Struktur Permalink WordPress Terbaik untuk SEO

panduan-wordpress
Spread the love

Berikut ini akan diberikan tips serta panduan mengenai struktur permalink yang tepat untuk kebutuhan SEO pada website berbasis WordPress.

Ketika mempertimbangkan aspek penting dari SEO situs apapun, permalink memainkan peran utama dalam optimasi secara keseluruhan. Permalink adalah link permanen halaman dan post Anda, dan tidak berubah dengan waktu.

Secara default, WordPress menawarkan permalinks seperti ini:

Bagi yang belum mengerti, berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu permalink dan bagaimana cara merubahnya pada website berbasis WordPress.

Apa itu Permalink ?

Permalink adalah alamat web dari post dan halaman pada situs Anda, yang juga merupakan singkatan dari Permanent Link alias Link/Tautan Permanen.

Seperti dapat dilihat di atas, secara default permalink dari post dan halaman web pada WordPress adalah menggunakan akhiran “/?p=123” dimana angka 123 nantinya akan berubah sesuai nomor postingan dan halaman Anda.

Struktur permalink bawaan/default tersebut sangat tidak membantu dan tidak SEO friendly. Blogger baru hanya menggunakan permalinks default tanpa mengetahui hal tersebut.

Struktur permalink yang direkomendasikan untuk SEO

Salah satu faktor SEO on-page yang paling utama adalah memiliki kata kunci / keywords di dalam URL Anda (permalink).

Anda dapat menemukan berbagai pengaturan permalink WordPress pada:

Dashboard> Settings> Permalink atau Beranda>Pengaturan>Permalink

struktur permalink terbaik untuk seo-wordpress-01

Seperti terlihat, atau apabila Anda perhatikan kesemua struktur URL/link pada website Asaljeplak, hampir semuanya menggunakan pilihan Nama tulisan, dan memang itulah yang paling disarankan dan efektif untuk SEO website Anda.

Alasan kenapa struktur itu sangat disarankan adalah karena struktur permalink tersebut memberikan informasi mengenai konten melalui link kepada para pembaca/pengunjung, tanpa ada embel-embel lainnya.

Tetapi struktur tersebut bukanlah harga mati untuk efektifitas SEO pada Website Anda, beberapa pakar juga menyarankan menggunakan Kategori pada permalink yang juga baik , tetapi hanya ketika nama kategori Anda pendek dan bermakna, dan Anda tidak menggunakan beberapa kategori per post.

Jika Anda memiliki situs web berita yang kontennya mudah “kadaluwarsa”, Anda dapat menggunakan Hari dan Nama / Nama Bulan pada struktur URL.

Tips Permalink untuk kebutuhan SEO

Beberapa tips dalam menggunakan permalink untuk SEO pada website Anda adalah sebagai berikut:

  • Gunakan permalinks sederhana (domain.com/postname)
  • Lebih memilih strip ( – ) dibandingkan garis bawah ( _ )
  • Gunakan kata kunci di permalink Anda
  • Sederhanakan dan persingkat kalimat pada URL, tetapi tetap mencakup kata kunci.
  • Jangan pernah mengubah permalinks setelah penerbitan, tetapi jika terpaksa dilakukan, gunakan metode 301 redirection dari URL lama ke URL baru menggunakan .htaccess atau plugin WordPress.
  • Jika Anda memiliki situs besar, hindari mengubah permalinks Anda kecuali itu benar-benar tidak dapat dihindari, karena perubahan tersebut dapat memiliki dampak negatif pada lalu lintas situs Anda.

Jika Anda mengubah struktur permalink dari situs yang ada Kemudian pastikan bahwa Anda set-up beberapa redirection untuk link asli Anda sehingga url lama akan diarahkan ke link baru dengan nama baru.

Untuk 301 redirection Anda dapat menggunakan plugin Redirection (yang juga digunakan oleh Asaljeplak) atau Advanced Permalinks for WordPress.

Artikel Lainnya

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.265.489 hit