Tips Merakit Komputer yang Hemat Listrik

0
396
Beri Nilai untuk Artikel ini

Merakit komputer sendiri merupakan solusi yang lebih murah dibandingkan membeli laptop ataupun notebook, tetapi komputer bisa membuat tagihan listrik kamu membengkak lho. Berikut ini tips merakit komputer yang hemat listrik.

 

Dalam merakit komputer yang hemat listrik, beberapa komponen yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut:

Kartu Grafis / Graphic Card / VGA Card

Komponen yang satu ini merupakan yang paling memakan daya listrik, terutama apabila kamu menggunakan kartu grafis high end dengan memory besar, bit besar, padahal kebutuhan kamu hanya untuk browsing ataupun mengerjakan tugas menggunakan Microsoft Office saja.

Sesuaikan kartu grafis yang kamu pakai dengan kebutuhanmu, apabila tidak terlalu berat penggunaannya, pertimbangkan juga membeli motherboard yang sudah tertanam kartu grafis yang dikenal dengan istilah onboard VGA.

 

BACA JUGA :  3 VGA Card Gaming Terbaik dengan Harga Dibawah Rp 1 juta 2016

 

Processor / CPU

Otak dari komputer ini juga membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit. Sekali lagi, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan komputer sehari-hari sehingga tidak terlalu overkill dan ujung-ujungnya membuat tagihan listrik membengkak.

Cari review terkait CPU yang memiliki spek tinggi tetapi membutuhkan daya listrik (TDP / Thermal Design Power) rendah di Internet untuk lebih memaksimalkan spek dengan kebutuhan listrik yang digunakan.

Beberapa CPU dengan daya efisien yang dianjurkan oleh website review seperti TechRadar dan Makeuseof antara lain:

  • AMD Sempron 3850
  • Intel Pentium G4400
  • Intel Core i5-4570S
style="display:block" data-ad-client="ca-pub-7492540380409040" data-ad-slot="7785091617" data-ad-format="auto">

 

Hard Disk

Komponen ini juga membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit, terutama untuk hard disk IDE yang masih menggunakan cakram.

Sebaiknya mulai dipertimbangkan untuk beralih ke SSD, karena selain hemat daya juga lebih tangguh dan lebih cepat meskipun harga yang ditawarkan masih cukup mahal dibandingkan hard disk konvensional.

BACA JUGA :  Panduan Lengkap Mengenai Hard Disk

 

Power Supply

Komponen ini paling sering disepelekan karena sering dianggap tidak terlalu signifikan dalam meningkatkan spek, tetapi kenyataannya memilih power supply yang baik adalah landasan paling utama dalam merakit komputermu sendiri.

Hindari menggunakan power supply bawaan casing dan selalu beli yang memiliki review baik dan daya yang dihasilkan diakui murni atau mendekati dari yang ditawarkan.

Power Supply yang baik akan menghasilkan aliran listrik yang stabil dan efisien ke seluruh komponen sehingga akan menjaga keawetan masing-masing komponen tersebut.

Kamu bisa mengunjungi situs berikut ini untuk menghitung perkiraan kebutuhan Power Supply yang mesti kamu sediakan untuk keseluruhan komputermu.

 

 

Nah demikianlah beberapa tips dalam merakit komputer yang hemat listrik agar tidak terlalu membebani tagihan listrik bulananmu.

Perlu diperhatikan juga bahwa sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan mereka yang lebih memahami soal komponen komputer sebelum merakit komputermu sendiri ya.

Semoga bermanfaat.

 

 

Beri Komentar