Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara membuat podcast di Spotify ternyata tidak sulit, dan kali ini Asaljeplak akan menjelaskan bagaimana melakukannya secara lengkap dan mudah dipahami.

Apa itu Spotify?

Spotify adalah platform yang terbilang besar untuk streaming musik, tetapi pada tahun 2019 mereka membuat pembaruan platform yang berpengaruh untuk menarik podcaster dan pendengarnya. Edison Research melaporkan 43% dari total pendengar podcast bulanan mendengarkannya di Spotify, sehingga membuat podcast di Spotify menjadi sangat penting.

Cara membuat podcast di Spotify sebenarnya terbilang sederhana, karena pada dasarnya kita hanya tinggal memasukkan URL dari RSS feed yang berisi file-file podcast ke Spotify, namun tentunya bagi yang masih awam dalam hal-hal teknis seperti menyewa domain, web hosting, dan membuat URL RSS Feeds, yang mana hal itu akan sedikit membingungkan.

Apa itu RSS?

RSS adalah singkatan dari “RDF Site Summary”, “Rich Site Summary”, atau “Really Simple Syndication”. Intinya, RSS mengacu pada file teks sederhana berisikan informasi yang penting dan diperbarui, seperti berita, artikel, podcast, dan sebagainya, yang memungkinkan pengguna dan aplikasi mengakses pembaruan situs web dalam format standar yang dapat dibaca komputer (umumnya menggunakan format XML).

Apa yang harus disiapkan untuk membuat Podcast di Spotify?

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum dapat mendaftarkan podcast milikmu di Spotify. Seperti yang tadi telah disebut, beberapa hal yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Domain atau Subdomain (keduanya bersifat opsional),
  2. Web Hosting,
  3. URL RSS Feed
BACA JUGA  Cara Menambahkan Google Translate Widget ke dalam Website atau Blog

Berikut penjelasan dari masing-masing hal tersebut.

Domain atau Subdomain

Domain atau Subdomain ini sebenarnya bersifat opsional, dan bisa saja tidak perlu digunakan, tergantung dari apakah kamu ingin membuat website sendiri memiliki nama domain sendiri (misalnya asaljeplak.com), menggunakan subdomain (misalnya: podcast.asaljeplak.com), atau menggunakan penyedia layanan hosting khusus Podcast.

Web Hosting

Kalau kamu ingin menggunakan website sendiri (dengan nama domain atau subdomain), maka kamu bisa menggunakan layanan web hosting milik penyedia/provider mana saja sesuai dengan yang kamu inginkan.

Alternatif lainnya, kamu bisa menyewa layanan hosting khusus Podcast dari berbagai penyedia/provider yang memang menyediakan layanan tersebut.

Beberapa provider hosting khusus Podcast yang bisa kamu coba antara lain:

Hosting khusus podcast ini umumnya menawarkan harga yang lebih mahal, atau fitur yang lebih terbatas apabila dibandingkan dengan menyewa web hosting sendiri, namun memang hosting khusus podcast sudah memiliki fitur-fitur yang dikhususkan untuk podcast seperti statistik penayangan, kemudahan pendaftaran ke platform podcast seperti Spotify, monetisasi, dan lain sebagainya.

URL RSS Feed

Lalu, URL RSS Feed itu apa? URL itu adalah apa yang biasa kita kenal dengan sebutan link (misalnya: https://asaljeplak.com/rss.xml), yang merujuk kepada file RSS dengan format XML (pada umumnya), yang berisi data-data podcast seperti judul, durasi, deskripsi, dan lain sebagainya, yang disebut dengan metadata.

Nantinya metadata dari podcast milikmu itu akan digunakan oleh aplikasi/platform podcast seperti Spotify untuk ditarik dan ditayangkan pada platform/aplikasi mereka.

Persyaratan Podcast di Spotify

Agar podcast milikmu bisa tayang di Spotify, maka keseluruhan hal terkait Podcast tersebut harus memenuhi persyaratan Spotify, yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • MP3 harus dalam audio ISO / IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3) dengan bitrate antara 96 ​​dan 320 kbps.
  • Gambar cover harus dalam rasio persegi (1: 1) dan dalam format PNG, JPEG, atau TIFF dengan resolusi setinggi mungkin,
  • Umpan RSS harus memiliki judul, gambar seni sampul, dan detail yang relevan untuk setidaknya 1 episode,
  • Judul episode dan kolom lain yang berhubungan dengan konsumen tidak boleh melebihi 20 karakter untuk menghindari pemotongan judul menjadi ‘…’ pada platform Spotify,
  • Karakter khusus harus diberi kode HTML dalam judul dan deskripsi podcast. Misalnya, “Berita & Politik” harus ditulis sebagai “Berita &amp; Politik” tanpa tanda kutip (Catatan: Spotify tidak mengizinkan tag HTML lain seperti <bold>. Tag ini akan dihapus dari deskripsi podcast sebelum dipublikasikan.)
  • Durasi per episode tidak boleh lebih dari 200 MB. (200MB adalah sekitar 83 menit pada 320Kbps atau lebih dari 200 menit pada 128Kbps.)

Cara membuat Podcast di Spotify

Apabila menggunakan web hosting umum (bukan dari provider hosting khusus Podcast), agar bisa memasukkan podcast kalian ke dalam Spotify, langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membuat akun Spotify,
  2. Masuk melalui portal khusus podcaster Spotify,
  3. Setujui syarat dan ketentuan Spotify,
  4. Pastikan format XML dari RSS, file audio, gambar cover, dan deskripsi memenuhi persyaratan Spotify,
  5. Masukkan alamat URL RSS Feed pada kolom isian di Spotify,
  6. Nantinya Spotify akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang terdaftar pada akun Spotify milikmu,
  7. Klik pada link verifikasi yang ada pada email tersebut,
  8. Isi data-data terkait podcast milikmu pada Spotify kemudian simpan,
  9. Selesai.

Nah demikianlah informasi mengenai cara membuat podcast di Spotify yang bisa kamu coba lakukan sehingga podcast milikmu akan bisa didengar oleh lebih banyak orang yang menjadi pengguna aplikasi tersebut.

Read Previous

Apa itu RSS Feed?

Read Next

Cara Membuat Facebook Cover dengan Coreldraw (Bonus Template CDR)

Tinggalkan Balasan