8 Tips Mengakali Router Wifi untuk Mempercepat Koneksi Internet

0
1064
Beri Nilai untuk Artikel ini

Apabila kamu sering mengalami gangguan koneksi dengan wifi rumah atau kantor kamu, maupun merasa internet Wifi makin lemot, kamu wajib baca tips-tips berikut ini.

Berikut ini 8 Tips untuk mengakali router Wifi kamu guna mendapatkan koneksi Internet yang lebih cepat dan lebih stabil :

1. Menggunakan Powerline Adapter.

7-tips-mengakali-router-wifi-powerline-adapter

Menggunakan Powerline Adapter untuk meningkatkan kekuatan sinyal router wifi kamu adalah salah satu solusi yang membutuhkan biaya tambahan tetapi cukup efektif, terutama apabila kamu ingin memperkuat sinyal di satu ruangan.

Beberapa produk Powerline Adapter yang tersedia di pasaran antara lain :

2. Mencari spot optimal untuk Router.

Router Wifi memancarkan sinyal ke seluruh rumah. Ada yang bisa menembus dinding ada pula yang tidak tergantung dari ketebalan dan kekuatan sinyal.

Cari posisi yang paling optimal untuk router wifi kamu, usahakan di tempat yang agak tinggi dan jangan menaruh router wifi di lantai karena bisa menurunkan kemampuan router atau bahkan tidak bisa connect sama sekali.

[bctt tweet=”Menempatkan Router Wifi di lantai akan mengurangi secara drastis kinerja pemancaran sinyal.” username=”asjeplak”]

3. Posisi antena untuk router yang memiliki 2 antena atau lebih.

Untuk router yang memiliki 2 antena disarankan untuk tidak menghadapkan antena ke arah yang sama karena akan mengurangi efektifitas router dalam memancarkan sinyal.

sumbe gambar : wirelesshack.org
sumbe gambar : wirelesshack.org

Pada contoh gambar di atas merupakan pengaturan posisi antena router wifi yang disarankan, dan dapat dilihat bahwa kedua antena dihadapkan ke arah yang berbeda dan saling menjauhi.

[bctt tweet=”Jangan mengarahkan antena-antena Router Wifi ke arah yang sama” username=”asjeplak”]

4. Menggunakan Aluminium Foil.

7-tips-mengakali-router-wifi-aluminium-foil
sumber gambar : wirelesshack.org

Nah kalau cara yang satu ini jujur aja Asaljeplak belum pernah coba, tetapi banyak yang bilang berhasil dan dapat membantu meningkatkan kekuatan sinyal wifi walaupun sedikit.

5. Menggunakan Wifi Extender.

7-tips-mengakali-router-wifi-wifi-extender

Salah satu tips yang membutuhkan biaya tambahan (lagi), Wifi Extender berguna untuk meneruskan sinyal wifi dari router kamu untuk dipancarkan kembali ke seluruh area.

BACA JUGA :  Cara Mengubah Password GMAIL di berbagai Perangkat

Lalu lebih efektif mana Wifi extender dengan powerline adapter?

Kalau tujuannya untuk memperluas sinyal secara umum maka kamu bisa menggunakan Wifi Extender, tapi kalau yang kamu butuhkan adalah sinyal kuat di dalam satu ruangan maka gunakanlah Powerline Adapter.

Berikut beberapa produk Wifi Extender yang ada di pasaran :

6. Menginstall DD-WRT Firmware.

Ini merupakan opsi yang cukup berisiko terutama bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman dalam mengupgrade firmware Router.

Apabila berhasil dilakukan akan membuka fitur-fitur baru yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan router kamu. Pastikan model Router WIFI kamu termasuk diantara yang bisa menggunakan firmware ini ya.

Risikonya apabila instalasi firmware gagal dilakukan maka Router Wifi kamu akan sama sekali tidak bisa digunakan.

Kamu bisa mempelajari dan juga download firmware dd-wrt di sini.

7. Menyingkirkan benda-benda yang bisa menghalangi router

Solusi berikut ini merupakan solusi yang menggunakan nalar saja sih. Karena Wifi Router memancarkan sinyal ke segala arah ada baiknya Router kamu tidak terhalang benda-benda terutama yang berukuran besar.

[bctt tweet=”Beri ruang di sekitar Router Wifi kamu supaya lebih baik dalam memancarkan sinyal.” username=”asjeplak”]

8. Reboot Router secara reguler.

Nah kalau yang satu ini merupakan proses yang sudah sewajibnya kamu lakukan.

Tidak masalah untuk Router Wifi menyala terus menerus selama 24 Jam setiap harinya, tetapi supaya kinerjanya lebih baik lagi cobalah untuk rutin melakukan reset/reboot setiap hari di waktu yang sama.

Banyak komplen atau masalah soal Router Wifi bermasalah yang bisa diselesaikan hanya dengan melakukan reboot, jadi sebelum masalah tersebut muncul rutinlah setiap hari melakukannya.

[bctt tweet=”Dalam banyak kasus, me-reboot atau reset Router Wifi merupakan solusi yang WAJIB dicoba pertama kali sebelum yang lainnya.” username=”asjeplak”]

 

Nah demikianlah tips-tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan performa Router Wifi yang secara otomatis akan meningkatkan sinyal, koneksi, dan kecepatan Internet kamu.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar