Panduan Memilih Smartphone Android

0
87
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bingung memilih smartphone Android mana yang tepat untukmu? Berikut ini beberapa tips memilih smartphone Android yang bisa kamu coba.

 

OS Android saat ini telah menjadi sistem operasi standard bagi kebanyakan merek smartphone, menggantikan Symbian OS yang dulu berjaya pada tahun 90an akhir hingga 2000an awal.

Dan saat ini, semakin banyak pula pilihan merek ponsel yang menyematkan OS Android sebagai sistem operasi mereka, dimana masing-masing merek memiliki banyak pilihan model dengan bermacam spesifikasi.

Lalu, yang manakah smartphone yang tepat untukmu? Bagaimana memilih smartphone yang “pas” untuk kamu dari bermacam-macam pilihan merek dan model tersebut?

Berikut akan Asaljeplak berikan beberapa tips serta panduan dalam menentukan model dan merek mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu.

 

BACA JUGA :  Cara Memindahkan Data dari iPhone ke Android

 

Processor

Processor merupakan otak dari perangkat ponsel jenis apapun. Ponsel dengan processor yang memiliki spek tinggi secara umum akan menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan yang tidak.

Tetapi memilih yang mana? Semua tergantung kebutuhanmu.

Apabila smartphone akan sering kamu gunakan untuk bermain game, maka pilihlah processor kelas menengah ke atas.

Processor Qualcomm Snapdragon 617, MediaTek’s P20, Samsung Exynos 7 Octa series, dan HiSilicon’s Kirin 935 disebut-sebut sebagai pilihan yang cukup aman untuk kebutuhan bermain game di ponsel.

Untuk bermain game juga sebaiknya perhatikan spek dari GPU bawaan processor tersebut, karena GPU berfungsi untuk membantu kelancaran grafis suatu game dan juga video.

Menurut situs androidcentral.com , ponsel terbaik untuk gaming adalah Samsung Galaxy S7 karena memiliki fitur-fitur terkini dengan performa gaming yang memuaskan. Processor yang digunakan adalah Exynos 8890.

Sementara untuk kebutuhan di luar bermain game, Asaljeplak rasa tidak perlu terlalu dipusingkan, tetapi processor dengan spek yang rendah tentunya akan memperlambat kinerja smartphone dan akan kesulitan dalam multitasking.

 

Memori (RAM)

Memory atau RAM (Random Access Memory) juga berperan penting (selain processor) di dalam menentukan performa suatu smartphone.

Memory/RAM yang dimaksud di sini bukanlah memory kapasitas penyimpanan lho, kalau itu berbeda tipe nya, dan biasanya disebut dengan Flash/ROM/Read Only Memory (meskipun sama-sama memory).

RAM sebenarnya juga berfungsi untuk menyimpan data, tetapi sifatnya sementara dan tidak permanen . Data yang disimpan biasanya adalah data sementara yang dikeluarkan oleh apps/aplikasi saat digunakan.

Dengan kata lain, semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak data temporer yang bisa disimpan dari aplikasi, sehingga akan mempercepat proses multitasking (membuka banyak aplikasi dalam satu waktu).

Untungnya saat ini beragam model smartphone telah memiliki memory yang besar, dan untuk kebutuhan di jaman sekarang, pilihlah smartphone dengan memory minimal 2GB dikarenakan makin banyaknya aplikasi yang biasa digunakan sehari-hari.

 

Layar

Untuk yang satu ini, biasanya sangat tergantung dari selera dan kebutuhan masing-masing.

Ukuran Layar

Saat ini ukuran layar smartphone terbagi menjadi 3 kategori, yaitu:

  • Layar kecil (kurang dari 4,5 inch)
  • Layar sedang (4,5 hingga 5,4 inch)
  • Layar besar/Phablet (lebih dari atau sama dengan 5,5 inch)

Layar kecil biasanya disukai oleh mereka yang ingin agar smartphone nya bisa dengan nyaman masuk ke saku celana atau baju. Saat ini layar kecil sudah semakin jarang pengguna nya dan banyak yang beralih ke layar sedang atau besar.

Layar sedang merupakan ukuran yang paling pas kalau menurut Asaljeplak. Layar sedang nyaman digenggam dan mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan, tetapi ukuran layar terlalu kecil untuk bisa menikmati game dengan kualitas HD atau menonton film.

Layar besar sangat cocok bagi mereka yang menggemari mobile entertainment. Ukuran layar ini nyaman digunakan untuk menonton film atau video, serta bermain game dengan grafis HD.

 

Resolusi layar

Selain ukuran layar, resolusi layar juga penting untuk diperhatikan.

Semakin tinggi resolusi layar dari suatu smartphone, maka akan semakin jernih dan detail gambar yang ditampilkan. Ini penting terutama untuk yang hobi bermain game HD.

 

Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan (flash/ROM) pada smartphone Android terbagi dua, yaitu Internal dan Eksternal Memory.

Internal Memory

Internal memory merupakan kapasitas penyimpanan bawaan dari ponsel, dan digunakan untuk menyimpan file dari sistem operasi dan juga aplikasi, serta file video, foto, chat log, kontak, dsb.

Besar kapasitasnya bervariasi, mulai dari 8GB hingga 64GB.

 

External Memory

Sementara External Memory fungsinya adalah untuk menyimpan file dokumen, foto, video menggunakan perangkat eksternal yautu SD Card / Micro SD Card.

Besarnya kapasitas Micro SD Card juga beragam, mulai dari 32GB hingga ukuran maksimal saat ini yaitu 1TB.

Tetapi, besarnya kapasitas yang bisa kita gunakan sangat tergantung kepada masing-masing smartphone. Umumnya saat ini smartphone baru mampu disematkan Micro SD Card maksimal sebesar 128GB.

Untuk memastikan, silahkan tanyakan kepada penjual smartphone mengenai berapa besar kapasitas Micro SD Card yang bisa disematkan.

Micro SD Card umumnya dijual terpisah dan tidak menjadi bagian dari paket penjualan suatu smartphone.

Beberapa yang harus diperhatikan saat memilih smartphone Android berdasarkan kapasitas penyimpanan adalah:

  • Aplikasi secara default akan disimpan ke dalam Internal Memory.
  • Meskipun nantinya kamu bisa install aplikasi seperti app2SD yang dapat memindahkan aplikasi terinstall ke MicroSD Card, apabila aplikasi yang dipindah tersebut kamu update maka akan kembali lagi tersimpan di Memory Internal.
  • Jadi, apabila kamu butuh menginstall banyak apps, disarankan memilih smartphone dengan internal memory 32GB ke atas.

 

Kamera

Bagi yang hobi foto-foto via ponsel tentunya fitur kamera menjadi bagian yang sangat penting.

Smartphone modern saat ini umumnya telah memiliki dua kamera, yaitu kamera depan dan kamera belakang.

Kamera depan biasanya memiliki kapasitas pixel lebih kecil karena awalnya ditujukan untuk kebutuhan video call saja, tetapi seiring dengan makin populernya budaya selfie, saat ini sudah banyak produsen smartphone yang menawarkan kamera depan dengan kapasitas pixel yang besar.

Semakin besar kapasitas pixel dari kamera, maka akan semakin detail dan halus pula hasil foto nya, semakin besar dimensi foto yang dihasilkan, dan kualitas pada saat zoom.

Kualitas gambar yang dihasilkan masing-masing smartphone pun bisa berbeda-beda meskipun pixel nya sama, karena selain pixel ada beberapa hal lain yang mempengaruhi seperti kualitas lensa dan sensor yang digunakan.

 

Baterai

Baterai menentukan seberapa lama suatu smartphone bisa bertahan tanpa di-charge /cas.

Ukuran baterai biasanya ditentukan dengan satuan mAh (miliamp hours), dan semakin besar mAh nya maka dipastikan akan semakin lama baterai tersebut bisa bertahan.

Produsen yang fokus pada baterai dengan mAh besar salah satunya adalah Lenovo dengan model P1 nya, yang bahkan bisa berfungsi sebagai power bank.

 

 

Tips Lainnya

  • Hindari membeli smartphone dengan memori internal 16GB karena sebagian besar akan dimakan oleh sistem operasi dan aplikasi bawaan produsen.
  • Jangan hanya terpatok pada besarnya Megapixel (MP) saat melihat spek kamera, apabila mungkin coba cari tahu berapa micron per pixel (semakin besar semakin baik) dan juga aperture (semakin kecil semakin baik).
  • Untuk games dan multitasking, sebaiknya membeli smartphone dengan processor minimal Snapdragon 820 dan 4GB RAM.
  • Jangan membeli smartphone dengan baterai dibawah 3000mAh karena bisa dipastikan kamu akan sering men-charge.
BACA JUGA :  Cara download lagu di Smule menggunakan Hape Android

 

Nah demikianlah panduan membeli smartphone Android yang bisa kamu coba.

Semoga bermanfaat.

 

Beri Komentar