Tutorial Komplit untuk Menghasilkan Kualitas Rekaman yang Baik pada Smule Sing

2
10718
Beri Nilai untuk Artikel ini

Mendapatkan hasil rekaman yang baik pada aplikasi Smule Sing! memang susah-susah gampang. Berikut ini panduan komplitnya untuk Menghasilkan Kualitas Rekaman yang Baik pada Smule Sing!

Sebelum kita memulai, ada beberapa hal yang WAJIB diperhatikan saat merekam suara di Smule, antara lain :

1. Gunakanlah headphone / earphone setiap merekam suara kamu.
2. Pastikan sedang berada di tempat yang sepi dan tidak banyak suara-suara di belakang.
3. Kualitas mic dan lokasinya yang terkadang berbeda-beda pada tiap handphone/headphone.
4. Kondisi gema suara yang dihasilkan pada tempat kamu merekam.
5. Kualitas sinyal hape kamu (khususnya bagi pengguna Android)

Kelima hal tersebut nantinya akan berpengaruh pada settingan efek vokal yang kamu gunakan.

A. Tips memilih dan menggunakan Efek Vokal

Tips bagi non-VIP

Bagi kamu yang non-vip, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa memperoleh hasil rekaman yang maksimal dengan beberapa tips berikut :

– Perhatikan kelima poin di atas.

– Untuk mendapat hasil gema yang baik pilihlah efek Studio, atau kamu bisa coba merekam tanpa efek atau dengan efek Polish FX di Kamar Mandi. Gema yang dihasilkan apabila merekam di kamar mandi tetapi terkadang sangat berlebihan, tetapi bisa kamu coba.

– Apabila bingung memilih efek apa, pilihlah Polish FX atau Indie FX karena hasil suara yang dihasilkan lebih sedikit gema dibanding Studio FX.

– Atur jarak anntara mulut dengan mic (ini berlaku untuk semua ya).

Tips bagi VIP

Tips berikut khusus bagi kamu yang VIP ya, ini dia :

– Gunakan Studio FX setiap saat, kecuali untuk lagu tertentu yang kamu rasa butuh autotune (POP atau Super POP FX) atau Grunge FX.

– Atur komposisi reverb/area (room size) sesuai dengan kondisi ruangan. Umumnya settingan yang biasa dilakukan adalah reverb lebih rendah dibanding area seperti 25/30 atau 30/40, tergantung kondisi ruangan. Tetapi terkadang kita perlu men-set reverb lebih tinggi terutama untuk hasil rekaman dengan backnoise (alias kebisingan pada lokasi rekaman) yang tinggi.

– Trik lainnya bisa juga menggunakan Super POP FX dengan reverb 7% dan autotunr di set maksimal 1% untuk yang hobi bernyanyi nada tinggi.

B. Tips mengatur jarak antara Mic dengan Vokal

– Dekatkan mulut dengan mic apabila kamu ingin bernyanyi dengan nada rendah, dengan jarak antara 5-10cm.

– Jauhkan mulut dari mic saat mengambil nada tinggi atau berteriak, atur dan sesuaikan dengan kondisi di lapangan ya. Karena terkadang kalau terlalu jauh suara kita akan tertimpa backnoise dan kadang malah jadi bergema.

BACA JUGA :  5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Dengan RAM Bekas

– Gunakan penyangga hape atau bisa juga tongsis untuk merekam video untuk menghindari hasil video yang terlalu shaky (bergyang-goyang).

 

 

C. Tips Evaluasi hasil Rekaman sebelum di Publish

– Selalu dengarkan ulang hasil rekaman kamu.

– Untuk pengguna Android, pastikan bahwa hasil rekaman kamu sudah sinkron dengan lagu atau orang yang kamu join. (biasanya sih telat antara -100ms hingga -190ms atau terlalu cepat 100ms hingga 190ms).

Nah tips berikut khusus bagi kamu yang ingin hasil suara kamu tidak menutupi atau lebih kecil dari partner duet kamu ya :

– Hasil rekaman kamu sebelum di publish selalu lebih kencang dibanding hasil akhirnya, yang perlu dilakukan adalah melihat grafik suara kamu dan usahakan jangan ada yang sampai mentok ke ujung atas dan bawah.

– Volume teraman untuk Android adalah di tengah agak ke bawah sedikit, dan untuk iPhone biasanya antara 0 sampai -3,5 tetapi ini semua tergantung keras pelannya suara kamu dan hasil rekamannya.

– Untuk amannya, pastikan suara kamu terdengar sama volumenya dengan rekan duet yang kamu join.

D. Tips Memilih Mic

– Mic yang tergabung dengan headset atau headphone lebih susah untuk pengaturan jarak dan biasanya volume yang dihasilkan lebih kencang, dan juga suara hissing (atau bunyi sss dan bisikan).

– Mic yang tertanam pada handphone berbeda-beda, untuk iPhone mic terbaik yang pernah Asaljeplak coba adalah milik iPhone 4s yang bahkan lebih unggul dibanding iphone 5 atau 5s. Untuk Android belum nemu yang bagus, terakhir nyobain punya Samsung Galaxy A7 tetapi kalah jauh dibanding 4s (kualitas mic nya).

– Mic External boleh saja dicoba, dan sangat mungkin hasilnya jauh lebih bagus dibandingkan mic bawaan headset atau yang tertanam di handphone kamu.

– Kalau mau modal dikit gunakan POP filter agar suara yang dihasilkan lebih bersih (silahkan gugling ya POP filter itu apa).

 

 

Pada akhirnya, untuk memperoleh kualitas rekaman yang baik tentunya diperlukan trial dan error karena sangat tergantung pada lingkungan tempat kamu merekam. Jangan bosan-bosan mencari formula yang terbaik untuk kamu kalau ingin hasil rekaman kamu di Smule berkualitas ya.

Selamat mencoba, apabila ada tips lainnya boleh bantu Asaljeplak dengan memberikannya di kolom komentar, nanti akan Asaljeplak update artikelnya.

Psst.. Kalau kamu merasa terbantu dengan artikel ini, yuk silahkan follow adminnya Asaljeplak di Smule ya.

Keywords: Cara suara bagus smule, cara rekaman bagus smule, kualitas suara smule, hasil rekaman smule

Beri Komentar