Tips agar Website Cepat Terindeks Google

Spread the love

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar website Anda dapat dengan cepat dimasukkan Google ke dalam database indeks milik mereka sehingga mudah dicari melalui search engine Google.

Untuk bisa dengan cepat terindeks oleh Google ke dalam Search Engine nya, menulis artikel dalam jumlah yang banyak belumlah cukup, dan bahkan tidak menjamin website milik Anda akan dengan cepat diindex oleh robot milik Google.

Robot milik Google atau juga dikenal dengan istilah Googlebot, Crawl bot, dan Spider, merupakan suatu perangkat yang dikirimkan kepada suatu website agar dapat mendeteksi struktur dan konten yang akan ditampilkan ke dalam hasil search engine.

Beberapa tips berikut akan mencoba membantu Anda dalam mempercepat peng-indeks-an website Anda ke dalam Google Search Engine.

1. Update artikel secara rutin

Anda tidak perlu membuat konten berkualitas setiap saat, terutama karena hal tersebut akan memakan waktu, tenaga dan pkiran.

Salah satu faktor penting agar website Anda cepat terindeks adalah memunculkan artikel baru secara rutin dengan SEO yang baik di dalamnya (meskipun mungkin kualitasnya tidak seberapa).

 

2. Memilih web hosting yang baik

Ini khusus bagi yang menyewa hosting sendiri dan tidak menggunakan milik Blogspot atau WordPress. Dalam memilih web hosting tentunya perlu dipertimbangkan juga kualitas serta garansi uptime nya dan review dari para penggunanya.

Baca artikel berikut ini mengenai : Definisi serta jenis Web Hosting guna memberikan gambaran dalam memilih paket web hosting yang tepat.

 

3. Membuat Sitemaps atau peta situs dan daftarkan ke Google Webmaster Tools

Ini faktor paling utama di dalam mempercepat tingkat peng-indeks-an Website Anda ke dalam mesin pencari Google.

Membuat sitemaps bagaikan Anda membuat peta area taman hiburan untuk pengunjung, sehingga mereka dengan mudah menemukan lokasi-lokasi tertentu, dan dalam hal ini Googlebot adalah “pengunjung” website “taman hiburan” Anda.

Tetapi. membuat sitemaps saja tidaklah cukup, selanjutnya adalah proses “membagikan” peta tersebut kepada “pengunjung” , dimana dalam hal ini proses yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkannya melalui Google Search Console alias Google Webmaster Tools.

Karena tanpa melakukan hal ini bisa dipastikan Google tidak akan “ngeh” akan keberadaan situs Anda, dan bahkan setelah melakukan ini pun belum tentu semua artikel akan terindeks karena cara kerja Googlebot tidak seperti itu, tetapi ini akan mempercepat Googlebot dalam menyadari dan mengunjungi website Anda.

 

4. Menghindari konten duplikat

Masih meenurut analogi “taman hiburan” di atas, apabila Anda mengunjungi taman hiburan dan melihat wahana yang sama persis dengan wahana di tempat lainnya yang pernah Anda naiki maka kemungkinan besar Anda tidak akan tertarik menaikinya.

Kurang lebih seperti itu pola kerja Googlebot melihat suatu Website. Saat Googlebot mendeteksi adanya suatu konten yang serupa dengan konten lainnya di website lain, mereka akan mengacuhkan konten tersebut dan tidak mengindeks nya.

Selalu sediakan konten yang “unik” dan belum pernah diposting sebelumnya, bukan dalam hal tema, melainkan dalam hal kata per kata yang ditulis (jangan Copy Paste).

 

5. Meningkatkan kecepatan loading Website

Website yang loadingnya terlalu lama juga akan mengakibatkan Googlebot “ilfil” dan mengacuhkannya beserta seluruh isi kontennya.

Apabila website anda terlalu lambat untuk diakses dan dimuat, ada kemungkinan website Anda memiliki “penyakit” sebagai berikut:

  • Provider web hosting yang buruk
  • Terlalu banyak konten berukuran besar (bukan ukuran fisik, melainkan ukuran file, misalnya gambar dengan besaran file 1MB, atau konten PDF berukuran 20MB) pada halaman depan.
  • Terlalu banyak script-script yang memperlambat kinerja server sehingga loading website menjadi lebih lambat,

 

6. Atur tingkat kecepatan penelusuran Googlebot

Anda juga bisa mengatur kecepatan frekuensi Googlebot dalam menelusuri website Anda. Hal ini tidak dianjurkan terutama apabila server hosting yang Anda punya atau sewa tidak memiliki kualitas yang baik.

Secara default, kecepatan penelusuran ini akan diatur oleh Google secara otomatis, tetapi Anda bisa mengubahnya menjadi mode manual dengan memilih menu “Site Setting” pada ikon gerigi roda di halaman properti Website Anda.

Setelah memilih site setting, selanjutnya pilihlah “Crawl Rate” dan pilih “Limit Google’s maximum crawl rate” seperti pada gambar di bawah:

 

 

7. Mengajukan permohonan kepada Google setiap ada artikel baru

Anda juga bisa mengajukan permohonan kepada Google untuk mengindeks artikel yang baru saja Anda buat melalui Google Webmaster Tools atau Google Search Console.

Cara ini dilakukan dengan masuk ke menu “Crawl” pada halaman properti website dan memilih menu “Fetch as Google” untuk kemudian memasukkan link artikel.

Cara ini sebenarnya bukan “permohonan resmi” untuk mengindeks suatu artikel, tetapi lebih ke suatu alat untuk menguji bagaimana tampilan artikel tersebut di mata Google. Namun biasanya artikel yang didaftarkan menggunakan cara ini akan lebih cepat terindeks dibandingkan yang tidak.

 

8. Optimasi gambar

Tidak hanya soal besaran file gambar saja, tetapi juga hal-hal lain seperti alt tags untuk gambar-gambar yang dimasukkan ke dalam suatu artikel.

Hal ini penting dikarenakan Googlebot tidak dapat membaca suatu gambar tanpa ada keterangan-keterangan yang didapat dari alt tags tersebut.

Gambar-gambar yang Anda lihat pada hasil pencarian Google tersebut dideteksi dari atribut alt tags di dalamnya yang tentunya disesuaikan dengan kata kunci dari artikel tersebut.

 

Demikianlah beberapa tips untuk mempercepat website Anda untuk diindeks oleh robot penelusur Google.

Kedepannya kami akan berikan panduan yang lebih komplit lagi terkait masing-masing poin di atas, dan juga update pada artikel ini apabila dirasa ada perubahan dari sistem robot Google dan juga metode baru yang lebih efektif.

Semoga bermanfaat.

 

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.731.892 hit