Strategi Marketing untuk Perusahaan B2B a la asaljeplak

0
641

Okeh, karena sepertinya asaljeplak agak sedikit lumayan (apadah?) terobsesi dengan B2B, dan berhubung asaljeplak juga lagi jalanin bisnis yg B2B juga, maka kali ini mau sekedar ngupas masalah B2B, terutama dari strategi marketingnya.

Pertama-pertama, wajib diingat bahwa dalam B2B target konsumen kita adalah sesama pelaku usaha, yg melakukan kegiatan usaha, dan juga ingin produk serta jasanya laku di pasaran (hush, bukan pacaran! :p).

[ad_1]

 

terus kenapa? gw harus salto sambil bilang wow?

silahkan aja salto, koprol, kayang, pushup, dll, yg pasti yg gw bilang di atas itu ada hubungannya sama yg mau gw bahas wee :p

Jadi gimana strateginya ?

Pertama, target konsumen B2B itu tidak seluas B2C, jadi jarang perusahaan B2B beriklan secara jor2an melalui media seperti TV, Radio, dan broadcast lainnya.

Kedua, urusan menjaga hubungan apabila sudah dapet klien dalam B2B sangat penting, jadi carilah AE atau Sales atau customer relation yg handal dan pintar dalam menjaga relasi.

Ketiga, bangunlah image atau citra usaha kita sebaik-baiknya, tunjukkan sikap profesional dan menepati janji karena biasanya sih yg dicari oleh konsumen b2b adalah perusahaan yg seperti itu, meskipun ujung2nya nawar murah juga :p

Keempat, berikan servis-servis tambahan, diskon untuk pelanggan, gratis maintenance seumur hidup, dsb dsb. (bisa diterapkan juga utk B2C).

Kelima, bangun networking pertemanan seluas-luasnya, soalnya itu sangat penting terutama di Indonesia, karena semakin luas networking kita, semakin besar pula peluang untuk bisa menawarkan jasa ataupun produk kepada network kita tersebut dan biasanya akan lebih mudah tembus kalau udah temen :p

[wp_ad_camp_4]

 

nah. kira-kira begitulah beberapa strategi marketing nya secara garis besar. Untuk detailnya, sebaiknya mengalami sendiri deh biar tau, karena disini bener2 butuh trial-error karena meskipun sedikit target konsumennya dibandingkan B2C, tetapi tiap2 konsumen B2B tersebut mempunyai karakteristik dan ciri khasnya masing-masing, jadi susah utk dirinci (ah ngeles aja lo plak :p)

Semoga bermanfaat ya, kalau nggak ya DL hahaha :p

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here