Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M20

Berikut ini adalah artikel mengenai Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy M20 yang diharapkan dapat dijadikan pertimbangan sebelum membelinya.
Spread the love

Berikut ini adalah artikel mengenai Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy M20 untuk kamu ketahui yang diharapkan dapat dijadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Bagi kamu yang penasaran dengan salah satu ponsel Samsung terbaru yang (hingga saat ini), satu-satunya yang memiliki notch alias poni, berikut ini Asaljeplak akan jelaskan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Sebagai pemimpin pasar ponsel, Samsung sangat jarang sekali mengikuti tren yang dibuat oleh Apple ataupun para produsen ponsel asal Tiongkok.

Namun sepertinya kesuksesan Huawei dan Xiaomi dalam menyasar konsumen bawah cukup membuat Samsung ketar-ketir, hingga akhirnya meluncurkan produk ponsel yang sangat ramah di kantong untuk ukuran Samsung, dengan desain berponi yang sedang naik daun saat ini.

Mereka pun akhirnya meluncurkan Samsung M20, yang bisa dibilang merupakan ponsel Samsung yang menyasar kelas low-entry namun tetap memiliki kualitas.

Tetapi ponsel ini bukan berarti tidak memiliki kekurangan, dan pada artikel kali ini Asaljeplak akan berikan apa saja plus minus dari ponsel unik Samsung tersebut, seperti yang disadur dari situs carisinyal.com.

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

Chipset: Exynos 7904 Octa (14 nm)

RAM & Memori: 3 GB & 32 GB

Kamera: Dual 13 MP + 5 MP

Kisaran Harga: Rp 2.799.000

Kelebihan Samsung Galaxy M20

Pertama-tama, kita akan lihat terlebih dahulu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel yang satu ini/

Layar Berponi / Notch

Asaljeplak sedikit kaget ketika tahu bahwa ponsel Samsung M20 ini mengusung layar  dengan bezel tipis berponi alias menggunakan notch. Ya, akhirnya, Samsung juga punya ponsel dengan notch berbentuk water drop atau tetesan air ala ponsel keluaran Oppo dan juga Vivo.

Samsung M20 ini memiliki layar besar berukuran 6.3 inci dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 piksel dan rasio layar 19:9. Panel PLS TFT, yang merupakan panel sejenis IPS LCD keluaran Samsung sendiri. Menurut David dari GadgetIn, layar dari ponsel ini kualitasnya serupa dengan panel IPS LCD yang digunakan pada ponsel Redmi Note 7.

Layar ponsel ini juga sudah dilapisi pelindung Asahi Dragontrail, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan goresan-goresan yang dapat merusak tampilan layar itu sendiri.

Nah, dengan layar berponi khas ponsel-ponsel zaman now yang luas dan juga jernih, tentu kamu akan dapat menikmati kenyamanan ekstra saat memainkan game favorit atau nonton video lewat YouTube.

Kinerja yang Baik

Ponsel Samsung M20 ditenagai chipset Exynos 7904 octa, yang menurut GadgetIn kemampuannya setara dengan chipset Snapdragon 636 besutan Qualcomm.

Artinya, ponsel ini dapat menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Apalagi kalau kamu menggunakannya hanya untuk sekadar aktif di media sosial atau streaming video. Nah, kalau kamu pencinta game populer PUBG, kamu wajib tahu, nih, kalau ponsel ini mampu menjalankan game favorit kamu dengan baik.

Yup, berdasarkan pengalaman dari GadgetIn, ponsel yang memperoleh skor AnTuTu dengan kisaran angka 100 ribuan ini mampu menjalankan game Player’s Unknown Battlegrounds dengan pengaturan grafis medium. Nah, gimana, kamu tertarik?

Baterai Awet

Kalau ditanya, berapa besar kapasitas baterai ponsel Samsung M20 dengan harga dua jutaan ini, jawabannya mungkin akan membuat kamu terkejut. Yes, ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar, hmmm… sebenarnya, sangat besar untuk ukuran ponsel di kelas entry level, yakni 5000 mAh.

Berdasarkan pengalaman dari GadgetGaul, baterai dari Samsung Galaxy M20 ini memiliki daya tahan yang sangat bagus dan tentu saja, kamu tidak perlu sering-sering mengisi daya baterai ponsel ini karena baterainya bisa tahan seharian.

ponsel Samsung M20 ini bahkan sudah didukung dengan teknologi fast charging, sehingga kamu hanya memerlukan waktu sekitar  sekitar 2 jam saja untuk mengisi baterainya hingga penuh. GadgetGaul juga menyampaikan, waktu pengisian daya selama 2 jam ini tergolong cepat untuk sebuah ponsel yang sudah didukung baterai berkapasitas besar.

Kualitas Kamera Cukup

Selain tiga keunggulan di atas, ponsel Samsung M20 ini juga bisa dibilang unggul di sektor kameranya. Samsung membekali ponsel ini dengan dua lensa utama 13 MP dan 5 MP lensa wide angle. Sementara untuk kamera selfie-nya, Samsung Galaxy M20 dibekali lensa 8 MP.

DroidLime menyebutkan, hasil jepretan dari kamera utama 13 MP milik Samsung Galaxy M20 ini memiliki detail dan dynamic range yang bagus, jika foto diambil dalam kondisi pencahayaan yang memadai. Lensa wide angle-nya juga mampu menghasilkan foto yang bagus.

Nah, bagaimana dengan kamera selfie-nya? Berdasarkan hasil foto yang diambil oleh DroidLime, terlihat tidak ada masalah dan fotonya terlihat bagus. Namun, menurut DroidLime, serupa dengan kamera utamanya, jika foto diambil dalam keadaan minim cahaya, hasilnya akan kurang bagus.

Menurut pendapat pribadi Asaljeplak sendiri, sih, total ketiga lensa kamera yang dimiliki oleh ponsel ini sudah cukup untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Oh ya, buat kamu yang penasaran dengan hasil jepretan dari kamera ponsel Samsung Galaxy M20 ini, berikut Asaljeplak sertakan foto-fotonya.

USB Tipe-C

Perlu kamu ketahui, Samsung M20 ini adalah ponsel yang dipasarkan dengan harga terjangkau, namun sudah menggunakan port USB bertipe-C yang banyak digunakan pada ponsel-ponsel flagship dengan banderol harga yang tinggi.

USB tipe-C ini adalah port USB generasi terbaru yang mampu mentransfer data dari perangkat dengan lebih cepat dari biasanya. Adanya port USB tipe-C ini juga dapat membantu pengisian daya baterai lebih cepat pula. Hmmmm, dua jempol, deh buat Samsung!

Slot SIM Card bukan Hybrid

Samsung M20 hanya dibekali dengan memori internal sebesar 32 GB saja. Tentu, memori internal sebesar itu terasa kurang untuk pemakaian saat ini. Namun, Samsung juga berbaik hati karena sudah menyertakan dedicated slot, sehingga kamu dapat menambahkan kartu SD tanpa perlu mengorbankan satu SIM Card yang kamu punya.

Jack 3.5 mm Tersedia

Selain dilengkapi dengan port USB tipe-C dan dedicated slot, Samsung M20 ini juga dilengkapi dengan audio jack berukuran 3.5 mm yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik dengan nyaman. Meski ponsel Samsung Galaxy M20 ini sudah mengusung port USB generasi terbaru, kamu tidak perlu repot untuk menggunakan konektor ke USB tipe-C karena audio jack berukuran 3.5 mm masih tersedia.

Kekurangan Samsung Galaxy M20

Setelah membahas kelebihan-kelebihannya, berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy M20 untuk kamu jadikan pertimbangan terlebih dahulu sebelum membelinya.

Tidak Anti Air dan Debu

Beberapa ponsel keluaran vendor asal Korea Selatan ini memang terkenal memiliki ketahanan terhadap air maupun debu. Sayangnya, kamu tidak bisa menikmati fitur tersebut di ponsel Samsung M20, karena ponsel ini tidak mengantongi sertifikasi IP seperti ponsel-ponsel flagship Samsung yang tentu saja dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi.

Tidak Ada NFC

Selain tidak memiliki ketahanan terhadap air dan juga debu, ponsel Samsung M20 ini juga tidak didukung dengan teknologi Near Field Communication atau NFC. NFC dapat ‘menyulap’ sebuah ponsel menjadi alat transaksi yang mampu menggantikan uang tunai. Biasanya, teknologi ini juga ditemukan pada ponsel-ponsel flagship dari Samsung.

Bodi Plastik

Satu kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung M20 adalah kover belakangnya yang masih menggunakan bahan polikarbonat alias plastik.

Memang, Samsung sudah mengikuti standar ponsel kekinian dengan menyertakan notch alias poni berbentuk water drop pada layarnya. Namun, sayang tampilan yang elegan nan mewah tersebut tidak nampak di bagian bodi belakangnya. Seperti yang kita ketahui, bodi berbahan plastik biasanya rentan terhadap bekas sidik jari sehingga membuat tampilan ponsel terkesan kotor.

Kover belakang dari ponsel Samsung M20 ini juga tidak dibuat reflektif seolah menggunakan kaca, sehingga bagi sebagian orang, hal tersebut mungkin mengurangi kesan premiumnya. Namun, semuanya kembali lagi kepada selera masing-masing, ya.

Kesimpulan

Kalau kamu menginginkan ponsel Samsung di kisaran harga dua jutaan yang punya kamera cukup mumpuni dengan hasil foto yang tidak mengecewakan, kamu dapat memilih ponsel ini. Selain itu, kalau kamu juga membutuhkan ponsel Samsung yang harganya terjangkau dengan performa cukup untuk memainkan game populer sejuta umat, PUBG, kamu juga bisa mengandalkan ponsel ini.

Namun, bila kamu membutuhkan ponsel Samsung yang tahan air, sudah support NFC dan memiliki bodi berbahan yang lebih kuat ketimbang plastik, kamu dapat memilih salah satu dari rentetan flagship Samsung, seperti Samsung Galaxy Note 9 atau Samsung Galaxy S9. Tapi jangan lupa, siapkan budget lebih, ya.

Demikianlan beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Samsung Galaxy M20 untuk kamu ketahui dan pertimbangkan sebelum membelinya, semoga artikel ini dapat membantu ya.

Sumber artikel

Baca juga artikel lainnya:

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.732.503 hit