Review Hostinger : Kemudahan Akses bagi Pelanggan

1
17
hostinger-review

Beriikut ini merupakan review alias ulasan Asaljeplak terkait layanan web hosting premium dari Hostinger, salah satu penyedia layanan hosting ternama di Indonesia.

Bagi Asaljeplak yang hobi blogging dan juga hobi membuat website, tentunya memilih hosting yang tepat itu menjadi salah satu syarat utama demi lancarnya aktifitas-aktifitas tersebut.

Setelah beberapa waktu yang lalu Asaljeplak mendapat kesempatan untuk mencoba layanan dari salah satu penyedia hosting ternama di Indonesia yaitu Niagahoster, kali ini Asaljeplak berkesempatan “mencicipi” bagaimana kualitas layanan Web hosting premium milik induk mereka, yaitu Hostinger.

Tetapi seperti biasa, sebelum Asaljeplak memberikan ulasan terkait layanan mereka, mari kita berkenalan dahulu dengan Hostinger.

Apa dan Siapa itu Hostinger ?

Hostinger merupakan perusahaan asal Lithuania yang sudah berdiri sejak tahun 2004, dan awalnya bernama “Hosting Media”.

Nama mereka mulai naik setelah menyediakan layanan web hosting gratis melalui 000webhost.com, dimana pada saat itu belum ada satupun yang berani menyediakan layanan serupa, dan saat ini sudah memiliki lebih dari 16 juta website yang menggunakan layanannya.

Kemudian pada tahun 2007, mereka membuka layanan baru melalui hosting24.com, dimana mereka menjadi salah yang terbaik di dalam menyediakan layanan shared hosting, reseller hosting, serta layanan cpanel hosting.

Setelahnya pada tahun 2011 barulah mereka membuka layanan yang diberi nama Hostinger, yang akhirnya menjadi nama grup perusahaan mereka, dan pada tahun 2012 mereka mulai melebarkan sayap ke pasar internasional.

Per januari 2017, Hostinger telah memiliki sekitar 29 juta pengguna dan masih menjadi salah satu penyedia layanan hosting yang handal, dan di Indonesia juga merupakan salah satu yang ternama.

Apa Saja Layanan yang ditawarkan Hostinger ?

Hostinger menawarkan beragam layanan dengan harga yang bisa terbilang murah, mulai dari layanan pendaftaran domain murah, lalu layanan web hosting mulai dari Rp 13ribu-an per bulan, Website builder, dan juga layanan Cloud VPS Hosting yang ditawarkan mulai dari Rp 100ribu-an per bulan.

A. Layanan Registrasi Domain

Hostinger merupakan registrar yang terakreditasi ICANN (asosiasi yang mengatur semua domain yang terdaftar di dunia), sehingga mereka bias menawarkan harga yang pastinya di bawah para competitor yang tidak memiliki akreditasi tersebut.

Mulai dari domain .xyz yang ditawarkan dengan harga Rp13ribu-an per tahun, hingga domain .com seharga Rp119ribu-an (harga pasaran saat ini Rp120ribu hingga Rp150ribu-an per tahunnya).

B. Layanan Cloud VPS Hosting

Untuk kategori layanan Cloud VPS, Hostinger merupakan salah satu yang termurah diantara penyedia layanan sejenis lainnya di Indonesia (silahkan kamu bandingkan sendiri).

Harga yang mereka tawarkan mulai dari Rp119ribu-an per bulan, dan itu sudah termasuk 1 GB RAM (burstable sampai 2GB), 1 core 2,4 GHz, 1 TB bandwidth per bulan, dan sudah disertai 20GB ruang hard disk yang tentunya sudah sangat cukup untuk kamu yang ingin memiliki website sederhana dengan loading time cepat.

Harga layanan Cloud VPS mereka selengkapnya adalah sebagai berikut:

Cloud VPS Paket 1 Cloud VPS Paket 2 Cloud VPS Paket 3 Cloud VPS Paket 4 Cloud VPS Paket 5 Cloud VPS Paket 6
Rp.110.900

/bln

Rp.221.900

/bln

Rp.332.900 /bln Rp.449.900 /bln Rp.665.900 /bln Rp.889.900 /bln
RAM 1 GB RAM 2 GB RAM 3 GB RAM 4 GB RAM 6 GB RAM 8 GB
Burst RAM 2 GB Burst RAM 4 GB Burst RAM 6 GB Burst RAM 8 GB Burst RAM 12 GB Burst RAM 16 GB
2,4 GHz CPU 4,8 GHz CPU 7,2 GHz CPU 9,6 GHz CPU 12 GHz CPU 14,4 GHz CPU
Disk Space 20 GB Disk Space 40 GB Disk Space 60 GB Disk Space 80 GB Disk Space 120 GB Disk Space 160 GB
Bandwidth 1000 GB Bandwidth 2000 GB Bandwidth 3000 GB Bandwidth 4000 GB Bandwidth 5000 GB Bandwidth 6000 GB

Masing-masing layanan tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur sebagai berikut:

  • Dedicated IP
  • Full Root Access
  • 100 MB/S Network
  • IPv6 Support
  • SSD Disk Drives
  • Jaminan uang kembali dalam 30 Hari

C. Layanan Web Builder

Hostinger juga memberikan solusi mudah bagi kamu yang ingin membuat website tapi tidak mengerti bahasa pemograman, yaitu dengan layanan Web Builder mereka yang menggunakan teknologi Site Pro.

Harga untuk paket web builder ini sudah di bundling dengan paket layanan web hosting mereka.

D. Layanan Web Hosting

Untuk layanan Web Hosting, Hostinger menawarkan harga mulai dari Rp13ribu-an per bulan untuk 1 website, hingga Rp45,950 per bulan (harga promo) untuk unlimited website. Harga-harga tersebut sedang diskon up-to 60% saat artikel ini ditulis.

Selengkapnya adalah sebagai berikut:

WEB HOSTING SINGLE WEB HOSTING PREMIUM WEB HOSTING BISNIS
Rp13,850 / bulan Rp29,950 / bulan Rp45,950 / bulan
Max. 1 website Unlimited website Unlimited Website
Web Builder Web Builder Web Builder
Disk Space 10 GB SSD Disk Space Unlimited SSD Disk Space Unlimited
Bandwidth 100 GB / bulan Bandwidth Unlimited Bandwidth Unlimited
1 Database MySQL Unlimited MySQL Database Unlimited MySQL Database
1 akun FTP Unlimited akun FTP Unlimited akun FTP
1 akun Email Unlimited akun Email Unlimited akun Email
Control Panel Control Panel Control Panel
1 subdomain Unlimited subdomain Unlimited subdomain
Auto Installer Script Auto Installer Script Auto Installer Script
2x Optimasi kecepatan WordPress 4x Optimasi Kecepatan WordPress
Gratis nama domain (untuk pemesanan tahunan) Gratis nama domain (untuk pemesanan tahunan)
Backup Harian
Live Chat Support
2x Manajemen Daya dan Memori
Gratis sertifikat SSL

Untuk fitur-fitur selengkapnya kamu bias lihat sendiri di website Hostinger Indonesia (nanti akan saya link ke halaman paket web hostinger)

Semua paket yang ditawarkan Hostinger memiliki kontrak minimum 3 bulan jadi kamu bisa mencoba dulu tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk 1 tahun.

Catatan: Bagi yang baru saja masuk ke dunia per-hosting-an, perlu diketahui bahwa UNLIMITED itu TIDAK berarti tanpa batas, melainkan berbanding relatif terhadap kapasitas total yang dimiliki pihak penyedia layanan Hosting.

Review Hostinger (Paket Web Hosting Premium)

Nah karena kebetulan Asaljeplak mendapatkan kesempatan mencoba paket web hosting Premium nya Hostinger, berikut ini beberapa kesan dan pesan yang Asaljeplak dapatkan setelah mengutak-ngatik fitur yang mereka sediakan.

A. Member Area

Seperti pada ulasan Niagahoster terdahulu, Asaljeplak akan memberikan gambaran serta opini mengenai member area-nya Hostinger.

Berbeda dari penyedia hosting lainnya yang pernah Asaljeplak gunakan, Hostinger memiliki area member yang terintegrasi penuh mulai dari detail produk yang sedang aktif, order produk serta layanan tambahan, dan, ini yang membuatnya unik, Control Panel yang juga terintegrasi.

Umumnya suatu penyedia hosting akan mengarahkan kita ke halaman control panel nya sendiri, entah menggunakan cPanel atau yang lainnya, tetapi tidak dengan Hostinger.

Kita dapat dengan mudah mengakses control panel Hostinger dari area member tanpa perlu diarahkan ke platform lain, sehingga akan mempermudah terutama bagi yang masih awam, untuk mengelola web kita dari dalam area member.

Menu-menu serta struktur area member nya pun sederhana, sehingga tidak akan menyulitkan bagi pemula dalam mengakses fitur-fitur yang tersedia.

B. Control Panel

Untuk control panel, selain terintegrasi dengan area member, juga memiliki fitur-fitur yang super lengkap apabila dibandingkan penyedia layanan lainnya.

Kamu bisa dengan mudah upgrade paket hosting dari sini, dan juga control panel Hostinger dilengkapi dengan fitur-fitur umum seperti :

  • Membuat akun email
  • Manajemen email (MX record, forwarder, auto responder)
  • Mengelola subdomain, parked domain, add-on domain, dan redirect
  • Web builder, auto script installer, import website, dan cek halaman web yang error
  • Manajemen file, backup, dan mengelola akun FTP
  • Manajemen database MySQL, remote MySQL, dan akses PHPMyAdmin
  • DNS Editor, konfigurasi PHP, akses SSH, dan manajemen sertifikat SSL

Selain fitur-fitur umum tersebut, ada beberapa fitur khusus yang bisa dibilang sangat berguna dan membuat Hostinger berbeda dari penyedia layanan lain, seperti:

  • Fitur Catch-All-Email untuk memforward email dari satu akun ke akun lainnya secara mudah
  • GSuite untuk mempermudah integrasi dengan aplikasi GSuite
  • Manajemen repository GIT untuk integrasi dengan Github, Bitbucket, dan lain sebagainya
  • Proteksi password pada folder, IP Manager, Manajemen indeks folder
  • Perbaikan berkas kepemilikan (apabila ada folder penting yang tidak sengaja terhapus)
  • Fitur restore akun ke kondisi awal, dan me-nonaktifkan akun.

Setelah membicarakan fitur-fitur unggulan mereka, ada beberapa hal yang Asaljeplak sayangkan tidak ada di dalam Paket Web Hosting Premium dari Hostinger ini, seperti:

  • Shortcut khusus untuk menginstall wordpress,karena CMS yang satu ini yang paling banyak digunakan saat ini
  • Pilihan database selain MySQL (misalnya PostgreSQL)
  • Fitur-fitur statistik web seperti mengetahui siapa saja pengunjung web, awstats dan webalizer.

Namun secara keseluruhan, fitur-fitur yang diberikan Hostinger dirasa cukup untuk menutupi beberapa kekurangan yang Asaljeplak rasa tidak terlalu signifikan tersebut.

C. Kesimpulan

Hostinger menawarkan paket lengkap untuk kebutuhan hosting dan domain serta Cloud VPS dimana Asaljeplak rasa sudah lebih dari cukup bagi yang baru mulai berkutat dengan dunia hosting dan website.

Harga yang mereka tawarkan sangatlah murah dibanding kompetitor, dan integrasi control panel dengan member area memberikan nilai lebih menurut Asaljeplak, karena ini akan memudahkan mereka yang baru belajar atau tidak butuh fitur sekompleks cpanel.

Beberapa keunggulan yang bisa kamu dapat dengan menggunakan layanan hosting Niagahoster antara lain seperti:

  • Kontrol Panel yang terintegrasi, sehingga memberikan kemudahan akses
  • Web builder dan auto installer akan mempermudah kamu yang ingin segera membuat website (tidak menggunakan hosting untuk kebutuhan lain)
  • Fitur catch-all email yang akan mempermudah migrasi antar akun email (baik antar domain atau di dalam domain yang sama)
  • Desain member area yang user friendly sehingga tidak membingungkan
  • Fitur support berupa knowledge base dan live chat langusng dengan tim CS
  • Garansi 30 hari uang kembali sehingga kamu bisa mencoba dulu sendiri bagaimana kualitas mereka
  • Harga yang sangat kompetitif dan bisa dibilang lebih murah dibandingkan beberapa kompetitor

Sebagai salah satu nama besar di dunia hosting, Asaljeplak dapat melihat bahwa Hostinger benar-benar mementingkan kemudahan akses bagi user dengan desain area member yang nyaman, kemudahan akses control panel, dan harga yang kompetitif.

Tentunya tidak ada perusahaan yang sempurna, dan Hostinger sendiri masih memiliki beberapa factor yang bisa ditingkatkan ke depannya.

Kalau kamu tertarik mencoba layanan Hostinger, silahkan kunjungi web mereka di https://www.hostinger.co.id untuk segera memulai.

Mereka menjanjikan garansi 30 hari uang kembali sehingga kamu bisa mencobanya dengan tenang, minimal sebulan pertama dulu untuk melihat apakah mereka merupakan penyedia hosting yang tepat untuk kamu atau tidak.

Semoga bermanfaat ya.

Artikel ini disponsori oleh Hostinger Grup

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here