Biaya dan Syarat Pembuatan Visa Selandia Baru (New Zealand)

biaya-dan-syarat-pembuatan-visa-selandia-baru-new-zealand

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan bagaimana cara membuat visa Selandia Baru (New Zealand) beserta rincian biaya dan syarat-syarat yang diperlukan.

Selandia Baru merupakan tempat yang asyik untuk dikunjungi dikarenakan banyaknya lokasi wisata unik seperti Hobbiton, pegunungan dan juga danau yang sangat mempesona.

Kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas lainnya seperti bungy jumping, skydiving, atau bahkan ziplining (semacam flying fox gitu).

Untuk mengunjungi negara yang super indah ini tentunya kamu perlu mengajukan permohonan visa terlebih dahulu sebelum bisa ke sana. Prosesnya nggak rumit kok, berikut ini akan Asaljeplak bantu berikan panduannya ya.

Dokumen yang dibutuhkan untuk Visa New Zealand

Apa saja dokumen yang perlu kamu siapkan? berikut ini daftar lengkapnya supaya kamu bisa mulai bersiap-siap dari sekarang sebelum mengajukan visa:

  • Formulir permohonan yang dapat diunduh di sini
  • Dua lembar foto 3,5×4,5cm terbaru (foto dibuat maksimal 6 bulan), berwarna, latar belakang berwarna terang (selain warna putih). Ketentuan mengenai foto yang boleh disertakan bisa kamu lihat di sini
  • Paspor yang masih berlaku minimal enam bulan setelah tanggal kembali ke Indonesia
  • Rekening koran 3 bulan terakhir, dengan saldo minimal 1000 NZD (sekitar Rp10.000.000) untuk kamu yang ingin tinggal hingga 1 bulan dan belum punya akomodasi di sana, atau formulir sponsor dari warga negara Selandia Baru jika kunjungan disponsori oleh mereka
  • Surat referensi kerja yang menyatakan bahwa kamu telah diizinkan untuk cuti, Surat Izin Usaha atau bukti kepemilikan perusahaan (untuk yang memiliki usaha sendiri), atau kartu pelajar (untuk pelajar dan mahasiswa)
  • Surat persetujuan dan fotokopi KTP dari orang tua untuk anak di bawah 17 tahun jika kamu bepergian tanpa orang tua
  • Jadwal penerbangan. Tiket pesawat pulang-pergi tidak diwajibkan untuk dilampirkan ketika mengajukan visa. Bahkan kedutaan menyarankan agar tidak membeli tiket dulu sampai visa diterima.

Setelah dokumen-dokumen tersebut kamu siapkan, selanjutnya barulah kamu memulai proses pengajuan visa.

Cara Mengajukan Visa New Zealand

Ada 2 metode yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan visa Selandia Baru, yaitu sebagai berikut:

1. Mendatangi Pusat Permohonan Visa Selandia Baru

Ini khusus untuk kamu yang berdomisili di daerah Jakarta dan Bali, kamu bisa mengunjungi alamat-alamat sebagai berikut untuk mengajukan permohonan visa:

  • Jakarta: Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19, Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940.
  • Bali: Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A, Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali 80361.

Jam buka pusat permohonan tersebut adalah antara jam 08.00-16.00, Senin sampai Jumat (Sabtu dan Minggu tutup). Kalau tidak sempat datang sendiri bisa diwakilkan kok.

2. Mengirim dokumen via Pos

Selain datang langsung ke Pusat Permohonan Visa, kamu juga bisa mengirimkan semua dokumen melalui pos ke alamat yang disebut di atas.

Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas penjemputan dokumen yang disediakan oleh Pusat Permohonan Visa Selandia Baru.

Untuk informasi lengkapnya kamu bisa mengunjungi website VFS Global.

3. Mengirim dokumen via online

Selandia Baru juga mempermudah proses pengajuan visa dengan menyediakan fasilitas aplikasi visa secara online yang dapat diakses melalui website imigrasi New Zealand.

Kemudian, berapa kira-kira biaya yang diperlukan?

Biaya Pembuatan Visa New Zealand

Biaya yang kamu keluarkan untuk membuat visa kurang lebih sekitar Rp2.000.000, yang terdiri atas biaya pengajuan visa (NZD 165), biaya verifikasi paspor (Rp186.500 untuk aplikasi online atau Rp248.500 untuk aplikasi secara langsung atau lewat pos), serta biaya kurir untuk pengambilan dan pengembalian dokumen/paspor milikmu jika melalui kurir.

Prosedur Pembayaran Visa New Zealand

Untuk pembayaran atas biaya-biaya yang diperlukan untuk pembuatan visa Selandia Baru tersebut, kamu bisa menggunakan 4 metode, yaitu:

  1. Tunai
  2. Kartu debit
  3. Kartu kredit
  4. Transfer bank ke Standard Chartered Bank, Sudirman, Jakarta pada nomor rekening 306-0897993-4 atas nama PT VFS SERVICES INDONESIA.

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi-informasi berikut bersama dengan permohonan visa:

  • Tanggal Pengiriman Uang
  • Nama Bank
  • Nama Pengirim Uang
  • Jumlah yang dikirim

Kemudian, kamu juga diwajibkan untuk

mengirimkan informasi di bawah ini melalui email ke [email protected]

  • Fotokopi tanda terima pengiriman
  • Fotokopi bukti pengiriman uang
  • Rincian pemohon

Nah demikianlah biaya dan syarat pembuatan visa New Zealand alias Selandia Baru. Semoga informasi ini bermanfaat ya, dan kalau ada koreksi atau pertanyaan bisa kamu ajukan di kolom komentar di bawah.

Informasi dikutip dari website Skyscanner dan VFSglobal

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar