9 Fungsi dan Kegunaan E-Wallet yang Wajib Diketahui

Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai apa saja fungsi dan kegunaan E-Wallet yang wajib kamu ketahui.
fungsi-kegunaan-ewallet

Bagikan artikel ini :

Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai apa saja fungsi dan kegunaan E-Wallet yang wajib kamu ketahui, supaya semakin memahami mengenai hal tersebut.

E-wallet, atau dompet elektronik, adalah solusi modern yang menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi secara digital. Dalam dunia yang semakin terhubung dan berbasis teknologi, e-wallet telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Artikel ini akan mengulas secara mendalam mengenai fungsi dan kegunaan e-wallet, serta manfaat yang ditawarkan oleh solusi pembayaran digital ini.

Sejarah dan Asal Usul E-Wallet

Tetapi, sebelumnya, Asaljeplak akan membahas sedikit mengenai sejarah dan asal-usul dari E-Wallet alias dompet elektronik atau dompet digital ini, dari awal kemunculannya hingga kehadirannya di tengah masyarakat modern saat ini.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi situs rekomendasi Asaljeplak yaitu sarjanatua.com apabila kamu ingin mengetahui berbagai macam fakta, tips, dan tutorial dari berbagai bidang, terutama dalam hal teknologi, pendidikan, dan bisnis.

A. Awal Mula E-Wallet

E-wallet tidak muncul begitu saja, tetapi berawal dari perkembangan sistem perbankan dan teknologi. Pada tahun 1980-an dan 1990-an, perbankan mulai menerapkan layanan perbankan elektronik yang memungkinkan transaksi tanpa harus datang ke kantor cabang fisik. Kartu debit dan kartu kredit menjadi populer sebagai alat pembayaran non-tunai yang menggantikan uang tunai dalam sebagian besar transaksi.

B. Munculnya Internet dan E-Commerce

Dengan munculnya internet dan perkembangan e-commerce di tahun 2000-an, muncul juga kebutuhan baru untuk solusi pembayaran yang lebih cepat dan aman. Beberapa platform e-commerce mengembangkan sistem pembayaran online yang memungkinkan pengguna untuk membayar secara digital. Namun, pengguna masih harus memasukkan informasi kartu kredit atau debit pada setiap transaksi.

BACA JUGA  Nah ini dia 12 Manfaat Cuka Apel yang Baik untuk Kesehatan Kamu

C. Era Smartphone dan Aplikasi Mobile

Perkembangan teknologi smartphone menjadi poin penting dalam sejarah e-wallet. Kemunculan aplikasi mobile memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan dan melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Pada tahun 2007, Apple memperkenalkan fitur pembayaran mobile pertama dengan meluncurkan iPhone dan aplikasi Apple Pay di tahun 2014.

D. Perusahaan Teknologi dan E-Wallet

Perusahaan teknologi besar seperti Google, Samsung, dan PayPal juga ikut meramaikan pasar e-wallet. Mereka meluncurkan platform pembayaran digital seperti Google Wallet, Samsung Pay, dan PayPal Mobile yang memudahkan pengguna dalam bertransaksi menggunakan smartphone mereka.

E. Evolusi Menuju E-Wallet

Pada tahun-tahun terakhir, e-wallet mengalami evolusi signifikan. Tidak hanya digunakan untuk membayar barang atau jasa, e-wallet juga mengintegrasikan fitur seperti transfer uang antar pengguna, penawaran diskon, pengelolaan anggaran, dan investasi. Perusahaan teknologi, perbankan, dan fintech berlomba-lomba untuk menciptakan pengalaman e-wallet yang lebih komprehensif dan nyaman bagi pengguna.

F. Inovasi Pembayaran Tanpa Sentuhan

Dalam menjalani pandemi COVID-19, e-wallet semakin relevan karena mendorong pembayaran tanpa sentuhan fisik yang lebih aman. Fitur QR code dan NFC (Near Field Communication) memungkinkan pengguna untuk membayar hanya dengan mengarahkan smartphone mereka ke perangkat yang sesuai.

Seiring dengan terus berkembangnya teknologi dan kebutuhan pengguna, e-wallet akan terus bertransformasi. Diperkirakan bahwa penggunaan e-wallet akan semakin meningkat dan solusi pembayaran digital akan terus berinovasi, termasuk dalam bidang keamanan, kecepatan, dan kemudahan akses.

Fungsi dan Kegunaan E-Wallet:

Lalu apa saja sih fungsi dan kegunaan E-wallet itu? Berikut ini telah Asaljeplak rangkum beberapa fungsi dan kegunaan dari apa yang dinamakan e-wallet, yang sangat mempermudah kita dalam melakukan transaksi di era teknologi saat ini:

BACA JUGA  3 Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah TK

1. Pembayaran Digital

E-wallet memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran secara digital dengan cepat dan mudah. Pengguna dapat membayar tagihan, belanja online, dan melakukan transaksi lainnya tanpa perlu menggunakan uang tunai atau kartu fisik.

2. Top Up dan Isi Ulang

E-wallet memungkinkan pengguna untuk melakukan top up atau isi ulang saldo e-wallet mereka. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengatur keuangan dan melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

3. Transfer Uang

E-wallet memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang ke rekening e-wallet pengguna lainnya dengan cepat dan tanpa biaya besar. Ini sangat bermanfaat dalam situasi darurat atau ketika perlu berbagi uang dengan teman atau keluarga.

4. Reward dan Diskon

Banyak e-wallet menawarkan program reward dan diskon kepada pengguna yang melakukan transaksi menggunakan e-wallet mereka. Pengguna dapat mengumpulkan poin atau mendapatkan diskon khusus, yang pada akhirnya dapat menghemat biaya transaksi.

5. Transaksi Tanpa Uang Tunai

Salah satu kegunaan utama e-wallet adalah menggantikan uang tunai dalam bertransaksi. Pengguna tidak perlu membawa uang fisik, sehingga lebih aman dan nyaman, terutama saat bepergian atau berbelanja di tempat umum.

6. Keamanan

E-wallet umumnya dilengkapi dengan fitur keamanan seperti autentikasi ganda, kode PIN, atau sidik jari. Hal ini menjaga keamanan data dan dana pengguna dari potensi ancaman cyber.

7. Tracking dan Rekam Transaksi

E-wallet menyediakan riwayat transaksi yang lengkap, memudahkan pengguna untuk melacak pengeluaran dan pendapatan mereka. Ini membantu dalam mengelola keuangan secara lebih efektif.

8. Kemudahan dalam Belanja Online

E-wallet memudahkan pengguna dalam berbelanja online. Dengan hanya beberapa kali klik, pengguna dapat membayar pesanan mereka dengan cepat tanpa perlu mengisi informasi kartu kredit atau debit setiap kali.

BACA JUGA  Beragam Tips Penting Untuk Diketahui Agar Harga Mobil Bekas Tidak Jatuh

9. Pengelolaan Keuangan

E-wallet juga dapat membantu dalam mengelola keuangan dengan lebih baik. Pengguna dapat mengatur anggaran, mengontrol pengeluaran, dan melacak aliran uang dengan lebih mudah.

E-wallet memiliki potensi untuk mengubah cara kita bertransaksi dan mengelola keuangan. Dengan fitur-fitur canggih dan kemudahan yang ditawarkan, e-wallet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern. Dalam menjalani era digital, memahami fungsi dan kegunaan e-wallet adalah langkah awal dalam mengoptimalkan manfaat teknologi ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...