6 Alasan Sebenarnya kenapa iPhone 7 Tidak Menggunakan Jack Headphone Analog

1
697
Beri Nilai untuk Artikel ini

Fakta bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak akan menggunakan Jack Headphone telah membuat skeptis banyak orang. Ternyata ini dia alasan yang sebenarnya.

 

Saat pertama kali info bahwa Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak akan menyematkan colokan / jack headphone 3,5mm seluruh fans Apple dan konsumen smartphone pun tersentak.

Kenapa? Apa Apple sudah gila? Itu kan fitur standar? Kamu siapa? Saya dimana? gubrak.

Jack Headphone 3,5mm yang secara turun temurun dan telah melewati beberapa generasi selalu digunakan untuk perangkat audio, mulai dari walkman, discman, hingga smartphone, ini tidak akan mendapat tempat di “hati” (hayah) Apple dan iPhone 7 serta 7 Plus.

Berikut ini alasannya, baik yang diungkap oleh pihak Apple sendiri maupun beberapa pakar dan juga yang pro dengan keputusan tersebut.

1. Karena Apple “Berani”.

Kata-kata itu diucapkan oleh Phil Schiller, Marketing Chief dari Apple, yang menambahkan dengan “Tim kami memiliki keberanian tinggi”.

2. Karena Fokus ke Fitur lainnya

Setelah menyebutkan bahwa timnya berani, Schiller menambahkan bahwa dengan ruang pada perangkat iPhone yang terbatas, sementara fitur-fitur yang disematkan pada iPhone 7 dan 7 Plus sangatlah banyak, maka Jack Headphone harus dikorbankan, dan lebih difokuskan pada processor terbaru (A10) serta baterai yang lebih kuat.

Kemudian beberapa alasan berikut ini disampaikan oleh developer apps untuk iOS Brent Royal Gordon melalui situs tanya jawab Quora.com.

3. Colokan Jack Headphone sangat sulit dibuat Anti Air

Cukup masuk akal sih, mengingat fitur unggulan lainnya dari iPhone 7 dan 7 Plus ini adalah anti air dan anti debu.

Satu colokan Lightning saja sudah sulit untuk dibuat waterproof alias anti air, gimana kalau ditambah colokan Jack Headphone ?

4. Jack Headphone itu Memakan Ruang

Berikutnya Brent memberikan bagan dari iPhone 6S untuk melihat seberapa memakan ruang / space pada perangkat :

alasan-kenapa-iphone-7-tidak-ada-jack-headphone-bagan-6s

Di situ bisa dilihat pada bagian bawah memakan space yang cukup lumayan, hingga hampir 10% dari keseluruhan rangka perangkat.

BACA JUGA :  Semua Fakta tentang Apple Iphone 7 dan 7 Plus yang Perlu Kamu Ketahui

5. Ternyata Home Button yang baru Biang Keladinya

Kemudian pada gambar berikutnya diperlihatkan gambar daleman dari iPhone 7 yang menunjukkan bahwa TapTic Engine yang berfungsi sebagai pengganti Tombol Home konvensional sangat memakan tempat rupanya.

alasan-kenapa-iphone-7-tidak-ada-jack-headphone-bagan-iphone-7

Dapat dilihat bahwa bagian bawah tersebut sudah penuh diisi oleh teknologi TapTic Engine sehingga tidak memungkinkan lagi untuk disematkan Jack 3,5mm (coba bandingkan dengan gambar sebelumnya).

6. Oh iya, akan ada Airpods pada bulan Oktober Nanti

Alasan selanjutnya adalah karena akan dikeluarkannya perangkat wireless headset terbaru buatan Apple yang dinamakan Airpods, yang rencananya akan rilis pada bulan Oktober 2016 mendatang.

alasan-kenapa-iphone-7-tidak-ada-jack-headphone-airpods

Meskipun bentuknya yang lucu, perangkat ini bisa menjadi salah satu revolusi terbesar di dunia gadget yang semakin mengarah ke dunia bebas kabel dan terintregrasi.

Airpods diklaim bakal mempermudah komunikasi pengguna dengan SIRI karena sudah dibenamkan chipset W1 yang akan membuang semua noise dari latar sehingga suara kita akan jelas terdengar.

Hmm, menarik juga, kalau gitu Asaljeplak akan coba bedah lebih dalam mengenai airpods di artikel selanjutnya.

 

Berhasil tidaknya strategi pemasaran Apple tersebut, bisa kita lihat di akhir tahun ataupun di tahun 2017 mendatang.

Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar