Panduan Lengkap Membuat Self Collab yang Baik di Smule Sing!

0
301
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu yang hobi self collab di Smule Sing! alias Grup OC dengan diri sendiri dan penasaran bagaimana menghasilkan kualitas yang baik, baca panduan berikut ya.

 

Grup / Group OC memang merupakan salah satu fitur yang paling digemari pada aplikasi Smule Sing! dikarenakan kita bisa berkolaborasi (collab) dengan teman-teman satu grup ataupun pasangan duet kita di aplikasi tersebut.

Tetapi terkadang ada juga yang mencoba memberikan tantangan kepada diri sendiri untuk membuat suatu Group OC yang keseluruhan aspeknya, mulai dari suara dua, suara tiga, sampai suara kodok (ini becanda lho ya) diisi oleh diri sendiri.

Group OC yang keseluruhannya diisi oleh diri sendiri itulah yang dinamakan dengan Self-Collab, yang berasal dari bahasa Inggris Self Collaboration yang artinya berkolaborasi dengan diri sendiri.

Contohnya (maaf admin asaljeplak numpang promosi hehe) kaya gini nih:

 

 

Nah seperti pada contoh di atas, self-collab itu memang biasanya akan terdiri dari berlapis-lapis layer yang bagian-bagiannya ditentukan sendiri terlebih dahulu.

Layer itu sendiri merupakan jumlah “join” atau istilah lainnya adalah take yang kita lakukan untuk mengisi kolab yang kita inginkan. (1 layer = 1 kali take).

Yang banyak tidak diketahui, setiap kita take itu akan terekam di posisi speaker yang berbeda-beda lho. Jadi terkadang hasil rekaman layer kita bisa lebih dominan pada speaker kiri, kanan, atau keduanya (stereo).

Hal tersebut apabila dioptimalkan akan dapat menghasilkan kualitas self-collab yang sangat baik karena kita bisa perkirakan suara kita akan muncul di speaker sebelah mana sehingga saat kita dengarkan tidak menjadi berat sebelah.

Nah, berdasarkan yang Asaljeplak tahu dari para mastah di Smule, berikut ini contekan mengenai hasil take ke berapa akan terekan pada speaker yang mana. Ini ada kemungkinan masih bisa berubah-ubah apabila Smule suatu saat mengeluarkan update yang mengubah hal ini, tetapi tidak ada salahnya dicoba dan digunakan sebagai patokan.

Oh iya, sebelumnya, silahkan yang mau baca-baca artikel Asaljeplak terkait dengan smule yang lainnya di sini ya:

  1. Tutorial komplit menghasilkan kualitas rekaman yang baik pada Smule Sing
  2. Cara download lagu di smule menggunakan hape Android
  3. Cara download lagu dari Smule Sing menggunakan Google Chrome
  4. Cara menjalankan aplikasi smule sing dari PC atau Laptop
  5. Cara mendapat banyak follower di Smule Sing
  6. Cara download lagu dari Smule Sing
BACA JUGA :  Cara Membuat Intro Logo Menggunakan Filmora

Yuk kita lanjut lagi ke topik berikutnya yaitu:

 

Tahapan Merekam Self-Collab di Smule Sing

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap kita merekam 1 layer akan ditempatkan pada posisi speaker yang berbeda oleh aplikasi Smule Sing.

Berikut ini akan panduan mengenai posisi suara pada speaker berdasarkan urutan take yang kita lakukan pada saat self-collab:

Catatan: konon kabarnya ini hanya berlaku untuk kolab yang dilakukan sendiri dan bukan pada saat kolab bersama orang lain.

Take pertama = stereo
Take kedua = dominan kiri (L)
Take ketiga = dominan kiri (L)
Take keempat = dominan kanan (R)
Take kelima = dominan kanan (R)

selanjutnya akan Asaljeplak singkat saja ya (pegel nulisnya wkwkwk)

Take 6 = L dominan
Take 7 = R dominan
Take 8 = stereo
Take 9 = L dominan
Take 10 = L dominan
Take 11 = R dominan
Take 12 = R dominan
Take 13 = L dominan
Take 14 = R dominan
Take 15 = stereo
dan seterusnya…

Jadi berdasarkan skema di atas, terlihat bahwa tren urutannya adalah:

stereo, L, L, R, R, L, R, stereo,…

Sehingga dengan begitu kita bisa membagi part yang ingin kita nyanyikan dan menentukan untuk direkam pada take ke berapa. Karena sering terjadi seseorang asal rekam yang akhirnya menghasilkan rekaman yang lebih berat ke speaker kanan atau kiri sehingga tidak nyaman didengar (terutama menggunakan headphone).

 

 

Lalu tips lain nya saat merekam self-collab adalah selalu merekam lead atau vokal utama di awal karena hasilnya masih stereo, atau apabila harus dibagi-bagi maka rekamlah pada take ke 8 dan 15.

Apabila pembagian part tidak mencapai 8 layer kamu bisa mencoba merekam kosong, alias merekam tanpa suara yang di simpan /save sebelum lagu selesai, dan ulangi hingga saat take ke 8 (atau 15).

Tips lainnya adalah mencoba ikuti panduan Asaljeplak terkait menghasilkan rekaman yang baik pada Smule yang telah dibagikan di awal artikel.

Selamat mencoba, apabila ternyata panduan ini kurang akurat atau ada yang ingin ditanyakan bisa tuliskan di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

 

 

Beri Komentar