Panduan Lengkap Memperbaiki Speaker iPhone

Panduan Lengkap Memperbaiki Speaker iPhone

Spread the love

Berikut ini akan Asaljeplak berikan cara memperbaiki speaker iPhone milikmu yang bermasalah sehinga bisa kamu gunakan kembali.

Speaker merupakan komponen yang krusial pada semua perangkat ponsel, baik itu yang berbasis Android maupun iPhone.

Tentunya begitu speaker rusah, maka kehidupan kita pun akan menjadi lebih sepi dan hampa (hayah). Ini terutama bagi para pengguna iPhone, yang sudah beli hape mahal tetapi tidak bisa mendengarkan musik kesayangan.

Eits, jangan khawatir, karena kali ini akan Asaljeplak berikan panduan mengenai cara memperbaiki speaker iPhone yang bermasalah, yang akan diawali dengan PPPSI alias Pertolongan Pertama pada Speaker iPhone.

Pastikan speaker menyala

Untuk PPPSI tingkat pertama, yang harus kamu lakukan adalah memastikan speaker menyala dan bukannya rusak.

Caranya adalah kamu bisa pergi ke menu Pengaturan>Suara atau bahasa kerennya Settings > Sounds dan pastikan pilihan Ganti dengan tombol atau Change with Buttons berada pada posisi ON. Ini untuk memastikan settingan untuk tombol volume sudah benar.

Selanjutnya, coba naik-turunkan volume pada tombol di samping iPhone milikmu, dan coba naikkan hingga maksimum.

Nanti kamu akan melihat apakah yang aktif adalah Ringer atau Headphone. Kalau yang aktif adalah yang kedua dan bukan yang pertama sementara headphone tidak tercolok, ini berarti ada masalah pada jack Headphone milikmu.

Untuk PPPSI selanjutnya, dan kalau yang aktif adalah Ringer, pergi ke menu (jangan ke pasar) Ringer And Alerts alias Dering dan Peringatan dan kemudian geser sliderke kanan atau kiri atau atas atau bawah beberapa kali.

Kalau masih terdengar bunyi iu pertanda speaker kamu masih tidak ada masalah. Tetapi kalau kamu tidak mendengar suara apa-apa, mohon maaf tapi iPhone kamu sudah perlu diservis.

Membersihkan Jack Headphone

Ini khusus kamu yang pada PPPSI pertama saat tombol volume dinaikkan yang muncul adalah tulisan Headphone.

Untuk PPPSI yang satu ini, cobalah bersihkan jack headphone dengan cotton bud yang masih halus kapasnya bukan yang bekas terpakai. Selain itu, coba tiup lubang atau jack tersebut untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang menempel di dalamnya.

Apabila dengan metode ini masih belum bisa memperbaiki speaker, berarti (lagi2) mohon maaf, itu tandanya iPhone kamu perlu diservis.

PPPSI Lainnya

Untuk beberapa metode pertolongan pertama pada speaker iPhone lainnya yang bisa kamu coba antara lain:

  1. Pastikan tidak sedang terkoneksi headset Bluetooth,
  2. Pastikan tidak sedang dalam mode Sunyi atau Silient,
  3. Pastikan iOS up-to-date
  4. Cobalah soft restart
  5. Coba ubah Call Audio Routing dari Otomatis ke Speaker
  6. Pastikan yang kamu pakai adalah iPhone bukan Android (nanti nggak nyambung dong tips nya)

Untuk soft restart tersebut, kalau kamu menggunakan iPhone 7 ke bawah, caranya adalah dengan menekan tombol Home dan Power bersamaan selama 10 detik.

Lalu kalau iPhone milik kamu adalah iPhone 8 ke atas (ciee), caranya adalah dengan menekan tombol volume atas, kemudian tekan tombol volume bawah dengan cepat (berurutan ya bukan bersamaan), kemudian tekan dan tahan tombol Power hingga logo Apple muncul.

Sementara untuk mengatur Audio Routing, pergi ke menu Settings>General>Accessibility> Call Audio Routing untuk mengganti setelan.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker iPhone

Untuk yang satu ini adalah cara yang bisa kamu lakukan kalau speaker iPhone kamu ternyata kemasukan air atau iphone milikmu tercebur atau kehujanan (ckckck).

Saat ini terjadi, lakukan Metode Mengeringkan iPhone dari Air (MMidA) berikut ini:

  1. Pegang iphone milikmu di posisi 45 derajat dengan posisi speaker menghadap bawah
  2. Tadahi air yang tumpah dengan air kering dengan kain yang menyerap air
  3. Pastikan sudah tidak ada air lagi yang menetes
  4. Letakkan iphone di dekat kipas angin untuk memperlancar air keluar melalui sela-sela
  5. Gunakan aplikasi khusus untuk menghasilkan vibrasi supaya air juga mudah keluar
  6. Kalau iPhone mati total, beli iPhone baru atau bawa ke tukang servis

Diharapkan dengan metode PPPSI dan MMidA tersebut speaker iPhone kamu bisa makin lancar. Kemudian perlu dicatat kalau panduan ini niatnya hanya ingin membantu ya, jadi jangan kirim tagihan servis nya ke rumah Asaljeplak.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan