hp tapi justru menggunakan kain basah atau tisu basah. Apalagi membiarkannya kering dengan sendirinya karena kelembaban akan menyerap pada casing.

Jamur akan segera tumbuh dengan cepat, bahkan ketika hp tidak menggunakan case penutup dari plastik. Akan lebih baik jika kamu selesai membersihkan dengan tisu basah lalu mengelapnya dengan kain kering.

Ada satu tips ketika hp terlanjur terkena cairan atau basah pada bagian luarnya. Membersihkan dengan kain saja tidak cukup untuk menghilangkan cairan pada permukaan hp. Ketika basah dan sudah di lap dengan kain kering kamu bisa membiarkan ponsel selama sehari.

BACA JUGA  Cara Menggunakan Whatsapp pada Dua Perangkat

Biarkan hp kering dan diangin-anginkan tanpa menambahkan case penutup apapun. Supaya tidak tergores kamu bisa menggunakannya dengan hati-hati. Inilah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur di hp.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB