Kriteria Asuransi yang Baik dan Aman

Dengan asuransi, Anda dapat merasa tenang dan terjamin karena akan ada pereduksi risiko yang merugikan diri Anda. Apabila anda tertarik menggunakan asuransi sebaiknya pastikan dulu asuransi jiwa murni yang dipilih masuk kedalam kriteria asuransi yang baik dana man agar anda dapat merasakan manfaatnya dan juga merasa aman, berikut ini kriterianya:

Memiliki jaminan layanan yang lengkap

Jaminan yang ditawarkan minimal harus meliputi perawatan rawat jalan dan rawat inap. Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda untuk mendapatkan jaminan tambahan atau fitur layanan lainnya. Fitur layanan ini dapat berupa asuransi kesehatan yang meliputi perawatan gigi dan kacamata atau jaminan kehamilan dan persalinan bagi Anda atau pasangan Anda yang berencana hamil dan melakukan persalinan.

Luas jaminan asuransi kesehatan harus sesuai dengan besar premi

Anda harus benar-benar bijak dalam menentukan luas jaminan (plan) yang diinginkan karena akan mempengaruhi besaran premi. Semakin baik jaminan dan manfaat yang Anda pilih, tentu biaya atas premi yang harus Anda bayarkan akan bertambah. Premi untuk asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan pasti akan berbeda dari asuransi kesehatan yang ditujukan untuk rawat inap saja. Anda wajib memastikan jaminan dan manfaat yang dapat diperoleh dari asuransi kesehatan terbaik sesuai dengan premi yang Anda bayarkan.

Jaringan rumah sakit atau rekanan penyedia jasa kesehatan (Provider) yang luas

Umumnya, Anda hanya dapat berobat di rumah sakit atau penyedia jasa kesehatan yang menjadi rekanan dari perusahaan asuransi. Rekanan yang dimaksud dapat berupa rumah sakit tipe A, atau dapat pula mencakup tipe-tipe di bawahnya, atau bahkan klinik pengobatan untuk tindakan darurat atau pelayanan berobat ringan. Jadi, pastikan asuransi kesehatan terbaik yang Anda pilih memiliki provider yang banyak, menyebar, dan dapat ditemukan di berbagai daerah (minimal terdapat di kota-kota besar di Indonesia).

BACA JUGA  Kenali 4 Jenis Tuli dan Gangguan Pendengaran

Tidak membutuhkan pembayaran tunai (Cashless)

Asuransi kesehatan dengan layanan nontunai (cashless) akan sangat memudahkan Anda, terutama jika Anda membutuhkan rawat inap. Anda tidak perlu repot membayar tunai (reimbursement) atau menyerahkan sejumlah uang muka (deposit) terlebih dahulu untuk pemeriksaan dokter, kamar perawatan, obat-obatan, atau kebutuhan lainnya jika Anda berobat ke rumah sakit atau penyedia jasa kesehatan rekanan (provider) dari asuransi yang Anda miliki. Anda cukup menunjukan kartu asuransi dan akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan jaminan dan manfaat (plan) asuransi yang Anda miliki. Singkatnya, Anda tidak repot untuk melakukan klaim, seperti pada sistem reimbursement.

Masa tunggu penyakit (Pre-Existing Condition) yang singkat

Pre-existing condition dapat diartikan sebagai kondisi yang sudah terdiagnosa sebelumnya atau riwayat penyakit tertentu pada saat Anda mendaftar ke asuransi. Jika terdapat kondisi seperti ini, umumnya perusahaan asuransi akan menerima Anda sebagai nasabah dengan persyaratan tertentu, misalnya dengan membayarkan premi lebih besar. Perusahaan asuransi juga dapat menangguhkan terlebih dahulu klaim penyakit tertentu (waiting period) untuk beberapa waktu, seperti pada 6 (enam) bulan pertama atau 1 (satu) tahun pertama. Jadi, Anda perlu memperhatikan ketentuan masa tunggu penyakit sebelum mengambil sebuah produk asuransi kesehatan, terutama waktu tunggu yang diperlukan untuk melakukan klaim. Jangan sampai Anda merasa terjebak dengan ketentuan ini. Pilihlah ciri asuransi terbaik di Indonesia yang memberikan pre-existing condition tersingkat walaupun rentang waktu yang dibutuhkan biasanya bervariasi dan bergantung pada jenis penyakitnya.

Asuransi kesehatan kombinasi

Selain menjamin kesehatan Anda, asuransi jenis ini dapat pula memberikan berbagai jaminan dan manfaat lain, seperti untuk perlindungan jiwa atau kecelakaan diri. Anda dapat menjadikan asuransi kesehatan ini sebagai sarana tabungan atau investasi untuk masa depan. Dengan premi yang ekonomis, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan lain selain jaminan dan manfaat kesehatan. Namun, pastikan jaminan dan manfaat kesehatan yang diberikan tetap menjadi fokus utama dan tidak tereduksi sedikit pun.

Pilih asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi memiliki kualitas yang baik

Sebagai tambahan terakhir, kualitas perusahaan asuransi kesehatan yang baik dapat menjadi jaminan tersendiri bagi Anda. Kualitas yang baik mencakup produk yang bagus dan handal, reputasi perusahaan yang baik, sampai dengan pelayanan yang handal dan prima, baik pelayanan saat Anda akan membeli produk asuransi maupun saat Anda mengajukan klaim. Kedua pelayanan tersebut harus mudah dan responsif. Hal tersebut adalah jaminan untuk mendapatkan layanan yang optimal pada saat Anda dibutuhkan, yaitu ketika Anda mengharapkan asuransi kesehatan yang akan bekerja dengan baik untuk menolong Anda.

Read Previous

Daftar Mata Uang Negara di Dunia

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Website dan artinya

Tinggalkan Balasan