15 Foto Luar Angkasa yang MENAKJUBKAN (diambil dari teleskop Hubble)

Pada artikel kali ini Asaljeplak akan memberikan 15 foto luar angkasa yang menakjubkan yang pernah diambil oleh teleskop luar angkasa Hubble.
15-foto-menakjubkan-luar-angkasa-hubble
Spread the love

Luar angkasa merupakan salah satu topik yang spesial bagi Asaljeplak, dan sudah dimulai sejak dulu melalui cita-cita yang klise, ingin jadi Astronot.

Beragam program luar angkasa pun sudah banyak dilakukan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) alias agensi independen yang mengurus segala hal terkait luar angkasa milik Amerika Serikat.

Mulai dari pendaratan pesawat ulang alik Apollo 11 di bulan yang sangat fenomenal dan juga menuai banyak kontroversi (teori konspirasi), hingga kepada misi pendaratan mereka di Mars, di mana baru-baru ini mereka berhasil mendaratkan InSight pada tanggal 26 November 2018 lalu.

NASA juga sedang menjalani beberapa misi/program lainnya secara bersamaan, misalnya JUNO yang difokuskan untuk meneliti planet Jupiter, International Space Station (ISS) yang sudah ada selama puluhan tahun, dan juga program teleskop luar angkasa mereka.

Teleskop Luar Angkasa Hubble

Teleskop luar angkasa Hubble merupakan proyek teleskop luar angkasa pertama dari NASA yang dilengkapi dengan kamera beresolusi super tinggi dan bisa menangkap gambar yang berjarak hingga 13,2 Miliar tahun cahaya.

Komponen pertama Hubble mulai diorbitkan pada tahun 1990 dan secara bertahap konstruksinya pun selesai dibangun pada sekitar tahun 1993 serta teleskop ini diperkirakan akan beroperasi sampai tahun 2030-2040.

Teleskop utama Hubble sendiri memiliki diameter 2,4 meter dengan focal length sepanjang 57,6 meter dan rasio f/24.

Secara keseluruhan, teleskop luar angkasa yang mengorbit bumi bagian bawah ini memiliki berat sebesar 11,110 kg dengan dimensi seluas 13,2 x 4,2 meter, serta memiliki daya sebesar 2,400 watt.

Walaupun memiliki masa guna yang masih panjang hingga sekitar tahun 2040, teleskop Luar Angkasa ini dipastikan akan diganti pada sekitar tahun 2021 dengan peluncuran teleskop luar angkasa James Webb yang proses perakitannya sudah mencekati tahap akhir.

Teleskop Luar Angkasa James Webb

Teleskop luar angkasa James Webb atau juga disebut sebagai teleskop Webb, akan memiliki spesifikasi yang jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan teleskop Hubble yang nantinya akan melanjutkan kerja Hubble untuk meneliti galaksi-galaksi dan fenomena luar angkasa yang lebih jauh lagi jaraknya.

Ukuran teleskop luar angkasa Webb adalah sebesar setengah dari pesawat boeing 737 atau kira-kira akan berukuran seluas lapangan tenis.

Diameter dari teleskop Webb pun jauh melebihi teleskop Hubble, yaitu 6,5 meter yang berarti lebih panjang 4,1 meter dibandingkan pendahulunya, namun akan lebih ringan dengan bobot seberat 6,500 kg.

Teleskop utama dari Webb akan memiliki focal length seluas 131,4 meter serta akan mengorbit pada area Halo alias pada area L2 di dalam ukuran Lagrange.

lagrange-points

Teleskop luar angkasa Webb ini sudah dijadwalkan akan mengorbit pada tanggal 30 Maret 2021 dan akan mulai mengambil gambar-gambar yang lebih tajam serta jarak objek yang lebih jauh apabila dibandingkan Hubble.

Foto Luar Angkasa hasil Jepretan Hubble

Karenanya, sembari menunggu teleskop luar angkasa James Webb diluncurkan, kali ini Asaljeplak akan membagikan beberapa foto luar angkasa pilihan hasil jepretan teleskop Hubble, yang diambil dari situs resmi NASA.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Luar angkasa memang masih menjadi topik yang misterius dan menarik untuk dibahas serta dikagumi, terutama dari seberapa luasnya alam semesta ini dan kita sebagai manusia hanyalah setitik kecil di dalamnya.

Jangan lupa baca artikel Asaljeplak lainnya seperti:

  1. Asal-usul terjadinya bulan
  2. 10 fakta mengejutkan tentang Elon Musk
  3. Daftar negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar