Cara Mengubah ukuran icon pada Android

Cara mengubah ukuran icon pada Android milikmu yang bisa kamu coba praktekkan sendiri dengan mudah.
Spread the love

Bila kamu adalah pengguna smartphone dengan OS Oreo, kamu pastinya akan menemukan beberapa hal menarik yang  terasa berbeda dengan versi OS Android sebelumnya.

Salah satu diantaranya adalah kamu dapat mengkustomisasi tema smartphone kamu dan juga dapat mengubah bentuk ikon yang ada. Tapi tahukah kamu cara mengubah ukuran ikon pada Android?

Salah satu fitur yang disematkan pada OS Oreo adalah kemampuannya dalam mengkostumisasi semua hal yang ada di dalam halaman muka smartphone kamu. T

ermasuk didalamnya adalah merubah bentuk ikon. Untuk kamu yang ingin merubah bentuk ikon di halaman muka smartphone kamu, Asaljeblak tahu caranya.

Pertama, pada layar muka atau home screen, tekan layar hingga muncul jendela pengaturan.

Setelah itu kamu cukup pilih opsi “Setelan layar utama”. Dan selanjutnya kamu tinggal mencari opsi untuk mengubah bentuk ikon dan atur sesuai dengan keinginan kamu, bisa persegi, bundar, dan lain-lain.

Dengan mengubah bentuk ikon dari setting default ke bundar, akan menyebabkan beberapa ikon terlihat lebih kecil dari sebelumnya.

Mensiasati ukuran ikon pada tampilan utama layar

Untuk kamu yang ingin tampilan ikon yang lebih kecil atau lebih besar pada layar utama, kamu bisa menyiasatinya dengan merubah ukuran grid pada layar utama smartphone kamu. Bila kamu ingin ukuran ikon yang agak besar, kamu bisa rubah grid ke ukuran 4×4. Dan bila kamu ingin seolah-olah ukuran ikon menjadi lebih kecil, kamu bisa mengganti grid menjadi ukuran 5×5.

Caranya adalah, kamu cukup masuk ke menu pengaturan layar yang dapat kamu akses pada layar menu utama. Pada menu ini kamu akan mendapati pilihan “Kisi Layar”. Pilih Kisi Layar, dan kamu dapat mengatur berapa jumlah ikon yang bisa ada didalam satu halaman smartphone kamu.

Install Small Icon Apex Theme

Namun, bila kamu ingin benar-benar merubah ukuran sesungguhnya dari ikon yang ada di smartphone kamu, maka kamu harus mencoba menginstall aplikasi yang dapat merubah ukuran ikon kamu. Salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan adalah dengan menginstal Small Icon Apex Theme. Icon Pack ini tidak merubah default gambar ikon aplikasi kamu, theme ini hanya mengecilkan ukuran ikon kamu saja.

Untuk menggunakannya, maka kamu harus menginstall terlebih dahulu aplikasi tersebut. Setelah aplikasi Small Icons Apex Theme terinstal, pada homescreen kamu cukup usap layar dari bawah ke atas. Pada tampilan pengelola beranda akan muncul pilihan.

Kamu bisa pilih Icons Pack (Paket ikon), dan terapkan pada Small Icons Apex Theme. Tunggu selama beberapa saat, dan akhirnya icon pada smartphone kamu akan segera berubah menjadi lebih kecil.

Sekali lagi ditegasnya, theme ini tidak akan mengubah tampilan gambar ikon aplikasi yang ada, tapi hanya mengubah ukurannya saja menjadi lebih kecil. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.574 hit