8 Tips Menulis untuk Membuat Artikel pada Blog semakin Menarik

Spread the love

Berikut ini 8 Tips Menulis Artikel pada Blog supaya tulisan semakin menarik minat pembaca dan juga mudah dipahami.

Jika Anda baru memulai dengan blogging dan berjuang untuk menghasilkan sesuatu yang benar-benar Anda banggakan, jangan berkecil hati.

Anda tidak perlu mengikuti kelas menulis atau bergabung dengan tim pemasaran konten untuk menjadi blogger yang baik (walaupun tentu saja tidak ada salahnya). Anda dapat mengasah keterampilan menulis secara online – dan posting blog ini bisa menjadi salah satu sumber bookmark Anda.

Tercantum di bawah ini adalah delapan tips menulis yang akan menunjukkan bagaimana cara melibatkan audiens Anda dengan konten yang jelas, ringkas, dan menarik.

8 Tips Menulis Penting untuk Mengembangkan Konten yang Jelas, Ringkas, dan Menarik

1) Rampingkan Konten.

Semakin banyak kata-kata yang tidak perlu Anda singkirkan dari tulisan Anda, maka akan semakin mudah untuk dimengerti oleh pembaca.

2) Satu kalimat hanya mencakup satu gagasan saja.

Kalimat yang jelas yang mudah dipahami mencakup satu gagasan utama. Tapi kadang-kadang penulis terlalu fokus pada berusaha terlihat pintar dibandingkan menyampaikan informasi dengan cara yang sederhana.

Hal ini dapat menyebabkan kalimat kompleks yang membingungkan pembaca.

Anda harus ingat pembaca Anda tidak peduli dengan kemampuan menulis Anda. Mereka ingin cepat memahami solusi untuk masalah mereka sendiri, dan kalimat sederhana bisa memenuhi kebutuhan itu.

3) Kalimat itu tidak berdiri sendiri.

Jika Anda ingin membuat kalimat yang menarik, Anda perlu memperhitungkan kalimat di sekitarnya terlebih dahulu.

Menggunakan kata yang sama dalam kalimat berturut-turut atau mencakup gagasan serupa dalam dua kalimat berbeda adalah hal yang berlebihan.

Untuk menciptakan pengalaman yang lebih merangsang bagi pembaca Anda, ubahlah bahasa Anda dan potonglah informasi berulang.

4) Variasikan panjang kalimat dan struktur.

Manusia menyukai variasi. Dan seperti bagaimana kalimat pendek, menengah, dan panjang saling melengkapi, kalimat sederhana dan majemuk saling melengkapi satu sama lain.

Tulisan Anda menjadi berulang dan membosankan saat kalimat Anda memiliki struktur atau panjang yang sama. Kalimat yang beragam membuat tulisan Anda menyenangkan untuk dibaca.

5) Buang Kalimat klise.

Kalimat yang Klise akan menyedot orisinalitas konten Anda.

Cara yang baik untuk menguji ke-klise-an suatu kalimat adalah dengan bertanya pada diri sendiri apakah Anda pernah mendengarnya sebelumnya.

Jika demikian, arahkan untuk mengekspresikan ide Anda dengan cara baru yang segar.

6) Rangsang Panca indera Pembaca.

Penulis fiksi yang baik bisa membuat pembaca mereka mengalami cerita yang mereka tulis. Dengan menggunakan detail konkret yang menarik perhatian indra pembaca, mereka dapat melukis gambar yang hidup hanya dengan kata-kata.

Dalam sebuah studi di Universitas Emory tahun 2012, para periset memantau aktivitas otak peserta saat mereka membaca metafora yang melibatkan tekstur.

Metafora seperti “Dia memiliki tangan yang kasar,” menyalakan korteks sensorik mereka, yang bertanggung jawab untuk memahami tekstur melalui sentuhan. Ketika mereka membaca ungkapan serupa seperti “dia memiliki tangan yang kuat,” korteks sensorik mereka tidak aktif.

“Kulit” adalah detail konkret yang menarik untuk disentuh. Dan itu menempatkan pembaca ke dalam adegan yang tepat yang penulis gambarkan. Metafora dan perumpamaan juga membantu orang memvisualisasikan sesuatu dengan membandingkan gambaran konkret dengan gagasan abstrak.

Bisnis menulis pasti berbeda dari tulisan kreatif, namun Anda tetap bisa memanfaatkan kekuatan bahasa indra di posting blog Anda. Jika pembaca Anda bisa melihat, mendengar, menyentuh, mencium, atau merasakan ide Anda, maka mereka akan terpikat pada konten Anda.

7) Biarkan semuanya berjalan lancar.

Terkadang Saat Anda menulis paragraf atau kalimat yang bahkan tidak sesuai dengan cakupan konten Anda, Anda tetap dapat mencoba untuk memaksa menggunakannya. Anda bisa terlalu terikat untuk membiarkannya pergi.

Paragraf atau kalimat yang tidak memperdalam pemahaman pembaca Anda akan topik, memberikan informasi baru, atau ketertarikan pada bagian selanjutnya hanyalah pengganggu. Dan hal tersebut akan mengacaukan tulisan Anda.

Alih-alih membangun sekitar bulu, strip itu pergi dan memulai sesuatu yang baru dari awal. Meninggalkan tulisan indah selalu sulit, tapi jika itu tidak memberi nilai pada pembaca Anda, biarkan saja.

8) Istirahat.

Pernahkah Anda membaca ulang draf akhir Anda sehingga Anda tidak dapat menentukan apakah itu bagus atau buruk? Anda bahkan bisa meyakinkan diri sendiri bahwa rancangan yang buruk terlihat bagus jika Anda sudah menyelesaikannya cukup lama.

Sebelum mengirimkan draf akhir Anda, penting sekali untuk meninggalkannya. Melupakan pekerjaan Anda akan membantu Anda mengembangkan mata pengeditan segar yang dapat menemukan kesalahan yang terlewatkan dan peluang kreatif baru.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar