Pengertian Timokrasi beserta ciri-ciri dan jenisnya

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian Timokrasi menurut para ahli, ciri-ciri, dan juga jenis Timokrasi sebagai suatu sistem pemerintahan.

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian Timokrasi menurut para ahli, ciri-ciri, dan juga jenis Timokrasi sebagai suatu sistem pemerintahan.

Timokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dimana hanya mereka yang memiliki aset/properti yang dapat ikut andil dalam pemerintahan. Bahkan, di tingkatan yang ekstrim, kekuasaan yang didapat bisa sepenuhnya berasal dari kekayaan tanpa memperhatikan dampak sosial atau budaya.

Asal Kata Timokrasi

Timokrasi berasal dari kata berbahasa Yunani yaitu dari kata time yang artinya penghargaan, kehormatan, martabat, pujaan dan kata kratein yang artinya memerintah atau mengatur.

Sejarah Timokrasi

Konsep Timokrasi pertama kali muncul pada abad ke 6 SM dimana seorang pejabat pemerintahan Athens yang bernama Solon memperkenalkan konsep timokrasi sebagai tahapan menuju Oligarki.

Solon juga dikenal sebagai yang pertama mengimplementasikan ide tersebut, dimana dia mengalokasikan hak politik dan tanggung jawab ekonomi ke beberapa golongan pilihannya saja.

Pilihannya tersebut didasarkan pada seberapa banyak seseorang bisa memproduksi alat timbangan dalam setahun. Semakin tinggi akan semakin baik posisi yang bisa diperoleh orang tersebut.

Tingkatan golongan yang dia tetapkan adalah sebagai berikut:

  • Pentacosiomedimni – Mereka yang bisa memproduksi 500 alat timbangan akan diangkat/boleh menjadi jenderal perang.
  • Hippeis – Mereka yang bisa memproduksi 300 alat timbangan akan diangkat /boleh menjadi kesatria.
  • Zeugitae – Mereka yang bisa memproduksi 200 alat timbangan dan juga memiliki alat produksi akan diangkat /boleh menjadi Hoplites.
  • Thetes – Buruh kasar.

Jenis dan Macam-Macam Timokrasi

Sistem pemerintahan Timokrasi bisa dikategorikan menjadi beberapa macam dan jenis.  Jenis dan macam dari Timokrasi tersebut adalah:

Kelebihan dan Kekurangan Timokrasi

Suatu sistem pemerintahan yang berhasil diterapkan di suatu negara, belum tentu tepat untuk diadaptasi oleh negara lain, dan itu memang karena dari setiap sistem pemerintahan selalu ada kelebihan dan kekurangannya.

Sama halnya dengan sistem Timokrasi yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu sebagai berikut:

Kelebihan Timokrasi

  1. Memotivasi rakyat untuk bekerja keras demi mencapai kasta tertinggi

Kekurangan Timokrasi

  1. Yang berhasil meraih kasta tertinggi tidak semerta-merta memiliki bakat untuk memimpin, sehingga meningkatkan peluang terjaidnya kekacauan.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar