Review Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter Online Terbaik

Benarkah Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter Online Terbaik? Berikut ini adalah ulasan Asaljeplak yang telah mencoba dan menggunakannya.
halodoc-konsultasi-dokter-online

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berkunjung ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi dengan dokter terkait oenyakit yang sedang diderita terkadang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, mengingat keterbatasan waktu terutama bagi kamu yang bekerja ataupun yang masih sekolah/kuliah.

Karenanya kebutuhan akan adanya fasilitas konsultasi dokter online pun semakin penting di era sekarang ini, yang tentunya akan memudahkan dalam melakukan tanya-jawab serta konsultasi tanpa perlu repot mengantri atau mencari waktu luang.

Tetapi apakah ada fasilitas konsultasi dokter secara online tersebut?

Jawabannya ADA, yaitu dengan menggunakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter Online yang menawarkan beragam fasilitas lengkap di dalam satu aplikasi, mulai dari online chat dengan dokter, beli obat menggunakan resep, hingga booking jadwal untuk melakukan tes laboratorium.

Apa itu Aplikasi Halodoc ?

aplikasi-halodoc-konsultasi-dokter-terpercaya

Halodoc merupakan aplikasi yang mempertemukan antara dokter dengan pasien atau calon pasien secara online menggunakan interface yang mudah disertai dengan navigasi yang tidak rumit, serta telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan fasilitas tambahan seperti:

  • Chat online dengan dokter terpilih (Umum ataupun Spesialis),
  • Belanja obat menggunakan resep secara online,
  • Booking kunjungan ke Rumah Sakit pilihan,
  • Booking tes laboratorium di lokasi yang diinginkan,
  • Integrasi dengan asuransi kesehatan yang kamu miliki,
  • Integrasi dengan layanan Gojek untuk pengiriman pesanan obat,
  • Koleksi artikel kesehatan yang bermanfaat,
  • Fitur Wallet Halodoc untuk pengisian saldo yang akan digunakan pada aplikasi.

Cara Menggunakan Aplikasi Halodoc

Menggunakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter ini tidaklah sulit, baik mulai dari pendaftarannya hingga kepada penggunaannya.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Unduh atau Download lalu Install aplikasi Halodoc di Google Play ataupun iTunes AppStore,
  2. Buka aplikasi Halodoc, pilih “Get Started / Mulai Sekarang
  3. Masukkan nomor telepon (HP) yang ingin didaftarkan, jangan gunakan angka 0 (nol) di depan, jadi misalnya nomor kamu adalah 081234567, masukkan saja 81234567, lalu klik “Verifikasi (Verify)
  4. Nantinya kamu akan menerima SMS berisikan kode verifikasi (OTP), yang umumnya akan langsung di copy-paste otomatis oleh aplikasi tersebut,
  5. Apabila tidak terverifikasi otomatis, masukkan kode yang ada pada SMS secara manual, lalu klik “Konfirmasi (Confirm)“,
  6. Setelah berhasil masuk, selanjutnya isi profil dengan cara masuk ke menu “Profil (Profile)“.
  7. Klik pada logo pensil berwarna biru,
  8. Isi data diri kamu selengkap-lengkapnya,
  9. Mulai gunakan aplikasi.

Pada layar utama dari aplikasi Halodoc, kamu bisa melihat berbagai pilihan menu, mulai dari chat dengan dokter secara online, beli obat, booking rumah sakit, ataupun booking uji lab.

menu-aplikasi-halodoc-konsultasi-dokter

Review Aplikasi Halodoc

Setelah menggunakan aplikasi ini, Asaljeplak dapat merasakan manfaat yang diberikannya, terutama kemudahan dari fitur Halodoc Konsultasi Dokter secara online yang sangat memudahkan ketimbang harus mengantri di rumah sakit.

Halodoc Konsultasi Dokter Online

Untuk melakukan konsultasi melalui aplikasi Halodoc, pilihan dokter umum dan spesialisnya sangat banyak, dan bahkan beberapa dokter ada yang masih online hingga malam hari dan bahkan hingga subuh (tidak selalu), serta untuk penggunan pertama kamu akan mendapatkan gratis konsultasi selama 30 menit senilai Rp25,000.

chat-dokter-halodoc

Pembelian Obat Melalui Halodoc

Sementara apabila kamu ingin membeli obat melalui aplikasi ini, minimal jumlah transaksi yang diwajibkan adalah Rp10,000 yang tentunya sudah menyediakan pilihan obat yang beragam dan juga fasilitas upload resep obat secara online.

beli-obat-online-halodoc

Booking Jadwal Konsultasi di Rumah Sakit Pilihan

Untuk booking online jadwal konsultasi di Rumah Sakit pilihanmu, kamu bisa memilih dari sekian banyaknya dokter umum maupun spesialis yang bekerja di Rumah Sakit tersebut, serta menentukan tanggal dan jam kedatangan, sehingga tidak perlu lagi repot mengantri.

Booking Jadwal Uji Lab Pilihan

Sementara untuk pemesanan uji Lab, kamu bisa memilih apa uji yang kamu inginkan dan membaca keterangan dan persyaratan yang ada di masing-masing uji tersebut, misalnya apa saja sampel yang akan diambil (cth: sampel darah, sampel urin, dsb) dan berapa lama kamu harus berpuasa sebelum uji dilakukan.

Masing-masing uji lab memiliki harga yang bervariasi, dan tersedia bermacam-macam mulai dari General Checkup, uji Alergi, uji Premarital, uji Dengue, uji Hepatitis, uji STD, uji kesehatan Liver, dan sebagainya.

Nantinya kamu akan dapat memilih jadwal kedatangan tim medis ke rumahmu (Ya, mereka akan datang ke rumah), sehingga kamu bisa dari jauh hari mengosongkan waktu untuk melakukan pengujian tersebut, yang mana sebelumnya kamu akan dihubungi via telepon oleh representatif dari Halodoc untuk konfirmasi dan menjelaskan tata cara serta persyaratannya.

Cara Top-Up Wallet Halodoc

Untuk mengisi saldo Wallet pada aplikasi Halodoc, kamu bisa menggunakan beberapa metode, yaitu dengan menggunakan kartu kredit, Virtual Account Bank Mandiri, serta Virtual Account Bank BCA yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, dengan nilai minimal Topup sebesar Rp.10,000.

Caranya, dari menu utama kamu bisa memilih menu yang berlambangkan empat kotak yang ada di bagian kanan bawah (menu “More”), lalu lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pilih nominal yang tersedia atau ketik secara manual nominal yang diinginkan (minimal Rp.10,000),
  2. Pilih tombol “Add Money“,
  3. Pilih metode pembayaran lalu pilih tombol “TOP UP
  4. Apabila kamu memilih metode pembayaran dengan kartu kredit, isi terlebih dahulu nomor kartu beserta kode CVV dan tanggal kadaluwarsa (Expiry Date) dari kartu,
  5. Centang opsi “Securely save card details” apabila ingin menyimpan informasi kartu di dalam aplikasi, sehingga kamu tidak perlu mengisi informasi setiap memilih metode TOP UP dengan kartu kredit.
  6. Untuk TOP UP dengan metode Virtual Account (Mandiri atau BCA), nantinya pada aplikasi akan dijelaskan bagaimana cara melakukannya.

Akses Halodoc melalui Website / Desktop

Tidak hanya melalui aplikasi Android atau iOS saja, kamu juga bisa mengakses layanan serta fitur yang tersedia pada Halodoc melalui website atau menggunakan Desktop / PC / Mac / Linux seperti:

Kesimpulan

Seiring dengan kemajuan teknologi online serta semakin padatnya jadwal kegiatan yang kita lakukan setiap harinya, tentunya adanya aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter Online ini akan sangat bermanfaat dalam memudahkan kita memantau serta mengecek kesehatan, tanpa perlu lagi membuang waktu k Rumah Sakit.

Asaljeplak sendiri sangat menikmati adanya aplikasi ini, karena kemudahan serta kelengkapan fasilitas yang diberikan, sehingga Asaljeplak sangat berharap di kemudian hari aplikasi ini akan dapat lebih bermanfaat lagi bagi semua orang, serta semakin dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan.

#tanyadokterasli

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar