7 Penyebab Mata Panda dan Cara Mencegahnya, Wajib Tahu!

penyebab-mata-panda

Bagikan artikel ini :

Selain kurang tidur, penyebab mata panda juga bisa karena beberapa faktor lain seperti usia, genetik, dehidrasi, paparan sinar matahari dan lainnya. Mata panda adalah kondisi ketika bagian di bawah mata terlihat lebih gelap dari warna kulit wajah. 

Orang yang punya mata panda biasanya terlihat lelah dan lebih tua daripada seharusnya. Oleh karena itu, yuk lihat apa saja penyebab dan cara mencegahnya di bawah ini!

Penyebab Mata Panda

Meskipun umumnya tidak membahayakan, mata panda bisa membuat orang terlihat lelah dan tidak sehat. Adapun beberapa penyebab mata panda yaitu :

1. Kurang Tidur

Penyebab lingkar mata hitam atau mata panda yang paling utama adalah kurang tidur. Kurang tidur akan mengganggu aliran darah di sekitar mata. Hal ini akan membuat darah menumpuk di area bawah mata dan menjadi mata panda. Selain itu, kurang tidur juga akan menyebabkan mata menjadi bengkak dan wajah terlihat kusam.

2. Dehidrasi 

Jika tubuh kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi, kulit di sekitar mata bisa terlihat cekung dan tidak segar. Sehingga kondisi ini bisa menjadi penyebab bawah mata hitam.

3. Faktor Keturunan

Mata panda juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Seseorang yang memiliki keluarga, seperti saudara atau orang tua, dengan kondisi mata panda biasanya tinggi kemungkinannya untuk mengalami kondisi serupa.

4. Faktor Usia

Penyebab mata panda hitam selanjutnya adalah faktor usia. Kulit akan menjadi semakin tipis dan kehilangan elastisitasnya secara perlahan seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan pembuluh darah di bawah mata menjadi lebih terlihat, yang akhirnya dapat menghasilkan mata panda.

BACA JUGA  33 Hal yang Wajib dilakukan untuk Menjaga Kesehatan, Tanpa Biaya

5. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi miinuman beralkohol juga bisa menjadi salah satu penyebab mata panda. Dampak dari kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok adalah dapat menghambat aliran darah di kulit wajah dan menyebabkan lingkaran di sekitar mata tampak lebih gelap yang disebut mata panda.

6. Alergi

Penyebab mata panda selanjutnya adalah alergi. Saat mengalami alergi, tubuh akan melepaskan zat kimia bernama histamin. Histamin akan menyebabkan pembuluh darah membesar dan membuat area di bawah mata terlihat lebih gelap.

7. Paparan Sinar Matahari 

Terpapar sinar matahari secara langsung dan berlebihan bisa memicu tubuh menghasilkan lebih banyak melanin, yaitu pigmen yang membuat kulit tampak lebih gelap. Hal ini bisa membuat kulit di sekitar bawah mata terlihat lebih gelap dan menjadi mata panda.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Apabila mata panda disebabkan oleh kondisi yang tidak membahayakan kesehatan, maka cara-cara berikut ini bisa dicoba untuk menghilangkan lingkar hitam di area mata tersebut.

  • Upayakan tidur minimal tujuh jam setiap hari.
  • Jaga pola makan seimbang untuk mencegah anemia.
  • Mengontrol stres.
  • Lindungi area mata dengan kacamata yang dilengkapi pelindung UV.
  • Saat beraktivitas di luar ruangan, gunakan tabir surya di sekitar kulit mata untuk melindungi mata dari efek sinar UV.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol untuk mencegah pembentukan mata panda serta menjaga kesehatan mata secara menyeluruh.

Itu dia beberapa informasi mengenai penyebab dan langkah-langkah pencegahan mata panda yang dapat diterapkan di rumah. Pastikan untuk selalu mengutamakan gaya hidup sehat dan perawatan yang tepat di area mata agar terlihat lebih segar dan cerah.  Semoga artikel ini bermanfaat!

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...