Tips Memilih Web Hosting Terbaik yang Berkualitas

Memilih web hosting terbaik itu tidaklah mudah, karenanya ikuti deh beberapa tips berikut ini untuk memudahkanmu dalam menentukan pilihan.
memilih-web-hosting-terbaik

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Dalam memilih penyedia layanan web hosting terbaik memang bukanlah hal yang mudah, karena kesemuanya sangat bergantung dari berbagai faktor yang cukup menentukan tapi kadang sulit untuk dilihat oleh kamu yang masih awam dalam menggunakan layanan tersebut.

Faktor-faktor ini sangat penting terutama bagi kamu yang menggunakan website dan web hosting untuk kebutuhan mencari nafkah, seperti menjadi blogger (seperti Asaljeplak), atau untuk kebutuhan bisnis milikmu atau tempatmu bekerja.

Saat ini, harga yang ditawarkan oleh para penyedia layanan tersebut sangat beragam, dan bahkan ada beberapa provider yang menawarkan harga yang sangat murah, yang tentunya akan sangat menggiurkan di mata kita.

Akan tetapi, apakah harga murah berarti kualitas web hosting tersebut buruk? Bisakah kita mendapatkan web hosting terbaik dengan harga murah ?

Jawabannya, BISA.

Namun tentunya kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor terlebih dahulu, yang selengkapnya akan Asaljeplak bahas di artikel kali ini dalam bentuk tips untuk memilih penyedia layanan web hosting yang terbaik untuk kebutuhanmu..

Tips Memilih Web Hosting Terbaik

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba dalam mencari serta memilih layanan web hosting terbaik, yang akan Asaljeplak jabarkan secara rinci melalui beberapa tips berikut ini.

Menentukan Kebutuhan Hosting

Pertama-tama, kamu perlu menentukan apa yang kamu butuhkan, apakah untuk blog adsense, prodil bisnis, portofolio, atau untuk kebutuhan aplikasi web seperti toko online, marketplace, dan sebagainya.

Untuk kebutuhan blogging, umumnya tidak terlalu membutuhkan server web hosting dengan spek yang tinggi saat baru memulai. Namun, begitu jumlah kunjungan sudah semakin meningkat, misalnya mulai dari 1000 pengunjung per hari, barulah kamu pertimbangkan untuk meningkatkan/upgrade paket hosting yang kamu gunakan.

Sementara untuk kebutuhan website yang tanpa aplikasi, misalnya hanya sekedar profil usaha atau company profile, atau sekedar gambar atau foto portofolio dari proyek-proyek yang pernah kamu kerjakan, umumnya tidak membutuhkan server dengan spek tinggi.

Tapi kalau yang kamu inginkan adalah website aplikasi, misalnya toko online atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan sebagainya, maka kamu akan sangat membutuhkan server web hosting yang memiliki spek tinggi dan yang jarang mengalami down / putus koneksi / timeout.

Menentukan Tipe dan Jenis Hosting

Selanjutnya, kamu perlu menentukan tipe dan jenis hosting seperti yang pernah Asaljeplak bahas di artikel yang lalu, yang tentunya juga akan disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Bagi yang tidak membutuhkan spek tinggi, bisa menggunakan layanan shared hosting yang sangat umum ditawarkan oleh para penyedia layanan web hosting, dan bagi yang membutuhkan spek server yang baik bisa menggunakan layanan VPS, Colocation, ataupun Dedicated Hosting.

Menentukan Lokasi Server Hosting

Faktor lokasi server juga cukup berperan penting serta cukup berdampak pada kecepatan waktu muat (loading time) dari suatu website, di samping dari spesifikasi server-nya sendiri.

Panduan umumnya adalah, kalau kamu mengincar pengunjung website dari Indonesia, maka pilihlah paket web hosting Indonesia, yang juga umum disebut dengan IIX, yang mana lokasi server akan ditempatkan di salah satu data center di Indonesia.

Sementara kalau yang kamu incar adalah pengunjung mancanegara, pilihlah server yang berlokasi di luar Indonesia, misalnya Amerika Serikat, Singapura, Jepang, Hong Kong, dan lain sebagainya.

Walaupun aturan umumnya seperti itu, sebaiknya kamu tetap tidak asal pilih penyedia hosting, dan pastikan terlebih dahulu lokasi dan kualitas data center yang digunakan oleh penyedia hosting tersebut.

Karena, meskipun lokasi server di Indonesia, apabila kualitas infrastruktur data center buruk maka kinerjanya pun akan kalah apabila dibandingkan dengan lokasi server yang ada di luar negeri, terutama yang terletak di negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

Memilih Spesifikasi Server

Memilih sumber daya server yang sesuai dengan kebutuhan juga merupkan suatu hal yang sangat penting untuk kamu lakukan, karena nantinya akan berdampak pada kinerja dari website milikmu.

Sumber daya server itu sendiri adalah spesifikasi teknis yang dimiliki oleh suatu server yang digunakan oleh penyedia jasa dalam menawarkan layanan web hosting mereka, seperti CPU / Processor, RAM / Memory, Hard disk, fitur jaringan, dan juga fitur keamanan.

Ibarat memilih PC atau Laptop untuk kebutuhan pribadi, maka semakin tinggi spesifikasi maka akan semakin cepat dan baik kinerjanya, yang mana hal tersebut juga berlaku untuk komputer server yang digunakan oleh penyedia web hosting.

Pada layanan VPS, Cloud, Colocation, atau Dedicated Hosting, biasanya kamu akan diberitahu secara jelas spesifikasi yang akan digunakan, dan bahkan pada beberapa jenis layanan kamu bisa menentukan sendiri jumlah processor dan RAM yang kamu butuhkan.

Sayangnya hal tersebut tidak berlaku untuk layanan Shared Hosting yang umumnya hanya dibedakan dari jumlah kapasitas penyimpanan (hard disk) dan juga kuota bandwidth bulanannya.

Penyedia layanan web hosting yang berkualitas biasanya akan memiliki manajemen server yang baik pula, terutama untuk para pelanggan shared hosting mereka, yang memang umumnya akan dibagi ke banyak pengguna dibandingkan jenis layanan lain.

Mereka umumnya tidak akan menumpuk terlalu banyak pengguna shared hosting pada satu komputer server, dan akan membaginya dalam jumlah yang masih sanggup ditangani oleh server yang dipakai, sehingga tidak akan menurunkan kualitas mereka di mata para penggunanya.

Kalau kamu ingin menggunakan layanan shared hosting, mungkin sebaiknya bisa kamu tanyakan terlebih dahulu berapa kuota pengguna mereka untuk satu komputer server, dan juga spesifikasi processor dan RAM yang digunakan.

Tidak hanya itu saja, pastikan mereka juga menawarkan fasilitas backup data yang handal, serta fasilitas lainnya yang menunjang performa dari suatu website sehingga dapat dimuat lebih cepat, dan juga integraasi layanan pihak ketiga apa saja yang mereka tawarkan (misalnya G Suite, Cloudflare, dsb).

Pelajari Paket yang ditawarkan sebelum Memesan

Masih terkait dengan spesifikasi, kamu juga perlu memperhatikan rincian yang tertera pada tiap-tiap paket web hosting yang ditawarkan oleh penyedia, dan pastikan tidak memesan yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Untuk shared hosting, umumnya kamu hanya akan diberikan informasi tentang kuota hard disk (kapasitas penyimpanan), dan juga kuota bandwidth (tranfer data) bulanan, yang umumnya akan semakin tinggi kuotanya maka akan semakin mahal pula harganya.

Perhatikan juga apabila penyedia layanan menawarkan paket unlimited, yang sayangnya tidak berarti tanpa batasan, melainkan lebih kepada jargon pemasaran saja.

Unlimited di sini umumnya berarti kuota penggunaan hard disk dan atau bandwidth tidak akan dibatasi, namun yang akan dibatasi adalah dari segi penggunaannya, dalam artian kalau website milikmu banyak menggunakan script / modul / plugin yang memakan sumber daya server, bisa-bisa layanan hosting mu akan di suspend, diberhentikan secara sepihak, atau diturunkan prioritasnya sehingga performa website juga akan menurun.

Apabila kamu menggunakan VPS, Colocation, atau Dedicated, biasanya kamu tidak akan menemukan paket unlimited karena memang pada jenis-jenis hosting tersebut paket yang ditawarkan sudah berisikan berapa sumber daya yang dikhususkan untuk penggunaan website milik kamu saja.

Perhatikan Kualitas Customer Service

Di dalam setiap usaha, kualitas Customer Service tentunya sangatlah penting untuk dipertimbangkan, mulai dari sekedar menjawab pertanyaan-pertanyaan sebelum melakukan pemesanan, ataupun dalam merespons keluhan/masalah setelah kamu menjadi klien mereka.

Hal ini tentunya akan sangat sulit dinilai apabila kamu belum pernah memesan sebelumnya dari penyedia layanan tersebut, namun bisa diatasi dengan cara mencari tahu ulasan-ulasan terkait layanan mereka yang biasanya tersedia di internet.

Memilih Paket Web Hosting Terbaik

Selain beberapa tips yang telah diberikan di atas, salah satu faktor yang paling utama di dalam menentukan serta memilih layanan penyedia web hosting yang tepat adalah dari segi harga paket yang ditawarkan.

Namun seperti yang Asaljeplak sebut di awal artikel, harga murah atau mahal itu kadang memang bukan menjadi jaminan, dan kamu perlu mempertimbangkan beberapa tips yang sudah Asaljeplak berikan tersebut.

Tapi kalau kamu mau mendapatkan harga hosting yang lebih murah dibandingkan yang ditawarkan pada situs penyedia, saat ini sudah ada cara yang mudah yaitu dengan cara mengunjungi website Promohosting.id yang menyediakan beragam kode promo dari berbagai penyedia layanan web hosting yang ada di Indonesia.

promohosting-id-cari-web-hosting-terbaik

Biasanya setiap penyedia layanan web hosting memang menawarkan program referal dan afiliasi dalam bentuk kode promo yang beragam dan berbeda-beda, namun untuk mencarinya sangatlah sulit karena seringkali mereka mengadakan program promosi secara tiba-tiba atau dalam waktu singkat saja.

Nah, melalui website promohosting.id tersebut, kamu bisa memantau promo terbaru apa yang disediakan oleh para penyedia web hosting di tanah air tanpa perlu mengunjungi website mereka satu persatu.

Lebih praktis, kan?

Misalnya kamu ingin mencari Kode Promosi Niagahoster, maka kamu hanya perlu mengunjungi website mereka dan klik pada logo Niagahoster, atau cari pada kolom pencarian yang mereka sediakan, yang mana nantinya akan muncul promo apa saja yang sedang disediakan oleh Niagahoster tersebut.

Promo yang ditawarkan pun umumnya memberikan diskon yang besar dan beragam, mulai dari paket hosting gratis domain, diskon sewa web hosting hingga 75%, dan bermacam-macam program promosi lainnya.

Tidak hanya itu, diskon yang mereka berikan pun akan lebih besar dibandingkan dari yang diberikan oleh penyedia ataupun situs lainnya yang menawarkan program sejenis.

Contohnya, saat Asaljeplak mencoba menggunakan kode promo  a-UPDATE yang didapat dari situs lain untuk membeli layanan hosting Niagahoster, Asaljeplak hanya mendapatkan diskon sebesar 5%, sementara saat mencoba kode promo PROMOHOSTING milik promohosting.id, Asaljeplak mendapatkan diskon sebesar 10%, yang tentunya akan jauh lebih menguntungkan.

Tetapi, tetap ingat untuk memberi pertimbangan berdasarkan tips yang sudah Asaljeplak berikan ya supaya kamu tidak jadi membuang-buang uang saja.

Semoga artikel yang Asaljeplak berikan terkait tips memilih web hosting terbaik ini bisa berguna bagi kamu yang sedang membutuhkannya, dan apabila berkenan, silahkan subscribe ke channel Youtube Asaljeplak untuk mendapatkan beragam tips serta tutorial yang mudah diikuti dalam bentuk video.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar