Menu Tutup

8 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp yang Tidak Berbunyi

cara-install-whatsapp-tanpa-nomor-hape
Spread the love

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan 8 cara mengatasi notifikasi Whatsapp yang tidak berbunyi yang bisa kamu coba apabila kamu mengalami masalah tersebut.

Menunggu pesan Whatsapp tetapi kok tidak ada bunyi notifikasi, dan begitu dilihat ternyata pesan yang ditunggu sudah masuk sejak lama tentunya bikin kesel ya.

Saking keselnya sampai ingin banting ponsel. HUH.

Eits, jangan dibanting dulu ponselnya, karena belum tentu ada masalah pada ponsel (tapi ya kalau kamu terlanjur banting sudah pasti ada masalah), dan sebaiknya kamu mencoba 8 cara ini terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membanting, menjual, atau membawa ponsel ke tukang servis.

1. Pastikan Suara tidak dalam kondisi Mute

Sebelun marah dan ngamuk, pastikan dulu ponsel kamu, baik itu Android ataupun iPhone, tidak dalam kondisi “Mute” atau “Silent”. Naikkan volume ke atas, atau kalau pada iPhone yang menggunakan switch silent/ring pastikan switch tidak dalam posisi silent.

2. Pastikan Whatsapp Sound menyala/aktif

Buka aplikasi Whatsapp kemudian pergi ke Settings>Notifications alias Pengaturan>Notifikasi, dan pastikan pilihan Conversation tones / Bunyi percakapan dalam kondisi tercentang.

3. Periksa pengaturan iPhone/Android

Pastikan notifikasi Whatsapp dinyalakan dengan cara memeriksa pengaturan aplikasi Whatsapp baik pada iPhone maupun Android.

4. Logout dan Login kembali dari Whatsapp

Ini agak rumit (tapi nggak juga), dimana pertama-tama kamu harus mem-backup semua chat terlebih dahulu, dan selanjutnya caranya akan berbeda untuk pengguna iPhone dan Android.

A. Pengguna Android

  1. Pergi ke menu Settings>Apps>Application Management>WhatsApp.
  2. Pilih Clear data untuk menghapus data pengguna
  3. Buka aplikasi Whatsapp dan login kembali

B. Pengguna iPhone

  1. Uninstall/hapus aplikasi Whatsapp
  2. Download dan install ulang Whatsapp dari Appstore
  3. Login ulang Whatsapp

5. “Force Stop ” Whatsapp dan restart ponsel

Untuk pengguna Android, lakukan metode force stop Whatsapp dengan cara pergi ke menu Settings>Apps>Application Management>WhatsApp atau yang sejenis, kemudian klik pada tulisan Force Stop.

Sementara untuk pengguna iPhone yang tidak memiliki fitur Force Stop maka kamu bisa klik dua kali tombol home (atau swipe ke atas untuk pengguna iPhone X ciee) untuk memunculkan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan lalu cari Whatsapp dan hapus.

6. Update/Perbarui Whatsapp

Untuk cara yang satu ini kamu bisa pergi ke Playstore atau App Store untuk melihat apakah ada pembaruan terbaru untuk aplikasi Whatsapp dan apabila ada silahkan diupdate.

7. Install Ulang Whatsapp

Kalau cara yang ini sudah jelas ya, yaitu kamu hapus/uninstall Whatsapp kemudian install kembali dan login. Pastikan bahwa semua chat sudah dibackup kalau kamu ingin membackupnya (kalau mau lho, kalau nggak juga gpp).

8. (Khusus iPon) Reset notifikasi Whatsapp

Untuk pengguna iPhone saja, petama-tama buka aplikasi Whatsapp dan pergi ke menu Settings atau Pengaturan kemudian cari menu Reset Notification Settings lalu pilih menu tersebut. Ini terutama bagi kamu yang menggunakan nada bunyi custom.

Semoga 8 cara mengatasi notifikasi Whatsapp tidak bunyi di atas dapat memperbaiki masalah yang ada pada aplikasi WA milikmu ya, semoga berhasil dan selamat mencoba.

Posted in Android, IOS, Medsos, Mobile, Whatsapp

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan