Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu yang ingin hasil rekaman video untuk channel Youtube milikmu semakin keren dan profesional, berikut ini 11 tips yang bisa kamu coba.

1

1. Rekam dengan Ponsel atau Webcam (untuk yang memiliki perangkat tersebut dengan resolusi tinggi).

Kamera Ponsel atau Webcam yang kamu punya sudah cukup digunakan untuk merekam video Youtube dengan baik tanpa perlu membeli kamera yang lumayan mahal harganya. Tentunya minimal resolusinya adalah 720p ya dan jangan gunakan yang di bawah itu.

2

2. Rekam Video secara Horizontal.

Karena mengingat layar monitor saat ini bertipe widescreen maka sudah sewajarnya kamu merekam apabila menggunakan ponsel dengan posisi terlentang alias horizontal.

Apabila menggunakan webcam internal dari laptop, usahakan posisi monitor adalah 90 derajat dan tidak kamu majukan atau mundurkan.

3

3. Pastikan Lensa Kamera Sejajar dengan Muka (Gunakan Tripod apabila Perlu).

Apabila kamu merekam diri kamu sendiri, usahakan lensa sejajar dengan muka kamu. Untuk pengguna ponsel bisa menggunakan tripod khusus supaya hasil rekaman tetap stabil.

Untuk pengguna laptop kamu bisa menempatkan laptop di atas tumpukan buku supaya webcam sejajar dengan muka.

4

4. Pelajari Video Editing.

Untuk hasil yang lebih baik tentunya kamu perlu melakukan sedikit editing pada hasil rekaman kamu sebagai sentuhan akhir sebelum mengunggahnya ke channel Youtube milikmu.

Minimal kamu harus bisa cara memotong dan menggabungkan video. Software yang Asaljeplak sarankan untuk pemula adalah Filmora karena sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap.

BACA JUGA :  Cara edit video KEREN dan MUDAH dengan Filmora
5

5. Hindari Menggunakan Fitur Zoom pada Kamera.

Fungsi Zoom pada kamera ponsel maupun webcam memang sangat membantu, tetapi hasilnya tidak sebagus zoom dengan cara manual seperti pada kamera-kamera DSLR.

Untuk hasil maksimal dekatkanlah kamera ke objek yang ingin direkam dan hindari menggunakan fitur Zoom karena akan berdampak pada kualitas rekaman.

6

6. Rekam Video pada 24 FPS.

Sebenarnya ini merupakan settingan standar pada semua kamera ponsel ataupun webcam. Tetapi lebih baik lagi kamu pastikan kembali.

FPS di bawah itu bisa membuat kualitas pemutaran video kamu berkurang dan tidak nyaman bagi yang menonton.

7

7. Hindari Merekam Suara Menggunakan Mic dari Perangkat yang Digunakan untuk Merekam.

Usahakan menggunakan perangkat berbeda untuk merekam suaramu dan jangan gunakan mic bawaan kamera atau laptop yang digunakan untuk merekam.

Ini dikarenakan peletakan mic juga berpengaruh terhadap kualitas audio dan biasanya peletakannya tidak sama dengan peletakan untuk kamera yang digunakan untuk merekam.

8

8. Tepukkan Tangan dengan Kencang Sebanyak Satu Kali di awal Rekaman.

Ini berguna untuk menandai waktu awal video berlangsung. Hal ini sangat membantu pada saat kamu mengedit audio karena nanti pada grafik gelombang suara akan ada satu bagian yang melonjak sebagai penanda.

Untuk editing audio atau suara kamu bisa menggunakan software gratisan semacam Audacity, atau software berbayar seperti Acoustica Mixcraft.

9

9. Gunakan Kain Berwarna Polos Sebagai Latar.

Gunakan kain berwarna polos satu warna) sebagai latar video kamu. Kecuali kamu ingin melakukan editing chroma key yang biasanya membutuhkan background cerah seperti warna hijau, kamu bisa menggunakan kain polos berwarna hitam.

Kain warna hitam akan lebih baik dibandingkan kain dengan warna putih karena akan lebih bersahabat dengan cahaya yang ditampilkan dari lighting milikmu.

10

10. Letakkan Bantal atau Benda Empuk Lainnya di Sekitar Area Rekaman.

Bantal atau benda-benda empuk lainnya akan berguna untuk meningkatkan kualitas audio karena dengan cara tersebut maka gema atau echo yang dihasilkan dari rekaman audio akan berkurang.

11

11. Manfaatkan Cahaya Natural.

Dibandingkan menggunakan perangkat lighting yang mahal, sumber cahaya yang baik adalah dari alam. Apabila ruangan kamu memiliki jendela ke luar yang membiarkan cahaya masuk, kamu bisa mereka menghadap jendela dengan kamera membelakangi jendela tersebut agar cahaya bisa mengarah ke muka dan background.

Cahaya alami alias natural ini tepat kamu gunakan terutama di pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik dan malah menghasilkan bayangan yang tidak perlu.

Demikian beberapa tips merekam video untuk channel Youtube kamu yang bisa coba untuk membantu meningkatkan kualitas rekaman yang dihasilkan.

Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar