5 Objek Wisata Kota Tua Terbaik di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

wisata-kota-tua-bengkulu-tugu-thomas-parr
Spread the love

Apabila kamu sedang mempersiapkan liburan ke Bengkulu, jangan lupa untuk mengunjungi 5 Objek Wisata Kota Tua ini ya.

jenis wisata Kota Tua memang merupakan tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi saat sedang berlibur baik bersama teman ataupun keluarga.

Bagi para penggemar lokasi wisata Kota Tua yang sedang berencana untuk liburan ke Bengkulu, jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke 5 tempat ini deh, dijamin nggak bakalan nyesel.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah_pengasingan_bung_karno
sumber: Kompas

Rumah ini merupakan salah satu bangunan bersejarah karena merupakan tempat diasingkannya Presiden Pertama RI, Soekarno, saat menjadi tahanan politik.

Bangunan ini dijaga kelestariannya oleh Dinas Budaya Provinsi Bengkulu sehingga tetap bersih terawat dan nyaman untuk dikunjungi.

Di sini kamu bisa melihat foto-foto tua dari rumah tersebut, lalu foto Bung Karno dan Ibu Fatmawati, serta pakaian-pakaian, sepeda, serta benda lainnya yang memiliki nilai historis tinggi.

Ngomong-ngomong soal Ibu Fatmawati, di dekat rumah ini juga ada rumah Ibu Fatmawati lho. Rumah tersebut bernuansa kayu yang masih terawat cat nya, kamar tidur, dan tentunya…. Mesin Jahit yang digunakan untuk menjahit Bendera Merah Putih kita yang pertama.

Tugu Hamilton

wisata-kota-tua-bengkulu-tugu-hamilton
sumber: triptrus.com

Tugu Hamilton, alias Monumen Kapten Robert Hamilton ni merupakan salah satu monumen tertua di Bengkulu.

Didirikan pada tahun 1808, monumen ini merupakan monumen yang didirikan pemerintah Inggris untuk mengenang tewasnya Kapten Robert Hamilton yang terbunuh oleh rakyat Bengkulu pada tahun 1793.

Mengingat sejarahnya tersebut, wajar saja kalau tugu ini dibiarkan tak terawat dan tidak berkesan objek wisata, kecuali bagi kamu penggemar objek-objek tua dan sejarah.

Pemakaman Inggris

wisata-kota-tua-bengkulu-makam-inggris
sumber: winnymarlina.com

Komplek Pemakaman yang dulunya berisikan ribuan makam para perwira Inggris yang pernah menduduki Indonesia tersebut merupakan salah satu objek wisata historis yang menarik dikunjungi.

Meskipun makam yang tersisa tidak sebanyak dulu karena banyak yang tertimbun, area pemakaman yang terletak di jalan veteran kelurahan Jitra ini sangat cocok bagi kamu penggemar objek wisata kuno.

Makam ini didirikan pada tahun 1775 dan pernah disebut sebagai area pemakaman terluas di Asia Tenggara.

Tugu Thomas Parr

wisata-kota-tua-bengkulu-tugu-thomas-parr
sumber: Wikipedia

Tugu yang unik dikarenakan bagian atasnya membentuk kubah ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia dan didirikan pada tahun 1808 untuk memperingati kematian Thomas Parr, residen Inggris yang mati terbunuh.

Bangunan ini disebut oleh penduduk lokal sebagai “Kuburan Bulek” dan disekelilingnya terdapat taman kecil yang indah.

Benteng Marlborough

wisata-kota-tua-bengkulu-Benteng-Marlborough
sumber: indonesia.go.id

Benteng Pertahanan milik Inggris ini sudah berdiri sejak tahun 1713 dan dipimpin oleh gubernur waktu itu, Joseph Callet.

Kamu bisa menjelajah ke berbagai penjuru benteng, untuk melihat ruangan-ruangan peninggalan, dan benda-benda kuno seperti ruang tahanan, gudang persenjataan, kantor, beberapa meriam, ruang perlindungan,serta terowongan sepanjang kurang lebih 6 m dan lebar 2 m.

Demikianlah 5 Objek Wisata Kota Tua Terbaik di Bengkulu yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke daerah tersebut.

Semoga tips dari kami membantu ya.

Baca artikel lainnya:

Artikel Lainnya

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.265.489 hit