5 Tips untuk Membuat Password yang Sulit Ditebak tetapi Mudah Diingat

0
165
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu yang sering kesulitan membuat password untuk akun atau perangkat kamu, berikut ini 6 tips supaya password tidak mudah ditebak tetapi mudah untuk diingat.

 

 

Membuat password alias kata kunci itu tidaklah rumit, tetapi jangan juga kamu remehkan dengan membuat password yang terlalu mudah, karena taruhannya disini adalah data-data pribadi kamu yang bisa saja diakses oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Suatu password yang dianggap “aman” itu biasanya terdiri dari gabungan huruf kecil, huruf besar, angka, dan karakter khusus (cth: !,@,#,$), dan tentunya akan sulit untuk kita ingat apabila kita sembarang mengkombinasikannya.

Untuk membuat password yang sulit ditebak, bahkan menggunakan program sekalipun, tetapi tetap dengan mudah kamu ingat, ada beberapa tips yang bisa kamu coba dan diantaranya adalah 6 tips berikut ini.

5Penggalan senandung untuk anak-anak

vuralyavas / Pixabay

Terutama bagi kamu yang ttelah memiliki momongan atau anak, kamu bisa gunakan senandung-senandung yang biasa kamu gunakan untuk menidurkan mereka sebagai Password.

Tentunya tidak kata-per-kata kamu gunakan untuk password, melainkan dengan metode seperti ini:

Contoh senandungnya : “Kalau tidak bobo digigit nyamuk”

Dari senandung di atas kamu bisa membuat beberaspa variasi password yang sekiranya sesuai dengan aturan aman seperti disebut di atas, dengan berbagai variasi misalnya,

Kt!b0d99TnYmk yang merupakan modifikasi dari Kalau t!dak b0bo di9i9iT nYamk

 

4Penggalan lirik atau dialog dari musik atau film kesayangan

snsforyou / Pixabay

Kamu juga bisa menggunakan penggalan lirik lagu atau dialog film favorit kamu yang sudah sangat kamu hafal. Untuk lebih amannya jangan gunakan pengganti yang umum digunakan, misalnya huruf S dengan angka 5, lalu huruf E dengan angka 3.

Coba modifikasi sedikit, misalnya mengganti huruf E dengan angka 6 (Enam) atau 4 (Empat), atau huruf S diganti dengan angka 9 (sembilan).

Contohnya kita menggunakan penggalan film Godfather, “I’m gonna make him an offer he can’t refuse.” yang bisa kita ubah menjadi password seperti ini:

BACA JUGA :  Cara Mencari Data Duplikat Menggunakan Fungsi COUNTIF pada Microsoft Excel

!gMh40HcR6

 

3Menggunakan istilah profesional yang biasa kamu gunakan di lokasi kerjamu.

Apakah kamu seorang pakar marketing, suster, dokter, pengacara, tentunya memiliki istilah-istilah khusus yang hanya digunakan di industri atau lokasi kerja mu.

Lalu sedikit modifikasi lagi, kamu bisa juga merubah huruf A menjadi angka 0, atau huruf apapun dengan angka berapapun selama kamu usahakan mengingat aturan yang kamu buat tersebut.

Untuk ini tidak ada contoh yang terpikir, disesuaikan saja dengan pekerjaan masing-masing ya.

 

2Tanggal penting untuk diri sendiri (selain tanggal ulang tahun)

webandi / Pixabay

Tips selanjutnya adalah menggunakan tanggal penting dalam hidup kamu, yang diluar tanggal-tanggal penting standar seperti tanggal lahir, tanggal pernikahan, tanggal lahir anak, dsb.

Gunakanlah tanggal dari momen-momen yang mengesankan di dalam hidup kamu seperti tanggal kamu ditembak pacar pertama, atau tanggal pertama kali ngekos, atau tanggal-tanggal lainnya yang tidak umum tapi berkesan.

Tips modifikasi tambahannya adalah menggabungkan 3 momen mengesankan yang berarti menggabungkan 3 tanggal, dan masing-masing tanggal dipisah dengan tanda “_” (tanpa kutip).

Lalu kamu bisa mengubah lambang “/” yang biasa digunakan sebagai pemisah antara tanggal/bulan/tahun dengan huruf kecil, dan akhiri dengan karakter khusus seperti !, @, #.

contohnya, tanggal-tanggal berkesan tersebut adalah 01/01/2017 , lalu 20/07/1979, dan 03/10/2001, maka kamu bisa menuliskan passwordnya sebagai berikut:

01l01l2017_20l07l1979_03l10l2001#

 

1Membuat alur pola menggunakan keyboard komputer

Tips yang terakhir adalah membuat suatu pola pada keyboard. Seperti pada contoh gambar di atas, kamu bisa menarik garis (imajinasi ya, jangan digambar betulan pada keyboard) membentuk pola garis yang tentunya akan lebih mudah diingat dibandingkan menghafal angka-angka.

Dalam contoh gambar di atas, pola yang ditunjukkan adalah 3waxcvgy7890-=

 

 

Demikianlah beberapa tips membuat password yang sulit untuk ditebak tetapi mudah untuk diingat oleh pembuatnya.

Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar