4 Tips Efektif Mendidik Anak Belanja

Berbelanja merupakan hal yang biasa dilakukan oleh orang dewasa, namun pengalaman belanja untuk anak kecil pertama kali merupakan hal yang memusingkan buat orang tua.

Berbelanja merupakan hal yang biasa dilakukan oleh orang dewasa, namun pengalaman belanja untuk anak kecil pertama kali merupakan
proses yang luar biasa baginya, dimana mereka belum mengerti konsep uang, pajak, dan lain sebagainya. Berikut tips yang bisa diterapkan oleh orang tua untuk membantu anak memahami proses berbelanja:

Berlatih di rumah

Anda bisa melatih anak Anda untuk mengerti proses ini sambil bermain bersama mereka seperti bermain peran sebagai toko dan pelanggan. Anda dapat menggunakan uang palsu untuk melakukan transaksi pembelian atas barang seperti coklat atau permen.

Dengan melakukan permainan ini, anak Anda dapat mulai memahami konsep dasar jual-beli. Kemudian, langkah selanjutnya adalah mengajak anak Anda untuk berbelanja di toko sebenarnya, dan ingatkan mereka permainan Anda di rumah.

Lihat Harga

Dorong anak Anda untuk selalu melihat harga barang yang ingin mereka beli. Anda dapat melatih anak Anda dengan mengajak mereka belanja, kemudian memberi uang terbatas untuk dibelanjakan; lihat berapa banyak barang yang bisa mereka dapatkan dengan uang yang Anda beri, apakah bakal ada kembalian atau malah kurang karena mereka tidak memperhatikan harga.

Jadikan Hal Rutin

Agar pengalaman berbelanja ini lebih efektif, lakukan secara rutin bersama anak Anda, mungkin setiap Anda akan berbelanja. Dengan melakukan secara rutin, maka anak Anda akan terbiasa untuk mencek harga, menyesuaikan pembelanjaan dengan uang yang mereka punya, dan bahkan bisa sekalian mengajarkan menabung dari kembalian yang ada, atau menyimpannya untuk menambah belanja mereka berikutnya.

Mengenalkan Struk Belanja

Anda juga harus mengenalkan struk belanja pada anak Anda, jelaskan mengenai konsep struk belanja; dimana anak Anda harus memastikan bahwa setiap belanja di toko yang punya cash register (bukan warung komplek rumah), Anda akan diberikan struk yang mencatat belanjaan, jumlah yang harus dibayar, dan kembalian yang harus diterima (jika ada).

Ajarkan mereka cara membaca struk, dan ingatkan mereka untuk selalu memeriksa struk, dan memastikan semuanya telah sesuai dengan benar sebelum meninggalkan kasir.

Disini Anda juga dapat menjelaskan mengenai konsep diskon dan pajak kepada anak Anda.

4 hal tersebut mungkin terlihat kompleks untuk dijelaskan kepada anak Anda yang mungkin baru lancar membaca, dan mengenal angka. Namun dengan sedikit usaha, anak Anda akan dapat mengerti proses jual beli lebih cepat, sehingga akan jauh memudahkan Anda ke depannya ketika harus mengajarinya mengenai konsep uang yang lebih daripada berbelanja di mini market.

BACA JUGA  Terapkan Gaya Hidup Sehat dengan Cara yang Tepat

Read Previous

Contoh Descriptive Text tentang Buah Kiwi dan artinya

Read Next

Cara Mendidik Anak yang Suka Memukul

Tinggalkan Balasan