[TUTORIAL-Series] Membangun Situs Social Network dengan WordPress part 1

2
837
Beri Nilai untuk Artikel ini

Hai Asaljeplak-erss

Kali ini asaljeplak ingin memberikan tutorial berseri tentang bagaimana membuat situs Social Network atau bisa dibilang Social Media (Socmed) hanya dengan menggunakan WordPress.

Untuk part 1 ini Asaljeplak hanya memberikan gambaran serta plugin yang dibutuhkan untuk membangun situs Social Network mu sendiri, nanti detailnya akan diberikan di part-part berikutnya

Baiklah, tanpa tedeng aling-aling, terutama aling-aling bambu, kita mulai saja :

EPISODE 1 : Persiapan dan Plugin

Untuk membangun sebuah situs Social Network menggunakan platform WordPress itu semestinya (semestinya lho ya) lebih mudah dikarenakan faktor dasar yaitu platform dari CMS WordPress itu sendiri sebagai media untuk blogging, memiliki avatar, nama author, dsb. sudah mirip kan dengan “standar” social media pada umumnya?

BELUM.

Iya belum, tetapi untungnya sudah tersedia plugin-plugin yang membuat hidup jadi berwarna… eh maksudnya membuat kita menjadi lebih mudah dalam membangun website Social Network.

Tetapi, sebelum membicarakan mengenai plugin, berikut beberapa persiapan yang harus disiapkan agar menjadi siap (hayah) sebelum memullai membangun website facebook Social Network :

1. Mens Sana Incorpore Sano – di dalam server yang kuat terdapat harga yang mahal jaringan yang kuat

Oh ya iya, perlu ini, kalo nggak stabil servernya bisa dilabrak massa ntar, kalo ga sanggup nampung ribuan koneksi bersamaan ya percuma kan, meskipunnn mikirin tentang server itu bisa nanti2 aja pas member udah makin banyak, tapi bisa jadi pertimbangan terutama jika kamu punya investor yang kuat juga hehehe

2. Bikin draft kasar tentang website yang akan dibikin

Ini juga perlu diperhatikan. Karena membangun situs socmed yang gratisan atau yang banyak keterbatasan akses untuk member yang nggak bayar pasti beda struktur juga.

misalnya kamu mau bangun website seperti pesbuk dengan membangun situs cari jodoh pasti beda lagi struktur menu dan halamannya.

3. Siapin mental

Lha ini kenapa? karena ini WordPress, dan kecuali kamu seorang programmer atau coder yang anti mengandalkan plugin alias semua bisa custom made, atau kamu punya duit banyak jadi bisa bayar developermasalah mental ini perlu diperhatikan. Karena banyak sekali plugin2 bertebaran di wordpress.org yang belum tentu semuanya di update, dan kadang-kadang plugin untuk membangun website jenis ini yang cocok dengan fitur cara-install-theme-wordpressyang kamu mau belum tentu semuanya tersedia.

Contoh, untuk fitur chat saja sangat susah mencari plugin yang update dan reliable kecuali kamu mau bayar lumayan mahal (biasanya kena biaya langganan bulanan dari provider2).

Oiya, disini asaljeplak mau fokusin memberikan tips yang tanpa biaya (di luar bayar hosting dan domain serta template theme) dan lebih ditujukan buat non-programmer atau non-coder, alias rakyat jelata macam asaljeplak ini.

Oke, setelah 3 hal ini siap, selanjutnya kita mulai ngomongin plugin.

Plugin-plugin gratisan apa saja yang bisa digunakan ? cekidot :

A. Plugin untuk Kerangka Struktur

Maksudnya di sini adalah kamu mau bikin website dengan tujuan apa? Lebih ke arah mana? ya sebenernya ga ada maksud sih cuma bingung aja mau kasih judul apa 😀

1. Buddypress

BP-01

 

 

 

 

 

 

 

Ini plugin wajib buat penggemar gratisan. Kenapa? karena dengan plugin ini secara default akan membuatkan kamu halaman profil, registrasi, tambah teman, kirim pesan, activity stream (buat update status, komen di status orang, dsb dsb), pasang foto avatar, mention dll bisa di setting walaupun cuma sebatas fitur-fitur standar, tapi ini udah oke kok, dan untungnya meskipun gratis komunitas nya masih semangat ngembangin dan update plugin ini.

Alternatif berbayarnya bisa pake WP-Symposium (ada versi gretongan juga) atau User Pro (ini bisa sinkronisasi dengan buddypress juga setau asaljeplak)

2. BBPress

BBP-01

 

 

 

Nah, ini buat yang mau bikin forum kaya kaskus perlu nih, eh bahkan bisa diintegrasiin dengan buddypress tanpa konfigurasi ekstra lagi lho. Sayangnya fitur moderasi untuk forum, sub-forum, sama topik masih agak kurang. Tapi ini pilihan utama buat yang mau membangun forum di wordpress.

Alternatif lainnya juga bisa pake WP-Symposium versi gratis atau ada juga AnsPress tapi ini lebih mirip Yahoo! Answers dibandingin forum, terus ada juga Simple:Press (belom pernah nyoba).

Dua plugin di atas (berikut alternatif2nya) merupakan plugin yang asaljeplak sarankan sebagai basis (bukan badan amal ya) untuk membangun website social network kamu. Selanjutnya yang akan asaljeplak share adalah plugin-plugin pelengkap yang dapat mempermanis muka kamu website kamu.

B. Plugin untuk Manajemen Keanggotaan

Banyak social network yang memiliki program membership alias keanggotaan kan ya, nanti mereka bisa upgrade ke akun premium dsb untuk dapet fitur yang lebih lengkap. berikut beberapa plugin yang bisa membantu kamu dalam manajemen membership di website kamu :

1. Paid Membership Pro

PMP-01

 

 

 

 

 

Ini plugin gratisan. seriusan ini gratisan. Tapi kalo mau dapat support yang menyeluruh mesti bayar. *yaiyaiyalah*

Tapi jujur aja, fitur-fiturnya oke punya, mulai dari pembuatan price list otomatis, halaman paket juga dibuat otomatis, pembatasan akses halaman, integrasi pembayaran dengan PayPal, email untuk penagihan, halaman checkout, pengingat expiry date, dan enaknya dia membuat role baru untuk tiap member yg daftar paket member, dll. Add-on gratisannya juga banyak dan bisa dilihat lengkap di menu setting mereka.

BACA JUGA :  Trik dan Cara Internetan Gratis di Android dengan Psiphon Pro

2. S2Member

S2-01

 

 

 

 

 

Ini juga plugin yang banyak digemari, bedanya ini ada PRO version nya jadi ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses kalo pake versi berbayarnya seperti jenis payment gateway yang bisa digunakan dan tentunya masalah support nya.

Fitur-fiturnya gak jauh beda kok sama Paid Membership Pro, balik ke selera masing2 aja enaknya yang mana, plus minus pasti ada tapi asaljeplak lagi gak mood bahas itu :p

3. WP-Members

WPM-01

 

 

 

 

 

 

Kemudian yang ketiga ada WP-Members. Ini gratisan, dan ini solusi yang paliing paliiing sederhana karena fiturnya juga sederhana. Hanya ada email template, pengaturan level anggota, field pada form registrasi, serta template email. Tidak ada setting untuk pembayaran, tagihan, dsb. fitur2 yang disebut di atas pun dikemas secara sederhana.

Ini lebih cocok buat kamu yang sekedar bisa kasih email custom untuk yang udah daftar ke situs kamu, dan pemberian hak akses yang beda2 untuk member kamu.

Kurang lebih segitu aja untuk plugin yang terkait dengan keanggotaan, markijut (mari kita lanjut). Intinya, selama fitur membership yang kamu pengen gak neko2, plugin2 ini udah lebih dari cukup kok tanpa perlu bayar support dari mereka atau pindah ke PRO version nya.

alternatif berbayarnya bisa pake User Pro , Private Content , atau WP Premium Members

 

B. Plugin pemanis & pelengkap

Plugin pemanis disini bukannya permen, asaljeplak ga suka bagi2 permen. eh adek, mau om kasih perm.. hayah, ngelantur.

Plugin pemanis di sini lebih ke arah plugin2 yang berfungsi sebagai pelengkap dari plugin2 di atas yang sudah asaljeplak ujicoba ketangguhannya sesuai dengan kapabilitas dan tentunya selera asaljeplak.

1. Nav Menu Roles

nmr

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini plugin dahsyat, bahkan ga perlu pake plugin membership di atas kalo mau agak manual sedikit. Fungsinya apa? fungsinya untuk mengatur akses menu.

Maksudnya? maksudnya gini, kamu bisa bikin menu sepanjang jalan kenangan waktu sama mantan, tetapi kamu bisa atur member mana yang bisa ngelihat menu tersebut.

jadi misalnya settingan menunya begini :

Home – About Us – Profile – Messages – Register – Login – Logout

kamu bisa setting agar pengunjung website non-member atau yang tidak login cuma bisa liat menu ini :

Home – About Us – Register – Login

dan tentunya kamu bisa setting agar member yang sudah login cuma bisa liat menu ini :

Home – Profile – Messages – Logout

kebayang kan enaknya ngatur akses member dengan plugin ini ? cara settingnya juga gampang banget.

2. Author Avatars List

AAL-01

 

 

 

Ini plugin simpel tapi cukup berguna, dia bisa menampilkan avatar2 dari role tertentu yang terdaftar di website kamu.

Misalnya kamu punya 1 geng admin yang pada hobi narsis pake tongsis dan pengen pada mejeng di halaman depan, bisa banget pake plugin ini. Kita bisa atur brp ukuran gambar avatarnya, brp banyak avatar yang akan ditampilkan, dan berapa avatar per halaman.

3. Wordfence Security

WF-02

 

 

 

Ini plugin gratisan yang oke buat memantau website kamu. Website social network juga ga lepas dari SPAM dan Bot, mereka bisa seenak jidat maen daftar aja gitu. Nah plugin ini fungsinya melihat siapa aja yang datang dan pergi ke website kamu, dari mana lokasi negaranya, emailnya, IP nya, dan bahkan mereka bisa ngasihtau kamu member mana yang passwordnya dirasa rentan. Gratisan tapi rasa premium ini plugin.

4. WP Email Template

WPMT-02

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini plugin keren buat bantu kamu desain email2 yang dikirim dari website kamu. bisa dikustom warna background, warna badan email, pake logo, bahkan mereka ga mewajibkan naro kata2 “powered by” dari developernya. Ga perlu upgrade ke PRO juga udh cukup asal kamu suka warna biru hehehe

5. Mailpoet Newsletter

MP-01

 

 

 

 

 

 

 

Kamu yang sering gabung di socmed2 pasti tau yg namanya newsletter. Itu lho, biasanya sering dapet email kan kalo ada promo terbaru, artikel terbaru, atau email selamat datang begitu baru aja gabung? Nah itu fungsinya plugin ini. Dengan versi gratisannya aja kamu bisa mendesain semau kamu untuk News letternya dilengkapi kode2 yang memudahkan kamu untuk naro konten di newsletter yang mau kamu kirim ke member

Settingannya lengkap, fleksibel, dan GRATISS, bahkan kamu bisa preview dulu sebelum dikirm

Untuk plugin2 pemanis yang berbayar bisa coba ini :

Visual Composer untuk membangun halaman web dengan cara simpell

Slider Revolution untuk buat slider di halaman depan (atau di mana aja) dengan fitur yang bener2 powerful dan banyak pilihan kustomisasinya

Uber Menu untuk bikin menu yang aneh2, bertumpuk, mau ada gambarnya di sub menu, dsb kalo misalnya kamu mau kustomisasi menu kamu

Modal Login untuk bikin area login/register yang ngambang (hush)

Nah segini dulu untuk episode 1 nya ya Asaljeplakers, nanti kita lanjut lagi tutorial tentang Membangun Situs Social Network dengan WordPress nya, mudah-mudahan bisa dalam waktu dekat

semoga membantu 🙂

 

Beri Komentar