11 Tips ini berguna banget buat para fotografer pemula

0
129
tips belajar fotografi
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu yang baru mulai belajar fotografi, berikut ini 11 tips yang bisa kamu terapkan supaya kamu cepat mahir dalam mengambil gambar menggunakan kamera.

1. Jangan tergoda membeli peralatan mahal di awal 

Tidak perlu terbawa nafsu dan terburu-buru membeli peralatan mahal. Gunakan yang ada atau beli yang ringan di kantong sebagai awal untuk mempelajari teknik dasar.

 

2. Pertimbangkan membeli tripod

Tidak perlu yang mahal, yang penting berfungsi untuk menstabilkan hasil jepretan kamu. Kamu akan merasakan kualitas foto kamu membaik apabila kamu menggunakan tripod dibandingkan memegang dengan tangan.

 

3. Bawa terus kameramu kemanapun kamu pergi

Untuk kamu yang baru belajar fotografi, membawa kameramu kemanapun kamu pergi sangatlah penting. Kamu tidak akan pernah tahu kapan objek yang menarik akan muncul. Apabila bagi kamu terlalu memberatkan untuk membawa kamera kemanapun (dan juga tripod) kamu bisa mengambil gambar dengan hape kamu yang berguna sebagai memo agar kamu bisa kembali ke tempat tersebut untuk mengambil gambar dengan kamera andalanmu.

 

4. Buat daftar objek atau gambar yang ingin kamu potret

Saat kamu tidak membawa kamera, selain bisa mengambil kamera dengan ponsel sebagai memo, kamu juga bisa mencatat objek-objek yang ingin kamu ambil gambarnya. Catat dengan detail, mulai dari pencahayaan, jenis objek, dan lain sebagainya.

 

5. Perhatikan lingkungan sekitar, coba foto objek yang kamu anggap “biasa”

Kamu juga bisa memfoto objek yangada di sekitar rumah kamu, ini berguna untuk kamu melatih teknik dasar, mempelajari pencahayaan, dan lain-lainnya.

 

6. Nikmati proses belajarmu

Jangan mereasa tertekan atau merasa harus cepat bisa. Nikmati saja masa-masa kamu mempelajari fotografi dan jangan pernah berhenti berlatih mengambil gambar.

BACA JUGA :  7 Tips Memotret dengan Hasil Keren di Konser Musik

7. Cari sumber-sumber tips dan tutorial gratis dimanapun

Tidak harus mengambil kursus mahal, kamu bisa mendapatkan tutorial-tutorial ataupun tips gratis di Internet. Pelajari tutorial tersebut dan langsung praktekkan agar cepat terbiasa.

 

8. Selalu bereksperimen dengan pengaturan kamera

Jangan mentok pada satu settingan saja, kamu wajib mengutak atik menu pengaturan pada kamera kamu sembari mempelajari fungsi fungsinya.

 

9. Pelajari ilmu-ilmu dasar fotografi

Jangan langsung mengincar teknik-teknik tingkat menengah ke atas. Belajar dari teknik-teknik dasar hingga kamu menguasainya. Baik dalam belajar fotografi maupun belajar apapun, menguasai teknik dasar adalah hal yang paling penting karena akan membantu kamu mempelajari teknik yang lebih tinggi dengan lebih mudah.

 

10. Ambil gambar foto secara reguler

Jangan pernah berhenti memotret kapanpun dimanapun apabila memungkinkan. Intinya kamu haeus berlatih dan terus berlatih. Apabila tidak memungkinkan, sediakan waktu khusus untuk kamu memotret dan menerapkan teknik yang telah kamu pelajari.

11. Jangan berhenti bereksperimen

Sama seperti poin 8, jangan berhenti melakukan uji coba dan jangan terpatok pada satu teknik tertentu. Selalu lakukan eksperimen terhadap cara kamu mengambil gambar, mengatur pencahayaan, setting kamera, dan sebagainya.

Nah demikianlah 11 tips belajar fotografi yang penting, terutama bagi kamu yang baru memulai. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar